Bahasa Arab Rindu, Bagaimana Cara Mengungkapkannya?

Bahasa Arab Rindu

Rindu bahasa Arab ungkapan indah juga penuh makna. Bahasa Arab, dengan segala kekayaan dan kedalamannya, menawarkan beragam cara untuk mengungkapkan perasaan rindu yang menggebu-gebu.

Yuk pelajari kosakata bahasa Arab Rindu, belajar bahasa Arab mulai dari kosakatanya!

Bahasa Arab Rindu, Bagaimana Cara Mengungkapkannya?

Rindu dalam bahasa Arab dapat diungkapkan dengan beberapa kata, masing-masing dengan nuansa dan intensitas yang berbeda. Beberapa kata yang umum digunakan antara lain:

شَوْقٌ (syawqun)

Ini adalah kata bahasa arabnya rindu yang paling umum digunakan untuk mengungkapkan rasa rindu. Syawqun menggambarkan kerinduan yang mendalam dan intens, bahkan terkadang terasa menyakitkan.

Bayangkan, seperti rasa haus yang tak tertahankan di tengah gurun pasir, begitulah kira-kira gambaran syawqun.

حَنِينٌ (ḥanīn)

Bahasa Arab Rindu selanjutnya adalah Hanin mengungkapkan kerinduan yang lebih lembut dan penuh nostalgia. Ia seperti bisikan angin yang membawa kenangan manis dari masa lalu, membuat hati terasa hangat sekaligus sendu.

كَلَفٌ (kalaf)

Kalaf menggambarkan kerinduan yang disertai dengan rasa cemas dan khawatir. Namun di Bahasa Arab Rindu ini merujuk kerinduan pada seseorang dalam konteks cinta yang mendalam.

Seperti saat kita merindukan seseorang yang jauh, dan kita cemas akan keadaannya.

وَجْدٌ (wajd)

Bahasa Arab Rindu, Wajd mengungkapkan kerinduan yang begitu kuat hingga membuat hati gelisah dan tak tenang. Seperti ombak di lautan yang terus bergelora, tak menemukan ketenangan.

Nah, sekarang kalian sudah tahu kan, kalau bahasa Arab punya banyak cara untuk mengungkapkan rindu. Jadi, jangan cuma bilang “kangen” aja ya!

Baca juga : 70 Nama & Sebutan Cantik Bahasa Arab, جميل (jamīl)!

Apa Bahasa Arabnya Aku Merindukanmu?

Setelah mengetahui beragam kata untuk mengungkapkan rindu, sekarang saatnya kita belajar bagaimana mengatakan “Aku merindukanmu” dalam bahasa Arab.

Ada beberapa ungkapan Bahasa Arab Rindu yang bisa kalian gunakan, di antaranya:

  • أَشْتَاقُ إِلَيْكَ/إِلَيْكِ (Asytaqu ilaika/ilaiki): Ini adalah ungkapan yang paling umum dan mudah diingat untuk bilang bahasa arab aku rindu kamu. Asytaqu ilaika digunakan untuk laki-laki, sedangkan Asytaqu ilaiki untuk perempuan.
  • إِنِّي لَأَشْتَاقُ إِلَيْكَ/إِلَيْكِ (Inni la’asytaqu ilaika/ilaiki): Ungkapan ini memiliki makna yang sama dengan “Asytaqu ilaika/ilaiki”, namun dengan penekanan yang lebih kuat.
  • قَدِ اشْتَقْتُ إِلَيْكَ/إِلَيْكِ (Qad isytaqtu ilaika/ilaiki): Ungkapan ini menunjukkan bahwa rasa rindu sudah terjadi sejak beberapa waktu lalu.

Gimana? Mudah kan untuk belajar bahasa arabnya kangen. Sekarang kalian bisa mengungkapkan rasa rindu kalian dengan lebih romantis dan bermakna!

Bahasa Arab Rindu
Bahasa Arab Rindu | Sumber gambar: Freepict

Quotes/Kata Kata Arab Rindu

Selain ungkapan “Aku merindukanmu”, ada banyak kata-kata indah dalam bahasa Arab yang bisa kalian gunakan untuk mengungkapkan rindu. Berikut beberapa contohnya:

  • شَوْقِي لَكَ كَالْجُوعِ لِلطَّعَامِ (Syauqi laka kal juu’i liṭ ṭa’ām): Rinduku padamu seperti lapar akan makanan.
  • إِشْتَقْتُ لَكَ كُلَّ لَحْظَةٍ (Isytaqtu laka kulla lahẓah): Aku merindukanmu setiap saat.
  • تَجَوَّلَتْ عَيْنَايَ فِي سَمَاءِ حِضْنِكَ (Tajawwalat ‘ainaya fi sama’i ḥiḍnik): Mataku mengembara di langit pelukanmu.
  • أَشْتَاقُ إِلَى لَمْسَةِ يَدَيْكَ (Asytaqu ila lamsati yadaik): Aku merindukan sentuhan tanganmu.
  • حَنِينِي لَكَ يَمْلأُ الْكَوْنَ (Hanini laka yamla’u al-kawn): Kerinduanku padamu mengisi seluruh alam.
  • قَلْبِي يَحْتَرِقُ بِالشَّوْقِ إِلَيْكِ (Qalbi yaḥtariqu bi al-syawqi ilaiki): Hatiku terbakar karena rindu padamu (perempuan).
  • يَا لَيْتَنِي أَرَاكَ الآنَ فَقَدْ تَمَلَّكَنِي الْحَنِينُ (Ya laytani araka al-ana faqad tamallakanī al-ḥanīn): Duhai, seandainya aku bisa melihatmu sekarang, kerinduan telah menguasai diriku.
  • الْبُعْدُ عَنْكَ يَزِيدُ الْكَلَفَ (Al-bu’du ‘anka yazīdu al-kalaf): Jarak darimu menambah rasa rindu dan cemas.
  • أَنَا فِي وَجْدٍ شَدِيدٍ عَلَيْكَ (Ana fi wajdin syadidin ‘alaik): Aku sangat merindukanmu (laki-laki).

