Tak Kalah Prestise, ini 15 Beasiswa S-2 Dalam Negeri Terbaik

beasiswa s2 dalam negeri

Mentoring Beasiswa – Tak hanya di luar negeri, melanjutkan studi di dalam negeri juga bisa menjadi pilihan. Banyak universitas dalam negeri yang memiliki kualitas baik dan pengajar kompeten. Apa saja beasiswa S-2 dalam negeri yang dapat kamu coba?

Daftar Beasiswa S-2 Dalam Negeri

Impian melanjutkan studi lebih lanjut tanpa biaya yang memberatkan, bahkan gratis, dapat dilakukan dengan mengambil beasiswa. Berikut beasiswa S-2 dalam negeri yang bisa kamu coba.

1. Beasiswa Unggulan Kemendikbud

Beasiswa Unggulan Kemendikbud terbuka untuk lulusan sarjana, guru, hingga karyawan. Salah satu kriterianya adalah memiliki IPK minimal 3,00 dengan prestasi akademik maupun non-akademik. Selain itu, beasiswa ini juga memiliki program khusus untuk aparatur sipil negara, penyandang disabilitas, hingga beasiswa penghargaan untuk anak kandung dari orang tua yang gugur menjalankan tugas negara.

2. Program Beasiswa Tanoto Foundation

Tanoto Foundation adalah salah satu yayasan yang memberikan beasiswa S-2 secara penuh. Salah satu syarat untuk mendapatkan beasiswa ini adalah minimal IPK 3,25 dengan pengalaman kerja minimal 2 tahun.

Universitas yang bekerjasama dengan beasiswa ini adalah:

  • Universitas Indonesia (UI)
  • Institut Teknologi Bandung (ITB)
  • Institut Pertanian Bogor (IPB)
  • Universitas Gadjah Mada (UGM)

Terbuka untuk semua prodi, kamu dapat memilih jurusan apapun yang ada pada mitra universitas tersebut.

3. Beasiswa S-2 Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada memberikan jalur beasiswa untuk program S-2. Jika ingin mendaftar beasiswa ini, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, yakni TOEFL ITP minimal 500, Tes Potensi Akademik (TPA) 550, dan IPK minimal 3,25. Akan tetapi, beasiswa ini hanya tersedia untuk jurusan tertentu saja, yakni:

  • Kajian Budaya dan Media
  • Magister Manajemen Bencana
  • Bioteknologi
  • Kajian Pariwisata

4. Beasiswa S2 The Future Leader PPM School of Management

Ingin mendaftar di sekolah manajemen? Program beasiswa S-2 yang berasal dari PPM School Management ini bisa kamu coba untuk meringankan biaya kuliah. Beberapa kriteria yang harus dipenuhi adalah berusia maksimal 26 tahun dan skor TOEFL 500 atau IELTS 6.0.

Beasiswa S-2 PPM School Management ini mencakup gratis biaya pendidikan, uang saku, dan tunjangan keperluan studi.

5. Beasiswa LPDP

LPDP adalah salah satu lembaga pemerintah Indonesia yang memberikan bantuan dana pendidikan, termasuk S-2 di dalam negeri. Terdapat beragam jenis program beasiswa LPDP, yakni beasiswa reguler, beasiswa LPDP afirmasi, beasiswa pendidik, beasiswa kewirausahaan, beasiswa dokter spesialis, dan lain sebagainya.

Sifatnya yang terbuka untuk banyak kalangan membuat beasiswa ini terkenal dan kompetitif, apalagi benefit yang diberikan berupa beasiswa penuh sepanjang masa studi. Informasi selengkapnya ada di laman resmi beasiswa LPDP.

6. Beasiswa GSEP (Global Sustainable Electricity Partnership)

Beasiswa ini merupakan program yang dibuka oleh GSEP sebagai organisasi non-profit dalam pengembangan energi berkelanjutan di dunia. Sasaran beasiswa ini yakni siswa dari negara ASEAN, salah satunya Indonesia, untuk melanjutkan studi lanjut di dalam hingga luar negeri.

Untuk tahun ini, beasiswa GSEP telah dibuka hingga 7 April 2023 dengan jumlah beasiswa sebesar USD 10.000 untuk dua tahun masa studi. Persaingan dalam beasiswa ini cukup ketat karena hanya diberikan untuk kuota 12 awardee.

