Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

6 Cara Menentukan Ide Pokok Bacaan dan Contohnya

cara menentukan ide pokok bacaan

Saat membaca paragraf tunggal maupun bagian dari sebuah teks, penting untuk tahu cara menentukan ide pokok bacaan. Pasalnya, ide pokok adalah inti dari bacaan atau paragraf.

Setelah memahami ide pokoknya, kamu dapat lebih mudah mengerti keseluruhan bacaan. Maka dari itu, simak artikel ini sampai tuntas, ya.

Apa itu Ide Pokok Bacaan?

Ide pokok bacaan adalah pernyataan umum tentang paragraf yang ditulis atau dibaca. Sinonim dari ide pokok adalah gagasan pokok atau pikiran utama.

Apa Fungsi Ide Pokok Bacaan?

Ide pokok adalah kalimat yang menunjukkan subjek diskusi, yakni kalimat topik. Biasanya kalimat ini didukung detail-detail lainnya. Jika kamu bisa mengungkapkan rincian yang mendukung, kamu bisa menemukan ide pokok bacaan.

Ciri-Ciri Ide Pokok Bacaan

Sebuah paragraf umumnya terdiri dari tiga jenis kalimat, yakni ide pokok, detail yang mendukung, dan terkadang digunakan pula kalimat perkenalan. Ide pokok dapat ditemukan di antara tiga jenis kalimat ini.

Kalimat yang mengandung ide pokok biasanya berupa kalimat yang menggunakan kata-kata umum. Kalimat ide pokok jarang mengandung rincian seperti waktu, nomor, dan contoh.

Kalimat ide pokok terkadang mengandung petunjuk terhadap kalimat pendukungnya. Berikut contohnya.

a. There are several kinds of

b. Use the following steps to

c. For these reasons

d. There are several ways to

Kalimat ide pokok juga terkadang mengandung kata-kata transisi (konjungsi) seperti however, but, dan yet sebelum ide pokok dimunculkan. Berikut contohnya.

There are many kinds of unusual plants. Cactuses, for instance, can survive in the great heat of the desert sun at noon and in the bitter cold of the desert at night.

Instead of regular leaves, they have needles that serve as a defense against hungry animals. Their stems are full of hollow cells that store enough water to last for months. These features make the cactus a remarkable plant, able to live in one of nature’s harshest environments. 

Penjelasan:

Kalimat pertama adalah kalimat perkenalan. Kalimat kedua sampai keempat adalah kalimat pendukung yang menjelaskan rincian ide pokok. Kalimat kelima mengandung ide pokoknya.

Cara Menentukan Ide Pokok Bacaan

Ada sejumlah cara untuk menentukan ide pokok dari bacaan. Berikut penjelasannya.

1. Carilah pernyataan tesis.

2. Carilah kalimat pembuka yang menarik perhatianmu sebagai pembaca.

3. Baca ulang kalimat pertama dan terakhir.

4. Carilah gagasan yang diulang terus-menerus.

4. Eksplorasi apa yang dilakukan tokoh yang dibicarakan dan konflik yang mereka hadapi.

5. Baca ulang fakta, statistik, atau narasi tertentu yang spesifik.

6. Rangkum dalam satu kalimat utuh.

kelas bahasa asing Lister
kelas bahasa asing Lister