3 Jenis Purpose of The Text: Bagaimana Menganalisisnya?

Purpose of the text adalah salah satu aspek yang sering dicari tahu dalam analisis teks. Analisis hal ini dapat dilakukan setelah membaca dan memahami isi teks.

Apa saja jenis-jenis purpose of the text? Bagaimana cara menganalisisnya?

Purpose of the text adalah

Purpose of the text dapat diartikan sebagai tujuan teks. Artinya tujuan penulis membuat tulisan tersebut.

Pertanyaan yang sering muncul untuk analisis ini adalah “What is the purpose of the text?” Artinya, “Apa tujuan teks tersebut?

Jawaban atas pertanyaan tersebut dapat diawali dengan “The author wrote this mostly to ….” Artinya, “Pengarang menulis teks ini untuk ….

Setiap penulis memiliki tujuan atas teks yang ditulisnya. Pembaca perlu menemukan tujuan ini untuk mengetahui apakah teks tersebut sesuai dengan tujuan mereka membaca.

Jenis-jenis purpose of the text

Ada tiga jenis tujuan teks yang utama. Suatu teks dapat memiliki lebih dari satu tujuan, tetapi tetap ada satu tujuan yang lebih menonjol.

To entertain

Jenis tujuan yang pertama adalah menghibur. Tujuan ini dapat ditemukan dalam teks fiksi dan nonfiksi.

Teks yang menghibur biasanya bersifat imajinatif, seperti novel, cerpen, atau puisi. Jika kamu merasa terhibur dengan membaca teks tersebut, artinya penulis berhasil mencapai tujuannya.

To inform

Jenis tujuan berikutnya adalah memberi informasi. Penulis meyakini informasi tersebut penting disampaikan kepada pembaca.

Teks informatif biasanya terstruktur dengan rapi dan jelas. Contohnya buku teks pelajaran, ensiklopedia, buku manual, resep masakan, dan lain-lain.

Informasi yang disampaikan dapat berbentuk penjelasan atau instruksi. Ciri teks ini adalah memberikan penjelasan visualisasi, sehingga pembaca dapat membayangkan orang, tempat, atau objek yang dibicarakan.

To persuade

Jenis tujuan yang ketiga adalah meyakinkan pembaca. Penulis menyampaikan opini yang ia yakini terkait suatu hal.

Penulis menyajikan argumen yang mendukung opininya. Terkadang ia turut mengajak pembaca untuk meyakini hal yang sama. Tidak jarang jenis teks ini bias karena memuat opini dari satu pihak.

Contoh teks ini adalah iklan, ulasan film, artikel ilmiah, hingga kampanye politik.

Cara menentukan purpose of the text

Untuk menemukan tujuan teks, bacalah teks secara keseluruhan. Kamu juga dapat menentukan generic structure terlebih dahulu agar lebih mudah.

Kemudian ajukan pertanyaan-pertanyaan berikut kepada diri sendiri.

  • Apakah teks berbentuk novel, cerpen, atau puisi? Jika ya, kemungkinan tujuannya adalah menghibur.
  • Apakah teks mengandung fakta? Jika ya, kemungkinan tujuannya adalah memberi informasi.
  • Apakah teks memberikan langkah-langkah melakukan suatu hal? Jika ya, teks tersebut berbentuk instruksi.
  • Apakah teks menjelaskan cara kerja suatu hal? Jika ya, teks tersebut bertujuan menjelaskan.
  • Apakah teks menyediakan penjelasan visual dan indra lainnya yang membuat pembaca dapat membayangkan? Jika ya, kemungkinan tujuannya adalah menjelaskan.
  • Apakah teks mengandung opini? Jika ya, kemungkinan tujuannya adalah meyakinkan.
  • Perhatikan konteksnya, seperti identitas penulis, penerbit, dan sasaran pembaca.
  • Perhatikan struktur tulisan dan gaya bahasa.

Contoh

Professor Howard Gardner believes that people are smart in different ways. In his studies, he found many different kinds of intelligence. For example, some people have interpersonal intelligence. This means that they work well with others. They are also good at sensing other people’s feelings. Counselors and teachers have this kind of intelligence.

Statement of Purpose

The author wrote this mostly to inform the reader that people can be smart in many different ways.

Kursus Academic English: Cara Mudah Sukses dalam Studi

Sudah semakin paham teks dalam bahasa Inggris? Agar kamu semakin mahir menulis dan menganalisis teks bahasa Inggris, ikuti Kursus Academic English di Lister.

Di sini kamu akan belajar bersama para tutor ahli dan bersertifikat. Kamu juga dapat menentukan jumlah pertemuan sendiri. Daftar sekarang!