Trik Memperkaya Vocabulary, Kosa Kata Dalam Bahasa Inggris

Trik Memperkaya Vocabulary, Kosa Kata Dalam Bahasa Inggris

https://lister.co.id/ Vocabulary artinya adalah kosa kata. Dan seperti dalam setiap Bahasa, semakin banyak kosa kata yang kita ketahui, semakin beragam juga kata yang bisa kita gunakan. Kita bisa semakin mengerti banyak perkataan Bahasa Inggris, dan semakin mahir berbicara Bahasa Inggris. Walaupun penting dan merupakan dasar belajar Bahasa Inggris, mempelajari Vocabulary bukanlah hal yang mudah. Kita harus menghapal dan membiasakan diri dengan kata-kata yang belum tentu sering kita gunakan dalam kegiatan sehari-hari.

Lalu bagaimana cara menambah perbendaharaan kata Bahasa Inggris kita? Di bawah ini ada beberapa trik yang bisa kalian terapkan untuk belajar:

  1. Banyak membaca

Membaca selain bisa dijadikan hiburan, juga bisa dijadikan sarana belajar. Dengan banyak membaca kalian bisa “bertemu” dengan banyak kata baru. Jenis bacaannya juga bisa kalian sesuaikan dengan kesukaan kalian bisa novel, koran, atau artikel-artikel ringan. Jenis novel yang bisa dipilih pun ada banyak, novel romance, misteri, atau horror.

Selain menambah vocabulary, membaca juga melatih kita mempelajari berbagai jenis grammar dan struktur kalimat. Untuk ini kalian sebaiknya banyak membaca dari berbagai sumber. Membiasakan diri membaca teks berbahasa Inggris juga bisa menyiapkan kalian untuk mengerjakan soal-soal uji kemampuan Reading (membaca) di tes sertifikasi seperti TOEFL dan IELTS.

  • Banyak menulis

Trik kedua adalah banyak menulis. Menulis adalah bentuk praktik setelah kita banyak membaca. Kita bisa mencoba mengaplikasikan struktur penyusunan kalimat dan grammar yang pernah kita baca. Tidak perlu menulis sesuatu yang rumit, tulis saja sesuai dengan kesukaan kalian. Kalian bisa mencoba menulis cerpen, artikel, atau bahkan jurnal dalam Bahasa Inggris.

Setelah banyak membaca dan menulis, lama kelamaan kalian akan dapat merasakan kalimat-kalimat kalian terasa lebih hidup dan beragam. Itu karena sudah semakin banyak kata yang kalian tahu dan gunakan. Sekarang juga banyak aplikasi di internet yang bisa mengecek grammar atau pilihan kata. Kalian bisa menggunakannya untuk mengetahui berbagai jenis kata pilihan lain yang bisa kalian gunakan.

  • Rajin buka kamus

Trik ini bisa kalian gunakan saat sedang membaca. Jika kalian tiba-tiba menemukan kata sulit yang tidak kalian mengerti, langsung cari arti kata tersebut di kamus. Dengan begini vocabulary kalian akan bertambah sedikit demi sedikit.

Jadikan membuka kamus sebagai kebiasaan, kalau bisa coba download aplikasi kamus di handphone kalian. Sehingga nanti kalau di jalan atau sedang menonton tv menemukan kata baru, kalian bisa langsung mencari artinya dan menyimpannya di ingatan. Jika kita paham arti dan contoh penggunaannya, akan lebih mudah untuk menghapal kata-kata tersebut.

baca juga

  • Berlatih membuat kalimat dan mengucapkannya

Selain belajar cara penulisannya, sebaliknya kalian juga sekalian belajar pronunciation atau teknik pengucapannya. Kalian bisa berlatih menggunakan aplikasi atau berlatih dengan membuat kalimat dan mengucapkannya. Cobalah berpikir atau berbicara dengan diri sendiri dalam Bahasa Inggris. Kalian akan merasakan perasaan yang berbeda. Karang cerita yang bisa menggunakan kata-kata yang sudah pernah kalian pelajari. Jika kalian berlatih setiap hari kalian akan cepat mahir.

Buat target misalnya satu kata satu hari. Hapalkan kata itu dan buatlah beberapa kalimat yang menggunakan kata itu. Kalian akan lebih cepat menghapalnya.

  • Main games

Ya, main games! Ada satu games atau permainan terkenal yang menguji koleksi vocabulary kita, Scrabble. Scrabble sekarang ini ada berbagai macam, baik yang tradisional atau yang melalui handphone dan internet. Kalian bisa memilih sesuai kesukaan kalian. Kalian bisa memainkan permainan ini di waktu senggang kalian, dan tanpa sadar kosa kata yang kalian tahu akan bertambah banyak. Selamat belajar!