Ikuti 7 Cara Membuat Essay Bahasa Inggris Ini Agar Lebih Menarik Dibaca

Cara menulis essay

Kursus Academic WritingApakah kamu sering merasa kebingungan ketika mencoba cara membuat essay bahasa Inggris yang menarik dan berbobot? Tidak perlu khawatir, berikut panduan lengkap yang dapat membantu kamu! 

Seperti diketahui, kemampuan cara membuat essay bahasa Inggris yang menarik dan berkualitas tinggi sangat penting. Hal ini terutama essay yang ditujukan untuk kepentingan akademik dan profesional. 

Dengan memahami cara penulisan yang tepat, kamu dapat membuat karya tulis essay lebih menarik untuk dibaca. Lantas, bagaimana kiat-kiat cara membuat essay bahasa Inggris? 

7 Cara Membuat Essay Bahasa Inggris yang Enak Dibaca 

Menguasai cara membuat essay bahasa Inggris yang menarik dan berkualitas memang membutuhkan usaha ekstra. Kemampuan bahasa Inggris saja tidak cukup, kamu perlu menguasai teknik-teknik penulisan yang baik dan benar. Sebagai alternatif, kamu bisa mengikuti tujuh cara di bawah ini: 

1. Tentukan Tujuan Penulisan 

Dalam proses penulisan, salah satu langkah penting yang perlu dipahami adalah tujuan penulisan essay itu sendiri. Kamu perlu mengetahui apakah essay ditulis untuk memberikan informasi, menganalisis suatu topik, atau meyakinkan pembaca tentang suatu argumen. 

Dengan memahami tujuan penulisan, kamu bisa merancang essay secara efektif dan menentukan pendekatan yang tepat untuk mempengaruhi pembaca. 

Baca Juga: 5 Tips Menulis Essay Beasiswa yang Buat Kamu Dilirik!

2. Lakukan Riset Mendalam 

Informasi yang akurat dan up-to-date sangat penting dalam penulisan essay yang berkualitas. Kamu harus melakukan riset yang mendalam dari sumber-sumber terpercaya. 

Selama riset, buatlah catatan dari poin-poin penting yang kamu temukan. Ini nantinya akan membantu dalam menyusun argumentasi dan membuat isi essay lebih kaya dan informatif. 

3. Buatlah Kerangka Essay 

Membuat kerangka essay sangat penting dalam cara membuat essay yang baik. Kerangka ini seperti peta yang akan memandu kamu selama proses penulisan. 

Dalam kerangka ini, tentukan tema utama, ide-ide pendukung, dan bagaimana kamu akan menyusunnya dalam essay. Kerangka tersebut sebaiknya mencakup pendahuluan, paragraf badan, dan kesimpulan. 

4. Menulis dengan Gaya yang Jelas dan Menarik 

Gaya penulisan yang jelas dan menarik sangat berpengaruh dalam membuat essay bahasa Inggris lebih menarik. Usahakan untuk menggunakan kalimat yang sederhana dan jelas. 

Hindari penggunaan kata-kata yang tidak perlu atau berbelit-belit. Dengan penulisan yang jelas, kamu dapat memastikan bahwa pembaca dapat memahami pesan yang ingin disampaikan.

5. Gunakan Kata-kata yang Tepat 

Pemilihan kata yang tepat sangat penting dalam penulisan essay. Setiap kata harus dapat mendukung argumen dan ide yang kamu sampaikan. Gunakan kata-kata yang kuat dan berarti untuk mempengaruhi pembaca dan membuat mereka tertarik untuk terus membaca. 

6. Periksa Ejaan dan Tata Bahasa 

Ejaan dan tata bahasa yang benar adalah hal yang tak kalah penting dalam cara membuat essay yang menarik. Kesalahan ejaan atau tata bahasa bisa mengurangi kredibilitas essay kamu dan mengganggu kenyamanan pembaca. 

Oleh karena itu, pastikan untuk selalu melakukan pengecekan sebelum mengirimkan atau mempublikasikan essay kamu. 

7. Jangan Lupa, Revisi dan Sunting Essay Kembali 

Langkah terakhir dalam penulisan essay adalah revisi dan editing. Jangan ragu untuk mengubah, menghapus, atau menambahkan informasi yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas essay. 

Proses ini tidak hanya membantu dalam memperbaiki kesalahan, tetapi juga memastikan bahwa essay kamu telah disajikan dengan cara yang terbaik dan siap untuk dibaca oleh orang lain.

Baca Juga: Tips Menulis dan Contoh Essay Academic Writing, Wajib Tahu!

Kursus Academic Writing, Langkah Awal Mahir Menulis Essay 

Sudah semakin paham cara membuat essay bahasa Inggris yang baik dan benar? Supaya kamu semakin mahir menganalisis dan menulis berbagai karya-karya tulis bahasa Inggris lainnya, ikuti Kursus Academic Writing di Lister. 

Cari tahu pengalaman seru sesama student di Lister Group Community di sini. Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar via WhatsApp sekarang!

Share:

Haris Setyawan
Haris Setyawan
Pekerja seni di dunia kata, menulis cerita yang enak dibaca dan perlu

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

bimbingan beasiswa lpdp

Bimbingan Beasiswa LPDP

Untuk kamu pejuang LPDP, bisa mengikuti bimbingan beasiswa LPDP dari Lister. Kelas ini memberikan strategi persiapan LPDP dengan mentor berpengalaman.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 35% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.