Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Belajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing, Raih Manfaatnya

bahasa indonesia untuk penutur asing

Globalisasi membuat orang lebih mudah berpindah tempat, baik untuk bekerja atau melanjutkan studi. Tak terkecuali datang ke Indonesia.

Untuk mempermudah kehidupan mereka di Indonesia, banyak orang asing yang memilih mempelajari bahasa setempat. Mereka lalu mengikuti kursus Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA).

Apa saja keuntungan yang dirasakan penutur asing dengan mempelajari bahasa Indonesia? Simak penjelasannya.

Apa itu Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing?

BIPA adalah program pembelajaran bahasa Indonesia yang diikuti siswa asing. Bagi penutur asing tersebut, bahasa Indonesia menjadi bahasa asing.

Program BIPA kini ditawarkan di 219 perguruan tinggi dan lembaga di dalam serta luar negeri. Bahasa Indonesia telah dipelajari setidaknya di 40 negara di dunia.

BIPA dianggap sebagai salah satu upaya internasionalisasi bahasa Indonesia. Diketahui bahasa tersebut adalah bahasa utama yang digunakan dalam urusan bisnis, pemerintahan, pendidikan, dan situasi formal lainnya di Indonesia.

Maka dari itu penting bagi penutur asing yang tinggal di Indonesia untuk menguasai bahasa setempat.

Keuntungan Mempelajari Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing

Penutur asing akan merasakan banyak manfaat menguasai bahasa setempat saat tinggal di Indonesia. Berikut beberapa keuntungan yang akan dirasakan.

Lebih mudah berkomunikasi di Indonesia

Tidak seluruh masyarakat Indonesia mempelajari bahasa asing. Untuk mempermudah urusan selama tinggal di Indonesia, sebaiknya kamu menguasai bahasa Indonesia.

Lebih dihargai masyarakat Indonesia

Masyarakat Indonesia sangat menghargai orang asing yang mempelajari bahasa mereka. Mereka akan menerima kamu dengan lebih terbuka dan membantu untuk urusan sehari-hari.

Relatif mudah dipelajari

Bahasa Indonesia menggunakan alfabet latin. Tidak ada karakter alfabet unik atau khusus. Selain itu, tidak ada perbedaan gender dalam bahasa Indonesia.

Bahasa Indonesia merupakan bahasa fonetik. Artinya pelafalan sama dengan ejaan. Dengan begitu, lebih mudah mempelajari bahasa Indonesia.

Mendapat penawaran harga lebih murah

Dengan menggunakan bahasa Indonesia, kamu bisa mendapatkan harga yang lebih murah saat membeli barang atau berkunjung ke tempat wisata. Hal ini disebabkan masyarakat Indonesia sering berasumsi ekspatriat berasal dari kalangan atas.

Mempelajari budaya setempat

Banyak penutur bahasa Inggris yang berasumsi penduduk negara lain juga menguasai bahasa Inggris. Asumsi ini tentu akan menyulitkan saat berkunjung ke negara lain.

Dengan menguasai bahasa setempat, kamu akan mendapat kesempatan yang lebih baik untuk mengalami budaya lokal.

Keunggulan Kursus Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing di Lister

Lister adalah penyedia Kursus BIPA di Indonesia. Kursus ini dapat diakses secara online, sehingga mudah dijangkau bagi kamu yang berada di luar negeri dan berencana datang ke Indonesia.

Program ini dirancang khusus untuk siswa, pekerja, maupun wisatawan asing yang hendak berkunjung atau tinggal di Indonesia.

Program BIPA ini diampu tutor-tutor berpengalaman yang akan mengajar siswa agar cepat fasih berbahasa Indonesia.

Dengan materi berkualitas dan jadwal fleksibel, Lister mampu menyediakan kursus BIPA dengan harga terjangkau.