Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Webinar Nasional Lister X UNIB “Internet & Digital Economy Impact”

Webinar digital business

Dalam menyongsong canggihnya dunia digital dan perkembangan internet, bisnis pun dituntut untuk mengikuti perkembangan yang ada. Dalam hal ini, peluang yang terbuka lebar harus dimanfaatkan dengan baik. Untuk menjawab peluang ini, salah satunya adalah terselenggarakan acara webinar nasional dari Universitas Bengkulu yang bertema “Optimalisasi Ekonomi Digital dengan Mewujudkan Pertumbuhan Ekonomi yang Berkelanjutan” . Salah satu narasumbernya adalah Sigit Arifianto, CEO Lister yang membawakan materi tentang “Internet & Digital Economy Impact”.

Work space business media concept Free Photo

Profil Sigit Arifianto

Sigit Arifianto adalah seorang Founder dan CEO dari Lister, sebuah platform pendidikan sebagai solusi pembelajaran bahasa satu atap yang berfokus pada penyediaan pengalaman belajar bahasa yang berkualitas tinggi dan disesuaikan untuk membantu pekerja profesional mencapai impian profesional mereka.

Sigit telah diakui oleh LinkedIn sebagai A LinkedIn Power Profile 2017 & 2018, sebagai salah satu pemasar digital teratas di Indonesia. Dia memiliki pengetahuan yang mendalam dan pengalaman kerja praktis yang kuat untuk memberikan kampanye pemasaran digital yang sukses menggunakan pendekatan omni-channel dengan SEO, Google Adwords, dan Pemasaran Media Sosial. Dia bekerja dengan Google Indonesia untuk Program Pelatihan mereka.

Ia juga sangat berkomitmen terhadap pendidikan dan kegiatan sosial. Salah satu pengalaman yang menonjol adalah perannya sebagai Fasilitator Pengembangan Pendidikan untuk Indonesia Mengajar di Pegunungan Bintang Wilayah Papua, daerah Perbatasan antara Indonesia dan PNG selama 2016-2017.

image 1

4 Tips Membangun Bisnis

Dalam sesi webinar “Internet & Digital Economy Impact” , Sigit juga berbagi mengenai 4 tips membangun bisnis di era digital, diantaranya adalah:

Analisis Market: Arahkan orang-orang di pasar sasaran melalui visi. Pertimbangkan umpan balik mereka dan cari polanya.

Analisis Kompetitor: Perusahaan apa yang menggunakan model bisnis serupa, dan bagaimana mereka menyusun perusahaan dan layanan mereka?

Mulai manfaatkan jejaring sosial: kamu dapat membangun pengikut tanpa mengeluarkan uang

Networking: Pergi keluar dan bertemu pengusaha lain.

3 Tips Membangun Karir

Fleksibel menerima perubahan

Dalam menyongsong dunia yang semakin canggih, sikap fleksibel dan mampu beradaptasi dengan perubahan sangat penting dimiliki. Kita tidak boleh membatasi peluang dengan berasumsi tentang di mana pekerjaan terbaik berada atau di mana inovasi paling banyak terjadi. Sigit berasal dari jurusan Akuntansi dan memulai karir pertamanya sebagai PwC yang kemudian memberi pengalaman hebat dan bimbingan yang bermanfaat saat Sigit mulai meluncurkan bsinis baru dan mendorong transformasi digital perusahaannya.

Be Curious:

Tips yang kedua adalah menerima tantangan dan perluas perspektif. Sigit setelah beberapa tahun memulai karir di PwC, ditawari kesempatan untuk bekerja di luar negeri. Pada akhirnya, kesempatan itu pun akhirnya memberi pengalaman dan pelajaran yang sangat berharga pada hidup Sigit. Ada banyak skill yang kemudian dipelajari seperti mempelajari budaya baru, bahasa asing, bertemu banyak orang dari luar negeri yang memberi pengalaman yang tidak terlupakan. Meskipun, untuk mendapatkan sesuatu yang baru harus mengorbankan banyak hal seperti meninggalkan keluarga, teman, saudara dan segala sesuatu yang sebelumnya dekat dengan kita.

Tidak Takut
Jangan biarkan ketakutan menghalangi langkah untuk terus mencoba hal-hal baru.

Pentingnya Soft Skill di Dunia Digital

Keterampilan teknis saja tidak akan cukup untuk mencapai kesuksesan karir di era digital. Ada banyak hal yang menjadi poin penting dalam dunia digital seperti; ketahanan, kekuatan batin, pemikiran strategis, dan semangat kolaboratif—dan kemampuan pola pikir digital.

  • Komunikasi
  • Organisasi
  • Kerja tim
  • Berpikir kritis
  • Keterampilan sosial
  • kepribadian yang ramah
Belajar bahasa asing Lister
Belajar bahasa asing Lister