Bahasa China Aks Sederhana: Sejarah, Penjelasan dan Contoh

Bahasa China Aks Sederhana

Kita sering melihat kamus terjemahan bahasa indonesia ke china aks sederhana di berbagai aplikasi kamus bahasa asing. Namun Apa arti Bahasa China Aks Sederhana sederhana tersebut? 

Hal ini berkaitan dengan bahasa Cina tradisional dan juga bahasa Cina yang sudah mengalami penyederhanaan. Berikut penjelasannya. 

Baca juga : 50 Contoh Tulisan Bahasa Mandarin dan Artinya, Kosakata Sehari-hari

Bahasa Cina aks sederhana, apa maksudnya? 

Bahasa Cina aks sederhana merupakan bentuk penyederhanaan dari aksara tradisional Cina. Di mana tujuan dari penyederhanaan tulisan ini untuk kemudahan pembelajaran dan juga penulisan dalam kehidupan sehari-hari. 

 Sebelum menggunakan bahasa Cina aks sederhana,  aksara Cina banyak digunakan menggunakan bahasa Cina tradisional. 

 Masyarakat  Taiwan dan Hongkong masih banyak menggunakan aksara tradisional sedangkan masyarakat Tiongkok daratan banyak yang sudah menggunakan aksara Cina sederhana. 

Penggunaan Kedua jenis aksara ini membuat banyak kamus yang memberikan hasil terjemahan china aks sederhana ke indonesia Maupun  aksara Cina tradisional. 

Banyak juga kursus bahasa Mandarin yang memberikan pelatihan tentang bahasa China aksara sederhana ini. 

Sejarah penggunaan bahasa Cina aks ara sederhana

Dibalik dibuatnya tulisan Cina sederhana memiliki sejarah yang penting.  Di mana ini berhubungan dengan tingkat literasi masyarakat Tiongkok  sehingga dibuatlah aksara yang lebih sederhana sehingga mudah untuk dipelajari. 

 Sebelum abad ke-20,  tingkat literasi masyarakat di Tiongkok sangat rendah hal ini karena digunakannya aksara tradisional yang dikenal cukup rumit  yang memiliki goresan kompleks.  Apalagi Aksara Cina tradisional ini digunakan dalam kehidupan sehari-hari. 

Lihat literasi masyarakat Tiongkok yang semakin rendah pada awal abad ke-20 para intelektual Tiongkok mulai menyerukan  peningkatan literasi masyarakat. 

 Salah satu upaya yang digunakan adalah dengan menggunakan penulisan bahasa Cina yang lebih sederhana. 

Penyederhanaan tulisan bahasa Cina ini tidak berjalan mulus karena menimbulkan pro dan kontra. 

Kontra terjadi karena penyederhanaan dianggap melupakan nilai budaya dari aksara tradisional dan juga mengorbankan keindahan estetika. 

Bahasa China Aks Sederhana
Bahasa China Aks Sederhana | Sumber gambar : Freepict

Selain itu juga ada dampak positif di mana penyederhanaan ini membawa peningkatan literasi masyarakat Tiongkok yang cukup signifikan. 

Akhirnya pada tahun 1956 sampai 1977 pemerintah Tiongkok resmikan penyederhanaan aksara Tiongkok. Dimana pada tahun 1956 pemerintah mengeluarkan daftar pertama karakter yang disederhanakan, Kemudian tahun 1964  lebih banyak karakter  disederhanakan.  Hingga akhirnya dilakukan berbagai revisi penyempurnaan. 

Dengan peresmian aksara sederhana dari pemerintah ini kemudian penggunaan aksara sederhana diajarkan di sekolah-sekolah,  digunakan pada buku teks dan juga untuk penulisan media massa,  dokumen resmi maupun publikasi ilmiah. 

Mungkin anda suka : Mengenal Goresan dalam Bahasa Mandarin dan Cara Menghitungnya

Kamus terjemahan bahasa indonesia ke china aks sederhana

Ada beberapa kamus terjemahan indonesia ke china aks sederhana Bisa digunakan untuk membantu kamu menerjemahkan bahasa indonesia ke china aks sederhana.  Diantaranya adalah

1. Google Translate 

Google translate adalah tools penerjemah bahasa asing termasuk penerjemah bahasa Mandarin aksara sederhana. Tools ini bisa diakses via website maupun aplikasi mobile dengan cukup mudah. 

