Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Unsur Ekstrinsik Cerpen Beserta Contohnya

cerpen bahasa inggris

Unsur ekstrinsik cerpen adalah berbagai unsur yang membentuk cerpen di luar cerita itu sendiri, seperti latar belakang pengarang, latar sosial budaya pengarang, bahkan latar waktu hingga keadaan tempat terjadinya. cerita terletak cerita pendek.

240 F 109327643 lVV3rEWidfd47id9Zpc1llkLzmh7tCNV

Macam-Macam Unsur Ektrinsik Cerpen

Lain denganunsur intrinsik cerpen yg berada dalam cerita, unsur ekstrinsik cerpen terdapat di luar cerpen.

Unsur ekstrinsik cerpen meliputi:

1. Latar Belakang Masyarakat

Latar belakang warga merupakan alasan atau faktor yang mempengaruhi dasar penulis dalam membuat karangan cerita. Misalnya, ideologi negara, syarat politik pada negeri, syarat sosial & ekonomi.

2. Latar belakang penulis yang terdiri dari:

a. Riwayat hidup dari penulis

Isinya merupakan semua riwayat hidup penulis. Lantaran pengalaman hidupnya, berakibat mempengaruhi mindsetnya dalam membuat cerpen. Terkadang faktor-faktor ini memang mensugesti gaya mereka dalam membuat sebuah karya.

b. Kondisi psikologis

Kondisi psikologis merupakan motivasi penulis saat menulis sebuah cerita. Suasana hati atau psikologi pengarang mensugesti apa yang terdapat pada cerita mereka, contohnya bila mereka senang, mereka pun bisa menciptakan cerita yang murung atau senang .

c. Aliran sastra penulis

Aliran sastra adalah kepercayaan penulis dalam menghayati sebuah genre sastra yg sama sekali berbeda. Ini sangat berpengaruh terhadap gaya penulisan dan aliran cerita yang umumnya dibawa sang penulis pada karya-karyanya.

3. Nilai yang ada dalam cerpen

Nilai adalah bagian menurut unsur ekstrinsik cerpen yang mampu kita ambil sehabis membacanya. Ada beberapa nilai yang ada, misalnya nilai agama, sosial, moral & budaya.

Analisis Unsur Ekstrinsik Cerpen

Perhatikan contoh kutipan cerpen bahasa Indonesia di bawah ini!

208824519

Star In the Class

Kalian bisa memanggilku dengan nama Egi dan jangan pernah bertanya aq kelas berapa. Di sekolahku sendiri aku termasuk anak yang terkenal. Ini bukan termasuk menyombongkan diri ya teman-teman. Aku ini terkenal karena memang sikapku yang baik hati dan juga tampan.

Di sekolah aku juga punya beberapa sahabat setia dan kami juga membuat geng dengan sebutan star in the class. Geng kami selalu bersama dalam hal kebaikan. Dari segi prestasi jangan pernah tanya ya, kami selalu mengikuti event dan selalu menang.

Kami suka dengan keributan tetapi bukan orang yang suka ngeributin sehingga banyak orang yang tidak suka dengan kami. Kami selalu ingat dengan kata pak guru, murid yang ribut pasti pintar. Tetapi lihat dulu bentuk keributannya.

Oh iya, nama teman-teman dalam gengku adalah Doni, Eko, Feri, Taufik dan juga Anang. Kami dipertemukan dalam klub voli di sekolah. Semua guru dan juga teman-teman yang lain pasti senang ketika kami tampil. Meskipun kami bukan anak-anak yang pintar, apalagi jenius, tetapi kami punya prinsip pintar dalam bidang yang berbeda-beda.

Aku sendiri dibina langsung oleh guru favorit kami. Namanya pak Handy. Tanpa beliau mungkin kami hanya sekelompok anak-anak yang malas sekolah, nakal dan juga perokok. Kami masih ingat dengan apa yang dikatakan oleh pak Handy. Beliau berkata: “Prestasi itu tidak harus rangking di kelas.Orang tidak suka matematika juga bisa sukse dengan cara melakukan apa yang disukai dengan sepenuh hati dan berhenti melakukan kejahatan.”

Kami terus menerus dimotivasi oleh pak Handy walaupun mood kami suka naik turun. Kami akan selalu mengingat pak handy. Karena beliaulah kami bisa menjadi star in the class dan sekolah pun menjadi terkenal karena keberadaan kami di tim voli.

Inilah cerita tentang kehidupan dan perjalanan sekolahku. Kita bisa berteman dengan siapapun tetapi harus tetap menjadi diri sendiri.

Nilai moral:

Sikap percaya diri adalah hal yang harus selalu ditanamkan pada diri sendiri. Dengan percaya diri maka kemampuan diri sendiri akan meningkat.

Percaya diri penting untuk ditanamkan kepada setiap orang karena setiap kita selalu punya kelebihan dan ciri khas yang patut dibanggakan.

Pelajari juga artikel tentang cerpen bahasa Inggris di sini.

Academic English
Academic English

Referensi:

freepik.com