Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Penting! Berbagai Jenis Soal GMAT yang Perlu Kamu Tahu, Jangan Sampai Terlewat

Berbagai jenis soal GMAT

Pada artikel kali ini, kamu akan mengenal GMAT Test secara lebih dalam yaitu mengenai berbagai jenis soal GMAT yang perlu kamu tahu sebelum benar-benar mengambil tes resminya.

Namun, sebelum itu lebih baik kita membahas scoring dulu ya!

Tahukah kamu?

Jika kamu mengambil GMAT, skor terpenting yang akan kamu terima adalah skor gabungan yang dapat berkisar dari 200-800. Skor gabungan hanya memperhitungkan skor dari bagian Verbal Reasoning dan Quantitative Reasoning. Skor kamu pada Analytical Writing Assesment dan Integrated Reasoning tidak termasuk dalam skor ini.

Kamu juga akan menerima skor pada bagian tertentu. Bagian Verbal Reasoning dan Quantitative Reasoning keduanya memiliki rentang skor 0-60, dalam peningkatan satu poin.

Rentang skor untuk Analytical Writing adalah 0-6, dengan peningkatan setengah poin, dan rentang skor untuk bagian Integrated Reasoning adalah 1-8, dalam peningkatan satu poin.

GMAT Test diambil di komputer dan ini adalah tes adaptif. Hal ini berarti, ketika kamu memulai bagian Kuantitatif dan Verbal, pertanyaan pertama yang kamu lihat di setiap bagian adalah tingkat kesulitan sedang. Jika kamu menjawab pertanyaan itu dengan benar, pertanyaan berikutnya akan sedikit lebih sulit, dan jika kamu menjawab salah, pertanyaan berikutnya akan sedikit lebih mudah.

Proses ini berlanjut di seluruh bagian untuk Kuantitatif dan Verbal. Setelah kamu menjawab pertanyaan di GMAT, kamu tidak bisa kembali. Pengujian adaptif digunakan untuk mendapatkan skor yang lebih akurat dengan memilih pertanyaan spesifik dengan berbagai tingkat kesulitan dari kumpulan yang lebih besar.

Jenis soal GMAT berikut ini harus kamu pahami, fellas.

Analytical Writing Assesment

Analytical Writting Assesment atau penulisan analitis ditujukan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan berargumentasi seseorang. Melalui tes bagian ini, kamu diminta untuk menganalisis dan memberikan argumentasi dari soal dan yang diberikan. Nantinya, kamu diberikan waktu 30 menit untuk menuliskan 1 essay.

Integrated Reasoning

Integrated reasoning atau penalaran terpadu ditujukan untuk megukur kemampuan kamu dalam memahami dan mengevaluasi informasi data. Pada bagian ini, ada 12 soal dengan berbagai format seperti two-part analysis, table analysis, graphic interpretation, dan multi-source reasoning. Waktu yang diberikan untuk menjawab soal – soal ini hanya 30 menit.

Verbal Reasoning

Bagian tes verbal reasoning ditujukan untuk mengukur kemampuan membaca, evaluasi kalimat, dan pemikiran kritis. Kemampuan grammar kamu akan diuji melalui tes ini. Kamu diminta menjawab 41 pertanyaan yang berbentuk pilihan ganda dalam waktu 75 menit.

Quantitative Reasoning

Bagian tes yang terakhir adalah Quantitative Reasoning. Pada bagian ini, kamu akan diberikan soal matematika yang membutuhkan kemampuan menganalisa data serta menggunakan penalaran dalam menarik kesimpulan. Kamu diberikan waktu 75 menit untuk mengerjakan berbagai soal matematika seperti aljabar, geometri, dan aritmatika.

Belajar GMAT di Lister

Setelah memahami teknik scoring dan berbagai jenis soal yang disajikan GMAT Test, adakalanya kamu akan segera belajar GMAT secara serius. Jika kamu tidak menyukai belajar secara mandiri atau membutuhkan arahan seorang ahli. ada baiknya kamu bergabung di Lister saja. Selain lebih ramah untuk kamu yang memiliki banyak kesibukan, karena jadwalnya fleksibel dan bisa menyesuaikan.

LISTER Preparation Course for GMAT adalah program yang dirancang secara khusus untuk membantu siswa lebih percaya diri dalam menghadapi tes resmi GMAT, dengan cara memberikan strategi, tip dan trik khusus untuk mengerjakan soal dengan benar dan tepat sehingga mampu memperoleh skor tinggi yang sesuai harapan dan target siswa.