Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Biografi Oprah Winfrey: Profil dan Perjalanan Karir

lister blog juni biografi & karier oprah winfrey

Oprah Winfrey, seorang pembawa acara terkenal asal Amerika Serikat ini kisah hidupnya telah menginspirasi orang lain. Apakah kamu juga salah satu penggemarnya?

Berikut ini biografi lengkap dari Oprah Winfrey yang perlu kamu ketahui!

Latar Belakang & Profil Oprah Winfrey

Sosoknya yang pantang menyerah dalam hidup membuat dirinya menjadi host terkenal dan diperhitungkan dunia. Oprah Winfrey lahir di Kosciusko, Mississippi, pada tanggal 29 Januari 1954.

Oprah Winfrey adalah seorang miliarder, produser, dan host acara TV yang sangat terkenal di dunia. Prestasinya sudah tak terhitung lagi, termasuk menjadi wanita kulit hitam pertama yang memiliki acara talk show sendiri di TV nasional.

Ia juga dikenal sebagai perempuan kulit hitam pertama yang dianugerahi nominasi penghargaan di ajang ternama Golden Globe dan Academy Award atas bakat aktingnya. Luar biasa, bukan?

Bakat dan kemampuannya dalam membawakan acara dengan baik membuatnya dinobatkan sebagai salah satu host nomor satu di dunia hingga saat ini.

Lalu, sebenarnya darimana segalanya bermula?

Saat Oprah kecil masih tinggal bersama ibunya, hidupnya sangat berantakan dan banyak mengalami kejadian tidak menyenangkan seperti pelecehan seksual. Ia tinggal bersama ibunya yang sibuk bekerja. Oprah kecil sering kabur dari rumah dan mendapat nilai buruk di sekolah. Bahkan dirinya pernah hamil namun bayinya meninggal dunia setelah dilahirkan. Hidupnya penuh tekanan dan berat. Ibunya pun mengirim Oprah kepada sang ayah.

Karakter ayahnya yang tegas dan disiplin membuat Oprah harus mengubah sikap dirinya. Ia menjadi lebih aktif berkegiatan positif, hingga menemukan bakat untuk menjadi pembicara di depan umum. Berkat didikan ayahnya untuk berbicara dengan baik dan akhirnya terkenal di lingkungan sebagai anak perempuan dengan kemampuan berpidato dan menjadi mediator.

Perjalanan karier Oprah Winfrey

Berbicara mengenai karir, pada usia 17 tahun, Oprah mendapatkan pekerjaan sebagai penyiar radio di sebuah stasiun radio lokal. Berkat bakat yang ia miliki, Oprah mendapatkan gaji yang lumayan besar saat itu.

Pada usia 19 tahun dan saat masih menjalankan kuliah, Oprah sudah direkrut oleh stasiun TV swasta dan dikontrak untuk menjadi pembawa berita.

Kesuksesan Oprah terus berlanjut dari tahun ke tahun. Puncak kesuksesannya adalah pada saat ia membawakan acara talk show The Oprah Winfrey Show.

Talk show miliknya ini mulai tayang di stasiun TV ABC pada tahun 1986 dan berakhir pada tahun 2011. Selama 25 tahun, acara ini menjadi sebuah fenomena di mana hampir semua tokoh penting di dunia pernah diwawancara oleh Oprah di acaranya tersebut.

Oprah kemudian mulai membuat stasiun TV sendiri yang diberi nama Oprah Winfrey Network atau OWN.

Dengan kesuksesannya menjadi host di berbagai acara, terutama di The Oprah Winfrey Show, pundi-pundi kekayaan Oprah terus bertambah dari tahun ke tahun.

Pada tahun 2003, ia menjadi wanita berkulit hitam pertama yang masuk dalam daftar miliarder di Ameria Serikat. Prestasi ini tentu menjadi hal yang luar biasa karena biasanya orang kulit hitam, apalagi seorang wanita, tidak pernah masuk dalam daftar orang terkaya di dunia.

Keluarga Oprah Winfrey

Oprah memiliki ayah kandung bernama Vernon Winfrey dan ibu tirinya, Zelma, yang merupakan anggota terhormat masyarakat Tennessee.

Profesi ayahnya adalah tukang cukur, pemilik toko, anggota dewan kota, dan pejabat di gereja.

Show dan Buku Oprah Winfrey

Daftar buku Oprah Winfrey

  • What I Know for Sure
  • The Path Made Clear
  • What Happened to You?
  • Make the Connections: 10
  • Oprah Winfrey Speaks: Wisdom
  • The Uncommon Wisdom of Oprah
  • The Wisdom Journal: The
  • Journey to Beloved
  • A Journal of Renewal: The

Daftar Show Oprah Winfrey

  • The Oprah Winfrey Show
  • Oprah Angel Network
  • Oprah Book Club

“The greatest discovery of all time is that a person can change his future by merely changing his attitude,”.

Oprah Winfrey

Dari kisah Oprah di atas, kita bisa belajar untuk mengubah masa depan menjadi lebih baik harus dimulai dengan mengubah sikap lebih dulu. Perjalanan hidupnya yang begitu berat, justru membuatnya bisa banyak belajar dan tumbuh menjadi perempuan yang kuat.

Ingin meningkatkan kualitas masa depan kamu dengan belajar bahasa asing? Kamu bisa mengikuti Kelas Lister dan mulai belajar bersama tutor ahli lho. Yuk gabung sekarang!