Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Banyak yang Belum Tau Bahasa Koreanya “Halo!”

Bahasa Korea halo

Dalam mempelajari bahasa apapun, materi tentang sapaan mestinya dipelajari sebagai dasar untuk belajar hal lainnya. Pada dasarnya, sapaan memang begitu penting dan sering dilakukan dalam berkomunikasi. Oleh karena itu, kali ini kita akan belajar tentang materi menyapa dalam bahasa Korea.

Jika kamu berbicara kepada teman atau kerabat dekat, ada beberapa sapaan informasi yang bisa digunakan. Selain itu, terdapat beberapa kata atau frasa yang bisa kamu gunakan untuk menyapa orang lain, tergantung waktu dan konteks.

Formal

“안녕하세요“ (an-nyeong-ha-se-yo) saat bertemu seseorang untuk pertama kali

Sapaan ini termasuk dalam sapaan formal yang bisa digunakan saat berbicara kepada seseorang yang belum dikenal. Frasa “안녕하세요“ (an-nyeong-ha-se-yo) adalah pilihan terbaik untuk mengatakan “halo”. Sapaan ini mencerminkan rasa hormat kepada seseorang yang disapa.

“안녕“ (an-nyeong) saat berbicara kepada anak-anak 

Frasa “안녕“ (an-nyeong) termasuk ke dalam versi lebih singkat dari sapaan standar “안녕하세요“ (an-nyeong-ha-se-yo). Sapaan ini umumnya digunakan oleh sesama anak-anak dan anggota keluarga. Namun, sesama teman wanita juga biasanya menggunakan frasa ini.

Sapaan informal para pria Korea

Jika diamati, para pria jarang yang menggunakan istilah  “안녕“ (an-nyeong) saat menyapa teman-teman mereka, alasannya adalah frasa tersebut digunakan oleh wanita dan anak-anak. Oleh karena itu, berikut beberapa sapaan yang biasa mereka gunakan.

  • ”반갑다!” (bang-gap-ta): Frasa ini bermakna “Senang bertemu denganmu” dan sapaan informal yang paling umum digunakan di antara teman-teman pria dewasa. Selain itu, sapaan ini juga bisa digunakan oleh remaja dan anak-anak.
  • ”잘 지냈어?” (jal ji-nae-sseo, dengan bunyi vokal “ae” serupa dengan bunyi “e” pada kata “meja”, tetapi dengan bentuk mulut yang lebih lebar): Serupa dengan “apa kabar”, frasa ini secara literal berarti “Apa kabarmu baik-baik saja?”. Selain di kalangan teman pria dewasa, frasa ini juga bisa digunakan oleh sesama teman atau anak-anak.
  • ”오랜만이야” (o-raen-man-ni-ya): Frasa ini bermakna “Lama tidak berjumpa” dan digunakan oleh sesama teman pria dewasa yang sudah lama tidak bertemu. Anak-anak dan remaja juga bisa mengucapkan frasa tersebut dalam konteks yang sama.
  • ”얼굴 보니까 좋다” (eol-gul bo-ni-kka jo-ta): Frasa ini bermakna harfiah “Senang bisa melihat wajahmu” dan merupakan ragam percakapan santai yang hanya digunakan oleh sesama teman dewasa.

Mengenal Sapaan dalam bahasa Korea dalam berbagai situasi

Sapaan “여보세요“ (yeo-bo-se-yo)

Saat menjawab telepon, kamu bisa menggunakan frasa “여보세요” (yeo-bo-se-yo) yang bermakna “halo!”.

Sapaan “만나서 반가워요” (man-na-seo bang-ga-wo-yo)

Saat bertemu seseorang yang sebaya atau lebih muda, kamu bisa menyapa menggunakan frasa di atas. Maknanya adalah “senang bertemu kamu.”

Note:

Ingat untuk memperhatikan konteks serta usia lawan bicara. Jika kamu bertemu seseorang yang sebaya dalam situasi profesional atau formal, umumnyamemakai frasa “만나서 반갑습니다“ (man-na-seo bang-gap-seum-mi-da).

Sapaan “만나서 반가워요” (man-na-seo bang-ga-wo-yo) lebih cocok untuk situasi sosial kasual, seperti saat kamu diperkenalkan oleh seorang teman kepada teman yang lain.

Itulah pembahasan tentang kosakata halo dalam bahasa Korea yang bisa kamu coba untuk latihan. Sudah sampai mana belajarnya? Dapatkan pengalaman belajar bahasa Korea dengan cara yang lebih menyenangkan dan tutor terbaik di Lister! Daftar sekarang!

Belajar bahasa asing Lister
Belajar bahasa asing Lister

gambar: freepik.com