5 Tips Mudah Menggunakan Kompas Arah Mata Angin, Bagaimana?

kompas arah mata angin

Kursus Business English – Pada zaman dulu, nenek moyang selalu menggunakan arah mata angin untuk memperkirakan cuaca sekaligus menentukan arah.

Umumnya mata angin yang digunakan jumlahnya 8 atau biasa dikenal ordinal points dan cardinal points. Sudah pernah pakai kompas arah mata angin

Kompas biasanya akan digunakan bagi seseorang yang hendak melakukan pendakian ataupun berencana memasuki wilayah asing misalnya hutan. Dengan menggunakan kompas sebagai arah mata angin, kamu akan lebih mudah untuk mencapai tujuan atau lokasi secara tepat. 

Pahami Tata Letak Kompas

Bagi kamu yang belum pernah menggunakan kompas, mungkin bisa mendengarkan informasi dari Lister dulu nih. Pada umumnya kompas memiliki beberapa fitur, pengguna harus memahami tools tersebut sebelum memutuskan untuk menggunakannya. 

  • Baseplate : Berbentuk piringan plastik jernih biasanya digunakan sebagai tempat kompas. 
  • Panah arah : Panah yang ditemukan pada bagian baseplate biasanya akan menunjuk arah kebalikan dari kompas itu sendiri.
  • The dial derajat : Dial biasanya akan diputar mengelilingi rumah kompas dan bisa menampilkan 360 titik derajat dalam lingkaran.
  • Rumah kompas : Bentuknya seperti lingkaran plastik jernih, nantinya bisa digunakan untuk menyimpan jarum kompas magnet.
  • The garis petunjuk : Garis rumah kompas yang posisinya sejajar dengan bagian panah penunjuk.
  • The panah penunjuk : Panah non magnetik biasanya digunakan dalam rumah kompas.

Sebelum kamu memutuskan untuk menggunakan kompas arah mata angin, pastikan sudah mengenali fitur-fitur yang ada di dalamnya. Selanjutnya Lister akan kasih tahu nih tentang cara penggunaannya agar nantinya kamu tidak bingung selama dalam perjalanan. 

Cara Memakai Kompas Arah Mata Angin dengan Benar

Setelah mengenali berbagai fitur yang ada pada kompas, pembahasan berikutnya akan memberi instruksi bagi kamu ketika menggunakan kompas. Walaupun kelihatannya mudah, namun banyak orang tetap kesasar saat memiliki kompas lho, jadi kamu harus berhati-hati. 

  1. Silakan arahkan peta dengan arah mata angin yang dimiliki secara tepat yaitu bagian arah utara. 
  2. Coba ambil lokasi atau landmark yang ada pada salah satu peta untuk dijadikan sebagai acuan. Silahkan sejajarkan arah panah landmark, kemudian coba putar bezel.
  3. Pastikan bezel sudah sejajar dengan jarum tepatnya pada bagian arah utara. Coba amati angka yang ada pada sebelah kiri indeks, kemudian nantinya akan terlihat.
  4. Tepatnya pada bagian peta, coba letakkan sudut garis pada landmark. Coba putar sampai searah dengan jarum jam dan arah utara bezel. Buatlah garis tepi menggunakan pensil.
  5. Coba ulangi langkah yang ada pada nomor 2 dan 3 khususnya untuk landmark. Jika sudah menemukan titik berpotongan, maka itulah tepatnya lokasi berada. 

Menggunakan kompas arah mata angin memang bisa dikatakan gampang-gampang sulit. Kamu bisa coba mengetesnya pada perjalanan yang tidak terlalu berisiko untuk menguasai cara penggunaannya terlebih dahulu. 

Cara Tentukan Arah Mata Angin 

Pada zaman sekarang ini sangat mudah dalam menentukan arah mata angin seperti memakai gawai kita dapat melakukan akses, tetapi ketika gawai kehabisan tenaga maka Anda bisa menggunakan cara di bawah ini sebagai kompas arah mata angin. 

1.Kompas Sederhana

Anda bisa mengetahui dengan mudah penunjuk arah mata angin hanya memakai sebuah kompas sederhana yang bisa dipakai kapan pun, baik itu siang maupun malam. Anda bisa mempersiapkan jarum atau silet, benda yang dapat mengapung atau gabus dan semangkuk air.