Keren-keren kan kata-katanya? Dengan sedikit kreativitas, kalian bisa merangkai kata-kata ini menjadi puisi atau pesan romantis untuk orang terkasih.

Selain itu juga ada syair bahasa Arab yang membicarakan tentang kerinduan.

Bahasa Arab memang terkenal dengan keindahan puisinya. Rasa rindu pun seringkali menjadi tema yang diangkat dalam puisi-puisi Arab.

Salah satu contohnya adalah puisi karya Khalil Gibran dalam Bahasa Arab Rindu berikut ini:

“وَفِي اللَّيْلِ أَسْمَعُ صَوْتَكِ فِي صَمْتِ الْقَلْبِ، وَأَرَى وَجْهَكِ فِي ظَلَامِ الْعَيْنَيْنِ”

“Dan di malam hari, aku mendengar suaramu dalam kesunyian hati, dan aku melihat wajahmu dalam kegelapan mata.”

Bait puisi ini menggambarkan kerinduan yang mendalam hingga suara dan wajah orang yang dirindukan hadir dalam khayalan.

Untuk anda : Barakallah fii Umrik Adalah Ucapan Apa? Cek Maknanya!

Contoh Penggunaan Kata Rindu dalam Bahasa Arab

Biar makin paham, yuk kita lihat beberapa contoh penggunaan kalimat Bahasa Arab Rindu berikut ini:

  • أفتقد والدي الذي توفي.-Aftaqidu wālidī alladhī tawaffā. : Aku merindukan ayahku yang sudah tiada
  • أتمنى أن تصل هذه الاشتياقات إلى ابني. – Atamanā an taṣila hādhih al-ishtiyāqāt ilā ibnī. : Rindu ini semoga bisa sampai pada anakku
  • إذا كنت تشتاق إلى والدتك، فعد إلى المنزل سريعاً. : Idhā kunta tashtāq ilā wālidatika, faʿud ilā al-manzil sarīʿan. : Jika kamu rindu pada ibu mu maka pulanglah segera
  • أفتقدك لكنني حزينة لأنني لا أستطيع رؤيتك.Aftaqiduka lakinānī ḥazīnah liʾannānī lā aʾstatiʿ ru’yatak. : Aku rindu tapi sedih tidak bisa bertemu kamu
  • لماذا لم تخبرني أنك تشتاق إليّ؟ – Limādhā lam tukhbirnī annaka tashtāq ilayy? : Kenapa kamu tidak bilang jika sedang merindukanku?
  • هذه الاشتياقات ليست مجرد اشتياق إلى صديق. – Hādhih al-ishtiyāqāt laysat mujarrad ishtiyāq ilā ṣadīq. : Rindu ini bukan hanya sekedar rindu pada teman
  • لقد مرت 9 سنوات دون أن ألتقي به، أفتقد صديقي الجيد. – Laqad marrat 9 sanawāt dūn an ʾaltaqī bih, aftaqid ṣadīqī al-jayyid. : Sudah 9 tahun tidak bertemu, aku rindu teman baikku itu
  • أَشْتَاقُ إِلَى أَيَّامِنَا الْجَمِيلَةِ مَعًا (Asytaqu ila ayyāminā al-jamīlah ma’an): Aku merindukan hari-hari indah kita bersama.
  • لَا أَسْتَطِيعُ الِانْتِظَارَ لِأَرَاكَ مُجَدَّدًا (La astaṭī’u al-intiẓār li’araka mujaddadan): Aku tidak sabar untuk bertemu denganmu lagi.
  • أَتَمَنَّى لَكَ كُلَّ التَّوْفِيقِ يَا صَدِيقِي (Atamanna laka kulla al-tawfiq ya ṣadiqi): Aku mendoakan yang terbaik untukmu, sahabatku.

Tidak sulit ya untu mengutarakan Bahasa Arab Rindu untuk berbagai kebutuhan? kamu hanya perlu memaksimalkan kemampuan bahasa Arab sekarang ini!

Belajar Bahasa Arab dengan Kursus Lister

Nah, sahabat-sahabat, setelah menyelami samudra kata rindu dalam bahasa Arab, pasti kalian semakin tertarik untuk mendalami bahasa yang indah ini, kan?

Kabar baiknya, sekarang belajar bahasa Arab jadi lebih mudah dan menyenangkan dengan Kursus Bahasa Arab Lister!

Kelas bahasa Arab di Lister bisa kamu akses secara online dengan jadwal belajar yang fleksibe. Harga kelas mulai dari 1 jutaan dengan pengalaman belajar yang menyenangkan!

Dipandu tutor terbaik, kamu bisa mendapatkan pembelajaran yang sesuai kebutuhan dan tertarget!

Untuk informasi lebih lanjut tentang program kursus dan pendaftaran bisa langsung konsultasi dengan tim Lister melalui Whatsapp!

Sumber gambar sampul: Freepict

Share:

Sekar Arum Kinanti
Sekar Arum Kinanti
Do my best now. Full time learner. Focus on writing and digital marketing.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts