Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

5 Cara Memilih Bahasa untuk Kamu Pelajari di 2022

belajar bahasa

Sebelum menentukan bahasa apa yang akan kamu pelajari, terlebih dulu kamu harus tahu alasan kamu mempelajari bahasa tersebut. Belajar bahasa harus dilakukan secara serius, walaupun dapat dijalani secara fleksibel. Kini kamu dapat belajar bahasa melalui internet atau buku saja.

Mempelajari bahasa sudah menjadi tuntutan bagi setiap kalangan. Entah kamu belajar hanya untuk nilai mata pelajaran bahasa di sekolah, perguruan tinggi, atau untuk kebutuhan pekerjaan.

Setelah kamu paham alasan belajar bahasa itu penting, selanjutnya kamu akan dengan mudah memilih bahasa untuk dipelajari. Agar semakin paham, di bawah ini adalah daftar yang dapat membantu kamu memilih bahasa untuk dipelajari.

Kemiripan

Saat memulai belajar bahasa, ada baiknya kamu lebih dulu memilih belajar bahasa yang memiliki kemiripan dengan bahasa yang sudah kamu kuasai. Hal ini akan menguntungkan untuk kamu karena kamu akan mengerti sejumlah kata sebelum kamu pelajari dan tentunya akan membuat kamu menjadi semakin semangat untuk belajar.

Gengsi

Hidup di zaman sekarang memang pastinya akan membuat minder, bahkan insecure, jika tidak bisa berbahasa asing. Terutama dalam dunia pekerjaan yang banyak memberi syarat minimal harus bisa berbahasa asing.

Percaya atau tidak, beberapa dari kita mempelajari bahasa tertentu hanya karena alasan gengsi. Ada juga yang memiliki alasan dengan mengetahui bahasa tertentu dapat meningkatkan status sosial dan memudahkan untuk diterima dalam dunia pergaulan.

Bahasa yang bergengsi biasanya adalah bahasa populer, baik itu bahasa Inggris, Arab, Prancis, ataupun bahasa lainnya. Kamu dapat mempelajari bahasa ini dengan mudah saat ini juga. Misalnya, cukup hanya mencarinya di internet melalui ponselmu. Kamu juga bisa mulai kepo di Lister ada kelas apa saja dan segera daftar, deh!

Since vs for bahasa Inggris

Kepentingan

Seberapa penting sih, kamu mampu menguasai bahasa tersebut? Tanyakan hal ini pada diri kamu sendiri, ya. Misalnya, kamu belajar untuk meningkatkan nilai pelajaran bahasa di sekolah atau perguruan tinggi, untuk melamar beasiswa, atau untuk kebutuhan dunia kerja yang mengharuskan bisa bahasa tertentu. Ini bisa jadi pertimbangan buat kamu untuk menentukan bahasa apa yang akan kamu pelajari.

Ketersediaan

Kamu bisa mulai mencari apakah terdapat perpustakaan atau pusat pendidikan di sekitar kamu yang menyediakan kelas-kelas bahasa. Hal itu bisa kamu manfaatkan dengan mendaftarkan diri untuk mengikuti pelatihan di kelas tersebut.

Dengan mempelajari bahasa di kelas tersebut, kamu tidak hanya bisa dibantu oleh seorang guru tetapi juga memiliki teman-teman untuk belajar bersama. Jadi, kamu tidak akan merasakan banyak tekanan saat belajar dan menggunakan bahasa tersebut karena teman kelasmu juga akan membuat kesalahan, sama seperti dirimu.

Kesenangan

Melakukan sesuatu karena kesenangan, bukankah mengasyikkan? Jadi, mengapa kamu tidak memulai dengan mempelajari bahasa demi kesenangan?

Percayalah, semakin lama kamu menghabiskan waktu untuk belajar bahasa, kamu akan semangat dan semakin termotivasi untuk belajar lebih banyak lagi. Hal itu disebabkan setelah kamu mengetahui beberapa bahasa maka akan lebih memudahkan kamu untuk mempelajari bahasa lainnya.

Kamu akan mengerti bagaimana cara kerja suatu bahasa dan persamaannya dengan bahasa yang kamu ketahui. Kesenangan dalam belajar bahasa sangat penting, agar kamu selalu bahagia dan semangat terus untuk belajar.

Itu tadi cara memilih bahasa yang akan kamu pelajari. Kamu dapat memilih kelas yang hendak diikuti di Program Lister. Di sini kamu akan menemukan program yang tepat sesuai dengan kebutuhan kamu. Bagaimana, sudah siap upgrade skill di 2022?