Apa itu Degree of Comparison? Ini Penjelasan Pola dan Contohnya!

degree of comparison

Kursus IELTS – Dalam sebuah percakapan, lazim halnya kita membandingkan dua hal atau lebih. Dalam bahasa Inggris, hal ini disebut dengan degree of comparison.

Dalam mengungkapkan Degree of comparison, ada pola tertentu yang harus dipatuhi. Berikut materi degrees of comparison lebih rincinya.

baca juga : Perbedaan Some dan Any, Penjelasan Serta Contoh

Degree of Comparison adalah

Degrees of Comparison adalah ketika kamu ingin membandingkan dua hal atau lebih. Secara grammar, degree of comparison berhubungan dengan adjectives (kata sifat) dan adverbs (kata keterangan).

Ada tiga tingkatan degree of comparison, yakni positive degree, comparative degree, dan superlative degree.

Dengan mengetahui ini kamu bisa membandingkan satu objek dengan yang lainnya. Selain itu kamu juga bisa mengkomunikasikan dengan baik ketika sesuatu memiliki kondisi lebih besar, lebih kecil, lebih banyak, lebih bagus dan lainnya.

Contoh comparison degree yang paling banyak kita temui adalah fast – faster – fastest (cepat – lebih cepat – paling cepat)

Tingkatan Degree of Comparison

Berikut adalah tingkatan degree of comparison, silahkan mempelajarinya dengan lengkap:

1. Positive Degree

Tingkatan pertama degree of comparison adalah positive degree. Pola ini tidak membandingkan apapun. Positive degree hanya menyampaikan sifat dari objek yang dibicarakan. Berikut contohnya.

Adjectives: quick, beautiful, sad, fast, short, tall

Adverbs: quickly, beautifully, sadly, fast, shortly.

Contoh kalimatnya adalah the deer is fast!

2. Comparative Degree

Pola ini membandingkan dua hal, yakni satu hal memiliki sifat yang lebih dibandingkan hal lainnya. Untuk menandai tingkatan ini, ada penambahan kata more dan juga -er.

  • penambahan -er digunakan untuk digunakan untuk kata keterangan/kata sifat yang terdiri dari 1 suku kata. Misalnya : fast, tall, short menjadi faster, taller, shorter.
  • penambahan more digunakan untuk kata sifat/kata keterangan yang mengandung dua atau lebih suku kata. Misalnya : beautiful, amazing, happy, delicious dan lainnya menjadi more beautiful, more happy, more delicious.

Contoh degrees of comparative:

  • The horse runs faster than the cat (Kuda berlari lebih cepat dibandingkan kucing)
  • Your kite is flying higher than mine (layang-layangmu terbang lebih tinggi daripada punyaku)
  • My mom is more beautiful than her friends (ibuku lebih cantik daripada teman-temannya)
  • This watermelon is more delicious than the one we bought before (semangka ini lebih enak daripada yang kita beli kemarin)

3. Superlative Degree

Pola ini membandingkan dua hal, di mana satu hal memiliki sifat yang paling dibandingkan hal lainnya. Paling rendah, paling tinggi, paling cantik, paling enak dan hal-hal paling lainnya.

  • Superlative degree bisa ditandai dengan penambahan –est untuk kata keterangan/kata sifat yang terdiri dari satu suku kata. Misalnya : fastest (paling cepat), tallest (paling tinggi), shortest (paling rendah), richest (paling kaya)
  • Sedangkan untuk kata kerja/keterangan yang terdiri dari dua/lebih suku kata menggunakan most. Misalnya : Most beautiful (paling cantik), most quickly (paling cepat), most extraordinary (paling luar biasa)

Contoh :

  • Cheetah is the fastest animal i ever seen (Cheetah adalah hewan tercepat yang pernah aku lihat)
  • In my opinion, She is the most beautiful woman in our school (Menurutku, dia adalah wanita tercantik di sekolah kita)

degree of comparison
Degree of Comparison | Sumber gambar : DCStudio Freepict

baca juga : Sometime Sometimes dan Some Time, Best Explanation

Irregular degree of comparation

Materi degree of comparison selain yang mengikuti aturan di atas, juga ada irregular degree of comparison dimana kata sifat/keterangan untuk perbandingan tidak perlu mengikuti aturan umum degree of comparison pada umumnya.

Beberapa contoh irregular degree of comparison ini contohnya adalah :

Positive Degree Comparative Degree Superlative Degree
Good BetterBest
Bad Worse Worst
Little LessLeast
Much MoreMost
Contoh irregular degree of comparison | Materi degree of comparison

Nah itulah penjelasan dari Lister tentang degree of comparison mulai dari definisi, aturan sampai dengan contohnya.

Kamu bisa lebih lengkap belajar tentang degree of comparison maupun materi bahasa Inggris yang lainnya dengan mengikuti kursus bahasa Inggris di Lister!

Persiapkan IELTS dengan baik dengan mengikuti Kursus IELTS Preparation bersama Lister

Belajar bahasa Inggris untuk persiapan IELTS akan lebih mudah bersama Lister! Kamu bisa belajar dengan jadwal yang fleksibel dan juga memilih tutor dengan mudah.

Ada juga sistem cicilan yang membantu kamu mengikuti kursus IELTS bersama Lister dengan ringan tanpa beban.

Selain itu tutor bisa dipilih sesuai dengan kualifikasi yang kamu butuhkan. Ada kelas free trial yang bisa kamu coba untuk merasakan pengalaman belajar bareng Lister.

Silahkan konsultasi kebutuhan kamu melalui Whatsapp tim Lister. Kamu bisa konsultasi tentang materi pembelajaran, harga layanan sampai dengan promo langsung dengan tim kami!

Kamu juga bisa menggunakan promo 10% dari Lister, dengan klaim menggunakan BLOGLISTER10 untuk pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon 500ribu).

Sumber gambar : DCStudio di Freepict

Share:

Brigitta Winasis
Brigitta Winasis
A lifetime learner, a magical world wanderer through books and stories. Writing for professional purposes and personal interests.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

Kelas Bahasa Inggris di Solo, Bebas Atur Jadwal

Belajar bahasa Inggris online untuk anak 3-6 tahun dan remaja 10-14 tahun, bisa diikuti. Lembaga kelas bahasa Inggris di Solo, Lister bisa kamu jadikan pilihan utama dalam mengembangkan bahasa si buah hati.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 30% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.