TRAINING BAHASA INGGRIS UNTUK NGO

lister.co.id – Bahasa Inggris bermanfaat untuk melakukan komunikasi.  Banyak sektor  bidang yang menggunakan Bahasa Inggris, mulai dari pendidikan hingga Non Governmet Organization (NGO).  Seperti apa manfaaat Bahasa Inggris untuk Non Governmet Organization . Berikut adalah penjelasannya.

Apa Itu Non Government Organization (NGO)

Non Government Organization (NGO) dalam bahasa Indonesia adalah Lembaga Swadaya Masyarakat.  Non Government Organization  ini tidak terikat dengan Pemerintah, dan organisasi ini terbentuk atas keinginan diri sendiri.

Ada beberapa jenis Non Government Organizaation, yakni NGO Operasional dan juga NGO Advokasi.  NGO Operasional bertujuan untuk menggerakan sumber daya dalam bentuk keuangan, sedangkan NGO Advokasi bertujuan untuk mempengaruhi kesadaran dari masyarakat.

Manfaat Bahasa Inggris Bagi NGO

Selain bahasa Inggris berguna untuk Pendidikan dan Pemerintahan, Bahasa Inggris diperlukan bagi NGO. Berikut adalah manfaat Bahasa Inggris bagi NGO.

  1. Berguna Untuk Berdiskusi dan Memberi Masukan

NGO  berdiri atau terbentuk,  atas isu yang berkembang di masyarakat. Ada NGO yang  bergerak bidang  hukum, gender, dan lain sebagainya.  Setiap tahunnya, ada forum diskusi internasional yang kadang mengundang NGO. Inilah fungsi Bahasa Inggris bagi NGO.

Lewat diskusi menggunakan Bahasa Inggris,  NGO bisa mempengaruhi audience untuk menyikapi permasalahan yang ada di masyarakat.   Audience akan mengerti apa yang dikatakan oleh perwakilan NGO tersebut, sehingga bisa bersama sama mengatasi permasalahan yang terjadi di masyarakat.

  • Untuk Memberi Bantuan  Amal

Saat sebuah negara mengalami bencana alam atau musibah, NGO bergerak untuk memberi bantuan secara sukarela.  Ada berbagai negara yang juga memberi bantuan amal, sehingga NGO butuh orang yang bisa berbahasa Inggris.

Jika relawan dari sebuah NGO bisa berbahasa Inggris, tentu akan memudahkan mereka untuk berkomunikasi dengan relawan lain atau para korban.   Kamu dapat kursus lewat Lembaga Bahasa Inggris, agar kamu bisa berbahasa Inggris dengan lancar.

  • Memberi Informasi Lewat Pers

Saat NGO menyelenggarakan kegiatan amal atau bantuan pendidikan, Bahasa Inggris digunakan untuk memberi informasi lewat Pers. Kegiatan kegiatan yang dilakukan bisa diliput oleh pers, agar negara lain bisa mengetahuinya.

baca juga

Tips Lancar Bahasa Inggris Untuk Kamu Yang Mau Bekerja di NGO

  1. Latih Bahasa Inggris Kamu

Untuk kamu yang ingin bekerja di NGO atau Lembaga Swadaya Masyarakat, ada baiknya untuk melatih Bahasa Inggris kamu. Melatih baahsa Inggris dilakukan agar kamu bisa berkomunikasi, dengan masyarakat dari negara lain.

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk bisa berbahasa Inggris, mulai dari kursus sampai mempelajari Bahasa inggris lewat media lain.  Jangan takut untuk sering berbicara Bahasa Inggris, agar nantinya kamu bisa  fasih Berbahasa Inggris.

  •  Ambil Test Bahasa Inggris

Selain melatih Bahasa Inggris, kamu bisa test Bahasa Inggris kamu lewat IELTS atau TOEFL.  Test TOEFL atau IELTS ini digunakan,  untuk mengukur kemampuan Bahasa Inggris kamu. Sertifikat dari TOEFL atau IELS , bisa kamu gunakan untuk melamar di sebuah NGO Internasional.

  • Ikuti Kegiatan Yang Dilakukan Oleh NGO

Setelah belajar Bahasa Inggris dan test TOEFL , kamu bisa mengikuti kegiatan yang diselenggarakan NGO. NGO biasanya menyelenggarakan kegiatan amal  di negara lain, dan kadang mengikuti forum diskusi internasional. Dengan mengikuti kegiatan tersebut, kemampuan Bahasa Inggris kamu akan meningkat.

Demikian informasi mengenai training dan juga manfaat Bahasa Inggris untuk NGO.  Jika kamu suka dengan amal dan membantu negara lain lewat NGO, Bahasa Inggris adalah bahasa yang wajib kamu kuasai.