2. Baidu Translate 

Adalah online translator yang bisa menerjemahkan bahasa Mandarin ke bahasa Inggris maupun bahasa lainnya. Translator ini merupakan tools yang dikembangkan berdasarkan sumber data lokal Baidu. 

Tools ini dikenal dengan integrasinya dengan teknologi AI yang cukup canggih. Baidu juga terkenal cukup akurat dan bisa menerjemahkan berbagai tugas. 

3. YouDao Translate 

Yudao translator adalah tools penerjemah dari Tiongkok yang bisa menerjemahkan bahasa Mandarin/China ke bahasa asing lainnya dengan cepat dan akurat. Yudao banyak digunakan untuk menerjemahkan dokumen, situs web maupun percakapan secara real time. 

4. Pleco 

Pleco adalah kamus bahasa Mandarin yang cukup pintar karena bisa membantu pengguna memahami tes Mandarin yang kompleks. 

Selain tulisan Mandarin, Pleco ini juga bisa membantu menerjemahkan tulisan Pinyin. Selain itu juga ada flashcard yang membantu banyak orang mempelajari kosakata bahasa Mandarin. 

5. WeChat 

WeChat adalah aplikasi untuk bertukar pesan, fungsinya bukan utama untuk menerjemahkan bahasa Mandarin ke bahasa asing. 

Namun ada fitur WeChat yang membantu menerjemahkan teks percakapan. Dimana aplikasi ini bisa mendeteksi bahasa dan menerjemahkan teks tersebut ke bahasa lain. 

Sehingga WeChat hanya digunakan untuk menerjemahkan chat pribadi saja bukan untuk penerjemah serius dan mendalam. 

Kamu bisa menggunakan berbagai kamus indonesia china aks sederhana untuk membantu menerjemahkan berbagai teks bahasa Mandarin ke bahasa Indonesia maupun bahasa asing. 

Contoh perbandingan bahasa China aks sederhana dan tradisional 

Untuk melihat bagaimana perbadingan bahasa China aksara sederhana dan bahasa China tradisional dari segi kerumitan penulisan, bisa melihat contoh berikut ini 

Bahasa IndonesiaBahasa China aks sederhana Bahasa China Tradisional 
Rumah 房子 房子 
Pohon 树 樹 
Cinta 爱 愛 
Belajar 学习 學習 
Tubuh 身体 身體 
Lapar 饿
Sedih 伤心 傷心 
Contoh bahasa China aks sederhana dan tradisional 

Bahasa china aks sederhana memiliki goresan yang lebih sederhana dibandingkan dengan bahasa China tradisional. Kamu bisa melihat hal-hal ini dengan cek contoh di atas.

baca juga : Yuk Pelajari Kata Ganti Bahasa Mandarin (Aku, kamu, dia, mereka)

Pentingnya memahami bahasa China aks sederhana

Bahasa China aks sederhana sangat diperlukan terutama jika ingin berpergian ke daratan Tiongkok. Karena bahasa China aks sederhana ini sangat banyak digunakan.

Selain itu bahasa China aksara sederhana juga banyak digunakan dalam berbagai media seperti di majalah, berita dan juga media online.

Untuk keperluan pendidikan seperti beasiswa maupun program riset di Tiongkok, kemampuan bahasa China aks sederhana ini juga bisa membantu mendukung program belajar kamu.

Jadi tidak ada salahnya mempelajari tulisan mandarin aks sederhana. Jika ingin menguasai bahasa Mandarin yang lebih tinggi, bisa mempelajari bahasa China tradisional.

Belajar bahasa Mandarin bersama Lister, kelas online dengan jadwal fleksibel

Ingin menguasai bahasa China? kamu bisa mengikuti pembelajaran kursus bahasa Mandarin. Kelas dilakukan secara online dengan tutor yang profesional dan berpengalaman.

Harga cukup terjangkau dengan berbagai fasilitas belajar. Atur jadwal secara mandiri karena Lister menggunakan customized syllabus.

Kelas online ini juga dilengkapi dengan materi yang bisa disesuaikan dan ukuran kelas yang fleksibel.

Informasi lebih lanjut tentang tutor bahasa Mandarin bisa dicek di halaman tutor. Silahkan cek tutor berkualitas dari Lister.

Hubungi Whatsapp Lister untuk dapatkan informasi menarik tentang kursus bahasa Mandarin dari Lister seperti harga, promo dan lainya. Daftar sekarang juga!

Sumber gambar sampul : Freepict

Share:

Sekar Arum Kinanti
Sekar Arum Kinanti
Do my best now. Full time learner. Focus on writing and digital marketing.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts