Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Angka Romawi I, V, X dalam Bahasa Inggris yang Perlu Kamu Tahu!

lister blog mei 2022 angka romawi dalam bahasa inggris

Mengapa perlu belajar memahami angka romawi dalam bahasa Inggris? Apakah penting?

Nah, mungkin kamu masih bertanya-tanya dan tidak tahu seberapa penting mempelajari materi ini. Perlu diketahui, sebagai pembelajar bahasa Inggris, pengetahuan kamu mesti berkembang. Termasuk dalam hal memahami tulisan bahasa Inggris yang terdapat angka romawinya seperti dalam suart bisnis, laporan tertentu, dan lainnya.

Itulah alasan pentingnya mempalajari angka romawi bahasa Inggris. Lalu, apa pengertiannya?

Angka romawi sebenarnya berasal dari Romawi kuno, ia menggunakan huruf latin untuk melambangkan angka numeriknya. Dalam bahasa Inggris, angka Romawi dikenal dengan “roman numerals”. Contoh angka romawi seperti I, II, IV, dan lainnya.

Dalam penulisan romawi, ada tujuh huruf latin yang dikombinasikan, namun pada kesempatan kali ini, kita akan belajar tiga angka romawi yaitu I, V, dan X. Untuk mengetaui lebih lanjut, yuk pelajari cara penyebutan angka Romawi dalam bahasa Inggris yang benar!

Baca juga: Istilah Matematika dalam Bahasa Inggris

Angka Romawi “I”

Angka romawi yang satu ini sering muncul dan digunakan dalam berbagai tulisan. Cara penyebutannya dengan mengeja huruf I sekali menyesuaikan dengan kuantitasnya. Biasanya ditulis I, II, dan III atau 1, 2, dan 3.

Angka Romawi “V”

Angka romawi yang selanjutnya adalah V atau angka 5.

Nah, kenapa angka 4 ditulis IV?

Hal ini karena huruf I muncul sebelum huruf V. Huruf I adalah angka 1 dan huruf V adalah angka 5. Sehingga dibaca ada angka 1 sebelum 5 berarti 4. Itulah alasan penulisan angka 4 adalah IV.

Hal tersebut berlaku hingga bilangan ke-8, dari:

V = 5 (angka Romawi 5)

VI = 6 (angka Romawi 6)

VII = 7 (angka Romawi 7)

VIII = 8 (angka Romawi 8)

Angka Romawi “X”

Huruf “X” artinya angka 10. Cara penyebutannya dari “X” sama dengan penyebutan angka Romawi “V” untuk bilangan Romawi lainnya seperti:

IX = 9 (angka Romawi 9)

X = 10 (angka Romawi 10)

XI = 11 (angka Romawi 11)

XII = 12 (angka Romawi 12)

Hal yang spesial adalah angka 10 adalah X, sehingga untuk angka 20 menjadi XX dan angka 30 adalah XXX.

Itulah ulasan mengenai angka romawi yang bisa kamu jadikan referensi belajar bahasa Inggris. Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk selalu upgrade kemampuan bahasa Inggris yang kamu punya dengan gabung di Kursus Bahasa English Lister. Yuk daftar sekarang!