Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Arti Chotto Matte Bahasa Jepang, Begini Mengucapkannya

Arti Chotto Matte Bahasa Jepang, Begini Mengucapkannya

Kursus Bahasa Jepang – Dalam bahasa Jepang, kata chotto (ちょっと)sebenarnya memiliki arti yang beragam tergantung konteks kalimatnya. Jika mengacu pada kamus, chotto (ちょっと) memiliki arti sebentar, sedikit, selintas, sepintas, dan dalam sekejap. 

Sementara itu, kata ちょっとまって (chotto matte) berarti “tunggu sebentar”. Kata ini bisa digunakan dalam berbagai situasi, dari percakapan sehari-hari hingga skenario yang lebih formal.

Bagaimana Cara Menggunakan Chotto Matte?

ちょっと (chotto) adalah kata dalam bahasa Jepang yang mungkin sudah kamu tahu, yang artinya “sedikit.”

Menurut penjelasan di The True Japan,  chotto adalah ekspresi informal. Jika digunakan dalam konteks yang tepat dan dengan bentuk kata kerja yang benar, kata ini juga bisa digunakan dalam situasi formal. 

待って(matte) berasal dari kata kerja (matsu) “menunggu” dalam bentuk –te. Bentuk –te diikuti oleh kudasai digunakan untuk menyatakan bentuk imperatif.

Menggunakan bentuk –te ditambah bentuk kudasai membuat suasana menjadi terlalu formal. Jika kamu ingin menambahkan unsur kesopanan dalam bahasa informal, pilihlah menggunakan kata kerja kureru (untuk menerima sesuatu dari seseorang) dan tanyakan “Chotto matte kureru?” yang berarti “Bisakah kamu menolong dengan menunggu sebentar?

Baca juga: Ungkapan Bahasa Jepang Otsukaresama Deshita, Pelajari Yuk!

Contoh Kalimat Chotto Matte

1. ちょっと待って!財布忘れちゃった! (Chotto matte! Saifu wasurechatta!) – Tunggu sebentar! Saya lupa dompet saya!

2. ちょっと待ってくれる? もうすぐ家を出るから。 (Chotto matte kureru? Mo sugu ie wo deru kara.) – Bisakah kamu menunggu sebentar? Saya akan keluar sebentar lagi.

Menurut kesimpulannya, menguasai chotto matte sangat mudah, kamu bisa melakukan beberapa hal seperti:

  • Gunakan chotto matte bersama teman dan keluarga atau saat kita berada di lingkungan yang santai.
  • Tambahkan kudasai ketika kita ingin mempertahankan tingkat formalitas tertentu.

Kursus Bahasa Jepang, Bekal Penting di Masa Depan

Syarat penting untuk dapat kuliah, bekerja, atau tinggal di Jepang adalah menguasai bahasanya. Sebagai bekal, kamu dapat mengikuti Kursus Bahasa Jepang di Lister.

Cari tahu pengalaman seru sesama student di Lister Group Community di sini.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!