Trik Berlatih Berbicara (Speaking) Bahasa Inggris

https://lister.co.id/ Apakah kalian merasa terpanggil dengan judul di atas? Jangan berkecil hati dulu, tidak punya teman di sini maksudnya adalah tidak punya teman yang mau diajak praktek berbicara Bahasa Inggris, karena belum tentu semua orang mau kan?

Speaking merupakan salah satu indicator penguasaan Bahasa Inggris yang baik. Karena tidak ada gunanya kemampuan membaca dan menulis Bahasa Inggris tapi tidak bisa diajak bicara dalam Bahasa Inggris. Lalu bagaimana solusinya jika kalian malu dan tidak punya teman latihan? Di bawah ini adalah beberap trik yang bisa kalian lakukan untuk berlatih kemampuan Speaking sendiri tanpa perlu partner bicara:

  1. Berbicaralah sambil belajar

Pada saat kalian sedang belajar sendiri, cobalah untuk baca materi kalian dengan suara keras, entah itu dalam bentuk teks atau latihan soal. Kalian juga bisa menambahkan dengan menyuarakan pikiran kalian saat memecahkan soal tersebut dalam Bahasa Inggris. Walaupun akan terlihat aneh kalau tiba-tiba ada yang melihat, cara ini bisa sangat berguna untuk melatih teknik pengucapan (pronunciation) kalian. Selain itu kalian juga jadi bisa menyadari jika ada beberapa kekurangan kalian seperti kata-kata mana yang kalian tidak tahu cara pengucapannya atau kata-kata mana yang ternyata selama ini kalian ucapkan dengan cara yang salah.

  • Rekam perkataan kalian sendiri

Terkadang walaupun sudah berbicara sendiri, tetap saja kalian tidak yakin bagaimana suara kalian akan terdengar. Jika begini, kalian bisa merekam perkataan kalian sendiri, entah itu saat kalian sedang membaca teks atau mengucapkan kata-kata yang sulit. Dengan cara ini kalian jadi bisa lebih menyadari jika ada yang salah dari teknik pengucapan kalian. Perhatikan juga teknik pengucapan tiap hurufnya yang mungkin agak berbeda dari Bahasa Indonesia yang biasanya kita gunakan.

  • Cari teman bicara

Eh katanya ini postingan untuk yang tidak punya teman latihan? Tenang, teman bicara ini tidak harus berwujud manusia lain. Jangan takut dulu, kalian bisa menggunakan boneka atau juga cermin untuk berbicara dengan diri kalian sendiri. Dengan melihat cermin, kalian jadi bisa melihat ekspresi kalian dan bentuk mulut kalian saat berbicara dalam Bahasa Inggris. Prakteklah menggunakan teks percakapan sungguhan supaya lebih efektif. Ekspresi sangat diperlukan untuk menunjang komunikasi, dan bentuk mulut juga bisa mendukung teknik pengucapan, sehingga gunakanlah trik ini dengan baik untuk meningkatkan kemampuan kalian.

  • Lebih banyak mendengar

Teknik berbicara dan mendengarkan sebenarnya memiliki kaitan yang erat. Banyak mendengar dalam Bahasa Inggris bisa membantu kalian berbicara Bahasa Inggris, begitupun sebaliknya. Karena itulah coba isi hari-hari kalian dengan banyak mendengarkan Bahasa Inggris, bisa dari musik, film,radio, ataupun televisi. Jika tidak punya waktu kalian bisa mendengarkannya sambil makan atau sambil menunggu transportasi umum di halte.

  • Coba tantangan baru

Cobalah buat tantangan baru untuk diri kalian setiap hari, sehingga walaupun tidak punya teman latihan, kalian tetap bisa praktek walaupun dengan orang yang tidak kalian kenal. Kalian mungkin bisa memesan makanan atau minuman melalui telepon menggunakan Bahasa Inggris, atau menanyakan tentang informasi atau barang tertentu di toko menggunakan Bahasa Inggris. Mungkin agak sulit jika kalian berada di lingkungan yang tidak menggunakan Bahasa Inggris. Maka kalian harus pintar-pintar mencari lingkungan yang cocok untuk melaksanakan tantangan ini.

baca juga

  • Pamerlah

Ini adalah cara lain untuk praktek, pamerkanlah kemampuan Bahasa Inggris kalian. Tidak perlu takut salah atau malu, kalian bisa mulai dengan menulis status sosial media atau caption foto kalian dalam Bahasa Inggris, tidak perlu panjang-panjang. Dengan begini kalian bisa melatih kemampuan Bahasa Inggris kalian. Dan mungkin saja teman-teman kalian menyadari kalian sedang belajar Bahasa Inggris dan mengajak untuk belajar bersama.