Macam-Macam Selamat Tinggal Bahasa Korea + Pengucapannya

selamat tinggal

Kursus Bahasa Korea – Setelah mengetahui bagaimana mengucapkan “halo” dalam bahasa Korea, saatnya mengetahui bagaimana mengucapkan “selamat tinggal”.

Seperti kata sapaan lainnya, bahasa Korea memiliki tingkat kesopanan untuk ucapan selamat tinggal. Berikut ini berbagai ucapan perpisahan bahasa Korea dalam konteks formal dan informal.

Formal

1. 안녕히 가십시오 (annyeonghi gasipsio)

Yang pertama adalah annyeonghi gasipsio. Cara ini merupakan yang paling formal untuk mengucapkan “selamat tinggal” atau “sampai jumpa”.

2. 안녕히 계십시오 (annyeonghi gyesipsio)

Yang kedua juga merupakan cara paling formal untuk mengucapkan “sampai jumpa”. Biasanya kamu mendengar kata-kata ini pada acara radio atau televisi.

Baca juga: 8 Kata Sapaan Bahasa Korea yang Perlu Kamu Ketahui

Standar

1. 안녕히 가세요 (annyeonghi gaseyo)

Saat orang lain pergi, kamu bisa mengucapkan annyeonghi gaseyo. Kata-kata ini cukup formal. Contohnya kamu bisa mengucapkannya saat berada di taksi dan hendak bepergian.

2. 안녕히 계세요 (annyeonghi gyeseyo)

Jika salah seorang pergi dan salah seorang lainnya tinggal, orang yang tinggal akan mengucapkan annyeonghi gyeseyo.

3. 가세요 (gaseyo)

Kamu juga bisa mengucapkan gaseyo saja. Biasanya kata-kata ini diucapkan dari orang yang lebih tua kepada orang yang lebih muda. Ucapan ini merupakan cara yang sopan untuk mengatakan, “Pergilah.”

4. 잘 가요 (jal gayo)

Kamu bisa mengucapkan kata-kata ini untuk mengatakan, “Pergilah.” Kata-kata ini hanya bisa disampaikan ketika orang lain pergi.

bahasa korea halo

Informal

1. 안녕 (annyeong)

Cara paling sederhana mengucapkan selamat tinggal adalah dengan mengatakan annyeong. Namun ingat, kata-kata ini tidak boleh diucapkan kepada orang yang lebih tua daripada kamu.

2. 잘 가 (jal ga)

Jika orang lain pergi, kamu bisa mengatakan jal ga. Artinya, “Pergilah dengan baik.”

3. 나 먼저 갈게 (na meonjeo galge)

Jika kamu pergi, kamu bisa mengatakan na meonjeo galge. Artinya, “Aku pergi dulu.” Kata-kata ini biasa diucapkan di antara sesama teman dekat.

4. 다음에 봐 (daeume bwa)

Kata-kata ini berarti, “Sampai ketemu lagi.” Kamu bisa menambahkannya setelah mengucapkan sampai jumpa.

5. 내일 봐 (naeil bwa)

Gunakan kata-kata ini untuk mengucapkan, “Sampai ketemu besok.”

Jika kamu berbicara dengan orang yang lebih tua daripada kamu, tambahkan imbuhan 요 (yo) di akhir. Jika usia mereka jauh terpaut daripada kamu, ubahlah menjadi 봐 to 보세요 (boseyo) untuk mengubahnya menjadi lebih formal.

Share:

Brigitta Winasis
Brigitta Winasis
A lifetime learner, a magical world wanderer through books and stories. Writing for professional purposes and personal interests.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 30% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.