Banyak yang Belum Tahu, ini Bahasa Korea “Halo!”

bahasa korea halo

Kursus Bahasa Korea – Dalam mempelajari bahasa apapun, materi tentang sapaan mesti dipelajari sebagai dasar untuk belajar hal lainnya. Sapaan memang begitu penting dan sering dilakukan dalam berkomunikasi. Oleh karena itu, kali ini kita akan belajar tentang materi menyapa dalam bahasa Korea.

Kata halo sering digunakan untuk menyapa orang lain, termasuk dalam bahasa Korea. Sudah tahukah kamu bahasa Korea halo? Berikut berbagai variasi yang dapat kamu gunakan.

Umum

안녕하세요 (an-nyeong-ha-se-yo) – saat bertemu seseorang untuk pertama kali

Sapaan ini termasuk formal. Biasanya digunakan saat berbicara kepada seseorang yang belum dikenal.

Frasa 안녕하세요 (an-nyeong-ha-se-yo) adalah pilihan terbaik untuk mengatakan halo. Sapaan ini mencerminkan rasa hormat kepada seseorang yang disapa.

안녕 (an-nyeong) – saat berbicara kepada anak-anak 

Frasa 안녕 (an-nyeong) termasuk versi lebih singkat dari sapaan standar 안녕하세요 (an-nyeong-ha-se-yo). Sapaan ini umumnya digunakan oleh sesama anak-anak dan anggota keluarga. Namun, sesama teman wanita juga biasanya menggunakan frasa ini.

Sapaan informal di antara pria Korea

Jika diamati, para pria jarang yang menggunakan kata 안녕 (an-nyeong) untuk menyapa teman-teman mereka. Alasannya adalah kata tersebut digunakan oleh wanita dan anak-anak. Oleh karena itu, berikut beberapa sapaan yang biasa mereka gunakan.

  • 반갑다! (bang-gap-ta): Frasa ini bermakna senang bertemu denganmu. Sapaan ini tergolong informal dan paling umum digunakan di antara teman-teman pria dewasa. Selain itu, sapaan ini juga bisa digunakan oleh remaja dan anak-anak.
  • 잘 지냈어? (jal ji-nae-sseo): Serupa dengan apa kabar, frasa ini secara literal berarti apa kabarmu baik-baik saja?. Selain di kalangan teman pria dewasa, frasa ini juga bisa digunakan oleh sesama teman atau anak-anak.
  • 오랜만이야 (o-raen-man-ni-ya): Frasa ini bermakna lama tidak berjumpa dan digunakan oleh sesama teman pria dewasa yang sudah lama tidak bertemu. Anak-anak dan remaja juga bisa mengucapkan frasa tersebut dalam konteks yang sama.
  • 얼굴 보니까 좋다 (eol-gul bo-ni-kka jo-ta): Frasa ini bermakna harfiah senang bisa melihat wajahmu dan merupakan ragam percakapan santai yang hanya digunakan oleh sesama teman dewasa.

Sapaan Bahasa Korea dalam Situasi Lainnya

여보세요 (yeo-bo-se-yo)

Saat menjawab telepon, kamu bisa menggunakan frasa 여보세요 (yeo-bo-se-yo) yang bermakna halo.

만나서 반가워요 (man-na-seo bang-ga-wo-yo)

Saat bertemu orang yang sebaya atau lebih muda, kamu bisa menyapa menggunakan frasa di atas. Maknanya adalah senang bertemu kamu.

Catatan

Ingat untuk memperhatikan konteks serta usia lawan bicara. Jika kamu bertemu seseorang yang sebaya dalam situasi profesional atau formal, umumnya memakai frasa 만나서 반갑습니다 (man-na-seo bang-gap-seum-mi-da).

Sapaan 만나서 반가워요 (man-na-seo bang-ga-wo-yo) lebih cocok untuk situasi sosial kasual, seperti saat kamu diperkenalkan oleh seorang teman kepada teman yang lain.

Share:

Fatimatuzuhroh
Fatimatuzuhroh
A passionate writer who loves reading self-help books!

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

Kosa Kata Bahasa Korea Sehari-hari

100 Kosa Kata Bahasa Korea Sehari-hari, Lengkap dengan Artinya

Kamu perlu belajar kosa kata bahasa Korea sehari-hari penting untuk berkomunikasi dengan lancar saat berlibur di sana. Mulai dari sapaan hingga ungkapan umum seperti berterima kasih. Sederet kumpulan kata bahasa Korea ini bisa kamu lafalkan dan hafalkan dengan mudah.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 45% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.