Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Yuk Kenalan Dulu Sama Jurusan Sastra Jerman

jurusan sastra Jerman

Kamu tertarik belajar sastra Jerman tapi masih clueless apa yang akan dipelajari? Terkadang banyak stigma negatif terhadap jurusan sastra yang dinilai tidak memiliki prospek masa depan yang menjanjikan seperti halnya ilmu keuangan yang merupakan salah satu jurusan lahan basah.

Jangan berlama-lama galau! Lister sudah merangkum jawaban untuk mengatasi kegalauan kamu dalam memilih jurusan. Artikel ini akan membahas seluk beluk jurusan sastra Jerman, universitas terbaik dengan jurusan sastra Jerman, dan prospek kerja lulusan sastra Jerman. Semoga membantu ya!

Belajar bahasa asing Lister
Belajar bahasa asing Lister

Jurusan Sastra Jerman

Jurusan Sastra Jerman adalah sebuah bidang ilmu yang fokus mempelajari kompetensi utama di bidang kebahasaan Jerman, sastra, budaya, penerjemahan, serta kompetensi pendukung di bidang pariwisata, diplomasi, kajian budaya, dan kewirausahaannya. Hal yang menjadi titik utama pembelajaran adalah tata bahasa.

Mata Kuliah Sastra Jerman

Beberapa mata kuliah di jurusan sastra Jerman kurang lebih mencakup hal-hal berikut ini:

  • Bahasa Jerman
  • Pengetahuan Kebudayaan Jerman 
  • PerkembanganKesusasteraanJerman
  • Pengantar Filsafat dan Pemikiran Modern
  • Dasar-dasar Teori dan Metode Penelitian Kebudayaan
  • Menulis dan Berbicara Bahasa Jerman
  • Fonetik dan Fonologi Jerman
  • Modernisasi Jerman
  • Kebudayaan Indonesia
  • Telaah Teks Bahasa Jerman
  • Bahasa Jerman dalam Konteks Pengajaran
  • Manusia dan Masyarakat Indonesia
  • Morfologi dan Sintaksis Jerman
  • Budaya Jerman Kontemporer
  • Semantik dan Pragmatik Jerman
  • Sastra Urban Jerman
  • Budaya Urban di Jerman

Gelar Sarjana Sastra Jerman

Subyek yang dipelajari dalam program studi Sastra Jerman adalah Bahasa Jerman itu sendiri, dari mendengarkan, membaca, menulis, dan berbicara. Setelah itu para mahasiswa mempelajari ilmu bahasa atau linguistik, sastra, dan penerjemahan. Lulusan Sastra Jerman, kelak akan bergelar Sarjana Humaniora (S.Hum.) atau Sarjana Sastra (S.S.) sesuai dengan kebijakan dari perguruan tinggi masing-masing.

bahasa Jerman

Prospek Kerja Sastra Jerman

Coba tanyakan pada dirimu sendiri, apakah bekerja di perusahaan asing atau dalam lingkup internasional adalah impian kamu? Jika iya, memilih jurusan sastra Jerman adalah pilihan yang sangat tepat!

Pasalnya, lulusan Sastra Jerman memiliki peluang untuk berkarier di perusahaan-perusahaan Jerman di Indonesia. Walaupun tidak menutup kemungkinan untuk bekerja di bidang lain. Berikut referensi profesi yang umumnya ditekuni para lulusan Sastra Jerman.

Editor

Bekerja sebagai editor adalah profesi yang cocok utnuk kamu yang suka membaca. Editor bisa juga menjadi proofreader yang bertugas mereview dan memberikan feedback tulisan. Tulisan yang diedit dan dibaca pun tidak terbatas hanya Bahasa Jerman saja, lho

Dengan ilmu sastra dan linguistik yang dipelajari semasa kuliah, kamu sudah memiliki dasar-dasar yang cukup kuat mengenai penulisan. 

