Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Yuk Kenali 3 Guru Inspiratif yang Mengubah Dunia

guru

Selamat hari guru nasional untuk para pahlawan tanpa tanda jasa di dunia ini!

“Orang hebat bisa melahirkan beberapa karya bermutu, tetapi guru yang bermutu bisa melahirkan ribuan orang hebat.”

Tanggal 25 November 2021 ini diperingati sebagai Hari Guru Nasional di Indonesia. Hari dimana kita mengenang perjuangan para guru dalam memberikan ilmu, mengajarkan, dan mendidik murid yang kini menjadi seseorang yang hebat di luar sana.

Dimana-mana guru merupakan sebuah pekerjaan yang dianggap sebagai pekerjaan yang mulia karena menentukan masa depan sebuah bangsa. Berikut ini merupakan daftar tiga guru inspiratif yang dianggap telah berkontribusi mengubah dunia. Siapa saja?

guru inspiratif

Hanan Al Hroub, seorang wanita yang berprofesi sebagai guru dan menjadi pemenang Global Teacher Prize 2016 ini berjasa mengajar anak-anak di kampung pengungsi Deheishe, sebelah selatan kota Bethlehem, Palestina. Ia dengan penuh cinta tidak hanya mengajarkan mata pelajaran sains namun juga pendidikan karakter dan motivasi. Hanan mengembangkan sistem pendidikan bahwa belajar di kelas itu menyenangkan, tak membosankan, penuh warna, dan interaktif. Selain itu, menurutnya, belajar adalah sarana bermain yang santai namun serius.

image 7

Sosok Hanan Al Hroub telah membuka mata dunia akan kondisi pengungsian dan kebutuhan pendidikan yang menyenangkan untuk menghapus trauma di antara anak-anak korban perang di Palestina. Hanan Al Hroub sendiri adalah inspirasi banyak orang untuk lebih peduli terhadap pendidikan bagi anak-anak pengungsi korban perang ataupun bencana alam.

Tokoh guru yang kedua adalah Albert Einstein. Beliau adalah seorang ilmuwan dan guru fisika, juga seorang penulis yang kepopulerannya melampaui semua ilmuwan dalam sejarah. Begitu populernya Einstein hingga namanya sendiri dianggap bersinonim dengan kata kecerdasan atau bahkan jenius. Luar biasa banget ya!

image 8

Pemikiran-pemikiran Einstein tentang relativitas umum dan relativitas khusus telah mengubah pandangan dunia. Ia juga dikenal karena teorinya tentang merevolusi mekanika kuantum, mekanika statistik dan kosmologi. Teori-teori fisika Einstein tersebut terus ia kembangkan dan terus mempengaruhi pandangan dunia dalam banyak hal.

image 9

Tokoh guru ketiga yang tidak kalah inspiratif dan bijak adalah Aristoteles. Pernah mendengar namanya? Yap! Aristoteles adalah seorang filsuf dari Yunani dan merupakan murid dari Plato. Ia mengajar banyak hal seperti fisika, puisi, teater, musik, logika, politik, biologi, dan zoologi. Salah satu muridnya yang terkenal adalah Aleksander Agung, seorang pemimpin Makedonia yang menaklukkan Yunani dan Persia.

Masih banyak guru-guru lain yang juga inspiratif dan mempunyai pengaruh di dunia pendidikan ataupun bidang lain lho. Yuk tingkatkan semangat untuk mengikuti jejak hebat mereka!