Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Apa itu Kaedama? Begini Cara Memesannya di Kedai Ramen

Ramen adalah sajian populer di Jepang. Saking nikmatnya, orang seringkali meminta porsi tambahan atau disebut dengan kaedama.

Bagaimana cara memesan kaedama di kedai ramen? Kamu dapat meminta kaedama ini dimasak sesuai keinginan, lho!

Apa itu Kaedama?

Kaedama adalah mi porsi tambahan. Banyak kedai ramen yang menawarkan kaedama bagi pembeli mereka. Sistem penyajian ini berasal dari Fukuoka.

Ramen khas Fukuoka biasanya berbentuk tipis dan kecil, sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk direbus. Maka dari itu, kedai ramen yang menyajikan mi tebal biasanya tidak menawarkan kaedama.

Perbedaan dengan Oomori

Pada kedai ramen yang tidak memiliki kaedama, biasanya akan menawarkan oomori atau porsi ekstra besar. Sementara itu, kaedama adalah mi ekstra yang dipesan saat sudah menghabiskan porsi utama.

Cara Memesan

Kamu cukup meminta kaedama kepada penjual. Mereka akan menyajikan mi yang sudah direbus di atas piring. Kemudian kamu dapat memasukkannya ke dalam mangkuk ramen.

Kamu dapat memesan tingkat kematangan mi sesuai yang diinginkan, termasuk kaedama. Berikut ini tingkat kematangan mi, mulai dari yang sangat lembut sampai keras.

  • ばりやわ (bariyawa) 100-150 detik, sangat lembut
  • やわ (yawa) 70-100 detik, lembut
  • ふつう (futsuu) 45-70 detik, normal
  • かため (katame) 20-45 detik, keras
  • ばりかた (barikata) 15-20 detik, sangat keras
  • はりがね (harigane) 7-15 detik, kering
  • こなおとし (konaotoshi) 3-7 detik, hanya menghilangkan tepung
  • ゆげとおし (yugetooshi) 0-3 detik, hanya terkena uap

Waktu untuk menyiapkan kaedama yaitu beberapa menit. Jika kamu ingin memesan, sebaiknya pesan sebelum kamu menghabiskan porsi utama.

ramen kaedama

Cara Menikmati

Kamu dapat menambahkan sedikit bumbu pada porsi kedua ini, karena kuah dari porsi utama pasti sudah terasa agak hambar. Biasanya di kedai ramen terdapat beberapa bumbu di meja yang dapat kamu gunakan.

Jika kamu ingin memesan kaedama, sebaiknya jangan habiskan kuahnya terlebih dahulu. Kedai ramen hanya menyajikan kaedama tanpa kuah tambahan. Pasalnya modal membuat kuah lebih mahal daripada membuat mi itu sendiri.

Belajar Bahasa Jepang: Bekal Penting di Masa Depan

Syarat penting untuk dapat kuliah, bekerja, atau tinggal di Jepang adalah menguasai bahasanya. Sebagai bekal, kamu dapat mengikuti Kursus Bahasa Jepang di Lister. Di sini kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan bersertifikat. Kamu akan mendapatkan modul yang akan membantu proses belajar. Selain itu, kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri. Daftar sekarang!