Translator / Interpreter

Profesi selanjutnya adalah menjadi seorang penerjemah bahasa. Jika kamu nyaman bekerja dengan tulisan, translator adalah profesi yang tepat. Kamu bisa menerjemahkan artikel, buku fiksi, dan nonfiksi, atau bisa juga dokumen-dokumen penting seperti akta kelahiran. Biasanya perusahaan juga membutuhkan seorang penerjemah tulisan seperti itu.

Ingin menjadi penerjemah di Lister?

Tour Guide

Profesi tour guide cocok untuk kamu yang tinggal di area pariwisata dan tidak suka bekerja kantoran. Untuk menjadi tour guide, kamu harus memiliki kombinasi kemampuan ini:

  •  kemampuan bahasa yang mumpuni (bahasa Indonesia dan asing)
  •  pengetahuan akan tempat-tempat historis, budaya, dan sejarah lokal
  •  kemampuan komunikasi yang baik.

Selain Bahasa Jerman, kamu bisa mencoba mempelajari bahasa lain untuk perbincangan sehari-hari dengan para turis. Kemampuan bahasa asing meningkat, peluang mendapatkan tambahan penghasilan juga semakin meningkat!

Content Creator

Profesi content creator adalah profesi yang sedang hype di era ini. Pasalnya banyak perusahaan baik skala menengah maupun nasional sudah menyadari adanya persaingan di bidang digital marketing. Seorang content creator tentu sangat dibutuhkan untuk mengkomunikasikan brand perusahaan kepada target audience-nya.

Setelah lulus dari sastra Jerman, kamu bisa memilih menjalani profesi content creator, lho. Profesi ini dapat dijalani baik mandiri maupun bergabung di perusahaan. Tentu ilmu sastra Jerman sebagai backrgound kamu akan sangat membantu karier kamu ke depannya, meski kamu tetap harus mempelajari ilmu-ilmu lain di dunia kerja.

Konten-konten yang dibuat bisa dikaitkan dengan jurusanmu (atau tidak pun tak masalah), seperti misalkan video belajar tata bahasa Jerman dasar, perbincangan sehari-hari, budaya Jerman, dan masih banyak lagi.

Tertarik menjadi content creator Bahasa Jerman mandiri atau in-house, pilihan ada di tangan kamu!

Techincal Writer/Content Writer

Jurusan sastra umumnya diajari menelaah karya-karya seperti puisi, cerpen, dan karya sastra lain.

Meskipun begitu, sebenarnya ketika kuliah, mahasiswa sastra juga tetap mempelajari cara penulisan ilmiah juga dalam mata kuliah Academic Writing

Kombinasi antara karya sastra dan penulisan ilmiah bisa jadi nilai lebih untuk kandidat yang ingin menjadi content writer. Terlebih jika memang passion kamu ada di bidang itu. Jangan ragu lagi ya!

Kedutaan Besar

Apakah kamu ingin bekerja di kantor Kedutaan Besar (Kedubes) Jerman? Dengan bekal kelimuan di bidang sastra Jerman, profesi tersebut cocok buat kamu. Kamu bisa bekerja sebagai konsulat, diplomat, staff, atau posisi lain yang membutuhkan keahlianmu. Dibandingkan dengan kandidat lain, tentu lulusan sastra Jerman memiliki nilai lebih.

Namun, untuk menempati posisi di Kedubes, tentu saja kamu membutuhkan pengetahuan mendalam di bidang politik luar negeri dan hubungan internasional.

Guru/Tutor

Prospek kerja sastra Jerman selanjutnya adalah menjadi seorang guru/tutor di sebuah lembaga bahasa ataupun universitas. Profesi ini cocok untuk kamu yang memiliki jiwa sosial atau jiwa pengajar. Kamu bisa memilih untuk menekuni profesi guru di tingkat sekolah dasar, menengah, atau perguruan tinggi.

Kalau kamu berminat menjadi tutor online bahasa Jerman, kamu bisa mendaftar di Lister lho. Daftar di sini: Daftar Tutor Lister