Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Bilangan Bahasa Arab: Pengertian, Macam, dan Contohnya

Belajar Bahasa Arab Online

Mempelajari bahasa Arab itu sungguh menyenangkan. Ada keutamaan dan keistimewaan bahasa Arab yang membuat seorang muslim yang menjunjung tinggi agamanya sehingga bersemangat mempelajarinya. Kebahagiaan yang tak terkira bagi orang yang telah memahami bahasa Arab ketika dia mampu memahami al-Qur’an tatkala membacanya, bukan?

Materi pelajaran kali ini adalah tentang bilangan dalam bahasa Arab. Jika kamu berhasil menguasai materi ini, maka kebutuhan berkomunikasi dalam bahasa Arab nanti akan menjadi semakin mudah.

Education Educate GIF by Global Teacher Prize

Pengertian Kata Bilangan Bahasa Arab

Menurut KBBI, kata bilangan atau numeralia adalah kata atau frasa yang menunjukkan bilangan atau kuantitas. Selain itu, kata bilangan juga dapat digunakan untuk menyatakan jumlah benda atau urutannya dalam suatu deretan.

4 Macam Bagian Kata Bilangan Bahasa Arab

Ada empat jenis kata bilangan Bahasa Arab seperti yang dikutip dalam buku Shofia dan Sahara, “Hitungan (isim ‘adad) merupakan pelajaran bahasa tingkat dasar. Dalam perbincangan, angka terbilang sering terikat dalam berbagai kondisi. Misalnya, saat melakukan jual beli, menawar, dan sebagainya.”

  • Adad Mufrad : Kata bilangan yang kosong terdiri dari tarkib (tersusun) dan ‘athaf (tersambung). Bilangan ini mulai dari wahidun (1) sampai ‘asyaratun (10), bidh’un (3-9), mi’atun (100), dan alfun (1000).
  • ‘Adad Murabbak : Kata bilangan yang terdiri dari dua bilangan yang menjadi satu dengan susunan tarkib mazji. Bilangan tersebut mulai dari ahada ‘asyaro (11) sampai tis’ata ‘asyaro (19).
  • ‘Adad Aqd : Kata bilangan kelipatan sepuluh, yaitu bilangan dari ‘isyruuna (20) sampai tis’uuna (90).
  • ‘Adad Ma’thuf : Kata bilangan susunan athaf, yaitu bilangan yang terdapat di antara 20 dan 30, 30 dan 40, 40 dan 50, sampai angka 99. Misalnya, wahidun wa ‘isyruuna (21), itsnaani wa isyruuna (22), dan seterusnya.

Contoh Kata Bilangan Bahasa Arab

Dua puluh muslim =  عِشْرُوْنَ مُسْلِمًا = ‘isyruuna musliman.

Aku memiliki 1 mobil = لَدَيَّ سَيَّارَةٌ وَاحِدَةٌ

Aku telah membeli 3 buku = اِشْتَرَيْتُ ثَلَاثَةَ كُتُبٍ

Di dalam tas, ada 3 majalah = فِيْ الْحَقِيْبَةِ ثَلَاثُ مَجَلَّاتٍ

Aku membaca halaman kedua dari buku ini = قَرَأْتُ الصَّفْحَةَ الثَّانِيَةَ مِنْ هَذا الْكِتَابِ

Aku tidur di kamar nomor 3 = أَنَامُ فِيْ الْغُرْفَةِ الثَّالِثَةِ

Itulah pembahasan tentang mater kata bilangan dalam bahasa Arab yang bisa menjadi referensi belajar kamu nanti. Namun, jika kamu mengingikan pembelajaran bahasa Arab yang terarah, ada pembimbing, dan kurikulum yang jelas. Sudah saatnya bergabung bersama Lister, daftar sekarang!