Sebelumnya, gosokkan jarum maupun silet ke dalam permukaan yang kering sehingga benda tersebut bisa mendapatkan gaya listrik beserta magnetis. Barulah, letakkan jarum di gabus tipis, lalu apungkan pada di atas semangkuk air. Perhatikan di dua ujung jarumnya yang akan menunjukkan arah selatan atau utara. 

2. Perhatikan Ciri – ciri Pada Pohon

Anda dapat melihat kelebatan pohon maupun arah batang pohonnya. Kelebatan pohon dan juga condongnya arah pohon kecil umumnya akan mengarah ke bagian timur karena memang cenderung akan mencari sinar matahari pagi yang baik untuk berfotosintesis. 

Pada pohon besar, Anda dapat meraba dan merasakan dengan adanya lumut. Bila sisi pohon lebih basah serta berlumut, berarti itu tandanya ada di dalam posisi bagian timur karena memang sinar matahari tidak menyinari ketika pagi hari. 

Namun, semua itu tidak bisa untuk dijadikan sebagai patokan dasar karena pertumbuhan lumut yang dapat dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Anda dapat menjadikan patokan sekedar sebagai pendukung. 

Terakhir Anda dapat merasakan suhu pohon, jika satu sisi pohon lebih terasa hangat itu tandanya arah mata angin ke bagian barat. Hal tersebut terjadi karena kemungkinan matahari terbenam masih belum lama sehingga membuat cahaya masih hangat pada bagian barat pohon. 

3. Jam Tangan

Jam tangan memiliki fungsi agar kita dapat mengetahui waktu dengan tepat dan pasti. Selain itu, Anda juga bisa menggunakannya sebagai arah mata angin kompas atau pengganti dari kompas. Namun, jam tangan yang bisa digunakan hanya yang mempunyai jarum jam. 

Anda dapat melihat angka 12 di jam tangan tersebut, lalu arahkan sesuai dengan arah matahari. Kemudian, lihat jarum pendek di jam tangan tersebut. Dimana antara angka 12 dan juga jarum pendek tersebut merupakan arah utara bila Anda ada di sisi selatan dari garis khatulistiwa. 

4. Arah Matahari

Matahari menjadi salah satu cara yang paling termudah dan pasti supaya kita dapat menentukan petunjuk arah mata angin. Perhatikan dengan baik dimana matahari tersebut terbit dan tenggelam agar dapat menentukan arah Barat dan Timur.

Bila kita berdiri dengan menghadap arah matahari terbit, pastinya kanan dan kiri kita merupakan bagian Selatan dan Utara. Begitu juga jika kita menghadap ke arah bagian matahari tengelam, maka bagian kanan dan kiri merupakan arah Utara dan Selatan. 

Kompas Arah Mata Angin Online

Kompas arah mata angin online adalah sebuah alat atau aplikasi yang digunakan untuk mengetahui arah mata angin dengan menggunakan perangkat elektronik yang terhubung ke internet. 

Dengan menggunakan kompas arah mata angin online, kamu dapat mengetahui arah utara, selatan, timur, dan barat secara akurat tanpa perlu menggunakan kompas fisik. 

Aplikasi ini biasanya menggunakan sensor pada perangkat elektronik, seperti smartphone atau tablet, untuk mendeteksi arah magnetik dan menampilkan informasi arah mata angin dengan bantuan teknologi dan peta digital.

Tujuan Menggunakan Kompas Arah Mata Angin Online

Berikut ini beberapa tujuan penggunaan kompas arah mata angin online:

  • Mengetahui arah mata angin dengan cepat dan akurat. 
  • Navigasi yang lebih mudah ke tujuan yang diinginkan.
  • Keamanan dalam aktivitas luar ruangan selama menjelajah.
  • Kepraktisan dan keterjangkauan.
  • Tambahan fitur dan informasi, seperti pengukur jarak, koordinat geografis, dan informasi cuaca.

Dengan tujuan-tujuan di atas, penggunaan kompas arah mata angin online menjadi solusi yang praktis dan efektif untuk menavigasi dan mengetahui arah dengan akurasi yang tinggi.

[Kode Promo] Kursus Business English, Klaim di Sini!

Bahasa Inggris kini menjadi kebutuhan pokok dalam studi dan karier. Saatnya membuka peluang karier terbaik dalam hidup dengan mengikuti Kursus Business English di Lister.

Pilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang atau hubungi WhatsApp Lister!

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 45% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.