7. Beasiswa Wellcome

Beasiswa Wellcome adalah beasiswa yang diberikan oleh yayasan amal global di negara Inggris. Beasiswa ini diberikan untuk pelamar yang berlatar belakang pendidikan di bidang kesehatan dan akan melanjutkan studi di universitas dalam maupun luar negeri.

Keuntungan penerima beasiswa Wellcome yakni bantuan biaya kuliah, biaya hidup, biaya transportasi, hingga biaya penelitian.

8. Beasiswa Program Magister Menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU)

Beasiswa ini diberikan oleh DIKTI untuk para sarjana berprestasi yang ingin menjadi dosen. Tak hanya S-2, dengan beasiswa ini kamu dapat melanjutkan studi hingga S-3 dengan total masa studi 4 tahun.

Salah persyaratan untuk melamar beasiswa ini adalah IPK minimal 3,25. Pilihan universitas yang tersedia antara lain ITB, UGM, UI, dan ITS.

9. Beasiswa Bidik Misi

Beasiswa Bidik Misi diprioritaskan untuk siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu. Salah satu syaratnya  adalah telah menyelesaikan pendidikan S-1 atau D-4.

Beasiswa ini diberikan secara fully funded dari mulai gratis biaya kuliah, biaya pendaftaran, biaya hidup, asuransi, dan lain-lain.

10. Beasiswa S-2 Kominfo

Beasiswa ini diberikan oleh Kominfo melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Balitbang SDM). Salah satu syarat untuk menerima beasiswa ini adalah memiliki latar belakang pekerjaan di sektor teknologi informasi selama minimal 2 tahun dan mendapatkan rekomendasi dari atasan.

Beasiswa S-2 Kominfo memberikan biaya kuliah, biaya hidup, hingga biaya tunjangan akademik.

11. Beasiswa SEARCA

Beasiswa ini diberikan untuk PNS, dosen, dan peneliti yang ingin melanjutkan S-2 di dalam negeri. Beberapa jurusan yang ditawarkan antara lain Biologi, Perikanan, Ilmu Lingkungan, Statistik, Kehutanan, dan masih banyak lagi.

12. Beasiswa FINCAD

Beasiswa FINCAD diselenggarakan untuk mendukung dan mendorong perempuan yang berbakat dalam ilmu keuangan. Beasiswa S-2 yang didanai oleh FINCAD ini memberikan dana sebesar USD 20.000 untuk biaya kuliah.

13. Beasiswa Dexa Award

Jika tertarik dan memiliki passion di bidang kesehatan, kamu dapat mencoba beasiswa S-2 yang berasal dari Dexa Group. Dalam proses pendaftarannya, beasiswa Dexa Award mensyaratkan proposal riset yang berkaitan dengan kesehatan manusia. Selain itu, penerima beasiswa ini berkesempatan untuk berkarier di Dexa Group.

14. Beasiswa IsDB 

Beasiswa IsDB (Islamic Development Bank) diberikan untuk mahasiswa yang ingin melanjutkan studi S-2 di universitas dalam negeri terkemuka. Registrasi beasiswa biasanya dibuka pada bulan Desember hingga Februari setiap tahunnya.

15. Beasiswa Pendidikan Indonesia

Beasiswa Pendidikan Indonesia merupakan program perluasan LPDP dengan prioritas sasaran untuk calon guru SMK, mahasiswa dan siswa berprestasi, guru, dosen, tenaga pendidik, serta budayawan. Persyaratan untuk mendapatkan beasiswa ini dapat kamu simak dalam artikel 11 Syarat Umum Beasiswa Pendidikan Indonesia 2023, Cek Alurnya.

Kuliah S-2 dengan Beasiswa Bukan Hanya Mimpi!

Studi lanjut gratis dengan beasiswa bisa diraih dengan bimbingan mentor yang tepat. Persiapkan dirimu dengan program Mentoring Beasiswa di Lister.

Follow Instagram Lister untuk mengetahui promo menarik dan informasi belajar bahasa asing lainnya.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!

Share:

Devi Marietta Siregar
Devi Marietta Siregar
aktif menulis tentang perjalanan tak biasa di Korea dan menulis untuk dampak positif

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.