Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Tradisi Unik Idul Fitri di Berbagai Negara, Ternyata Seperti Ini …

lister.co.idHi fellas, penasaran seperti apa perayaan idul fitri di berbagai negara? Kalau kamu saat ini sedang tinggal di luar negeri untuk bekerja atau kuliah, pasti merasakan bagaimana tradisi unik idul fitri di setiap negara yang berbeda-beda.

Baca juga: Suka Duka Menjadi Interpreter, Mau Tau?

Lister sudah merangkum beberapa tradisi unik yang ada di negara-negara saat idul fitri, mulai dari Indonesia sampai India. Simak penjelasannya berikut ini!

Baca juga: Cerita Tutor: Begini Story Telling yang kuat dalam Motivational Letter

Indonesia

Beberapa tradisi unik dari perayaan hari Idul Fitri di Indonesia adalah dimulai dengan melakukan shalat Ied. Kemudian, dilanjutkan dengan berkumpul bersama keluarga atau halal bihalal.

Salah satu tradisi yang sangat ikonik saat lebaran adalah mudik, di mana orang-orang yang bekerja di luar kota kembali ke kampung halaman demi merayakan hari raya bersama keluarga. Tradisi Halal Bihalal juga menjadi tradisi di Indonesia saat dan sesudah lebaran, yaitu saling meminta maaf dengan orang-orang, termasuk teman, kolega, tetangga, dan keluarga.

Baca juga: Yuk Intip Biaya Kuliah di 5 Negara Destinasi Studi Populer Mahasiswa Indonesia

Turki

Di Turki, Hari Raya Idul Fitri dikenal sebagai Ramazan Bayram? (festival Ramadhan) atau eker Bayram? (festival makanan manis).

Orang-orang mengenakan baju baru yang mereka sebut sebagai bayraml?k dan saling menyelamati satu sama lain dengan “Bayram?n?z Mübarek Olsun” yang berarti “Semoga Bayram (Idul Fitri) Anda diberkati”.

Baca juga: Turki, Warisan Budaya Dunia dan Tujuan Kamu Kuliah Selanjutnya

India

Sebagai bagian dari persiapan Idul Fitri, para perempuan di India mengenakan Mehndi atau henna pada tangannya satu hari sebelumnya. Mehndi, pakaian yang meriah, perhiasan, dan gelang tradisional yang berwarna-warni adalah tradisi yang paling penting dari perayaan Idul Fitri bagi wanita di India. Di hari raya tersebut, rumah-rumah akan diterangi dengan cahaya yang mewah. Kemudian, juga tersaji hidangan khas yang meriah seperti biryani daging kambing dan hidangan penutup sheer khurma (puding bihun yang terbuat dari susu, kismis, dan daging cintang).

Baca juga: Saatnya Menguasai Bahasa Asing Bersama Lister!

Maldives

Perayaan Hari Raya Idul Fitri di Maldives atau Maladewa menyediakan berbagai makanan unik untuk setiap anggota rumah tangga dan orang-orang yang diundang.

Selain itu, menggunakan baju baru juga menjadi bagian dari tradisi dan semua orang akan disambut dengan mengatakan “Eid Mubarak” atau salam Idul Fitri lainnya. Pada malam hari, Hari Raya Idul Fitri di Maladewa biasanya dihabiskan dengan musik, menari, dan bentuk lainnya dari hiburan seperti Boduberu, yaitu lagu campuran tradisional khas Maladewa dan tarian untuk laki-laki dan perempuan.

Acara penting lain saat Idul Fitri adalah “Koadi Kendun”, sebuah permainan tradisional yang diikuti seluruh masyarakat dan “Maali Erun”, sebuah parade kostum dengan orang-orang yang mengenakan pakaian sebagai setan dan legenda.

Baca juga: Mau Kuliah di Belanda? Beberapa Beasiswa Ini Bisa Kamu Incar

Malasyia dan Singapura

Di Malaysia dan Singapura, laki-laki dan perempuan mengenakan pakaian tradisional, yaitu baju kurung. Menariknya, masyarakat non muslim di Malaysia juga biasanya turut mengenakan pakaian serupa untuk menghormati teman-teman atau keluarga muslim. Setiap keluarga akan terlihat harmonis dengan mengenakan pakaian dengan warna dan pola yang sama.

Baca juga: 10 Bahasa yang paling banyak digunakan di dunia

Uni Emirat Arab (UEA)

Hari pertama Idul Fitri di UAE biasanya dihabiskan dengan menghabiskan waktu dengan keluarga. Shalat Ied dilanjutkan dengan makan bersama di rumah kakek-nenek di mana keluarga besar akan berkumpul. Makanan tradisional umat muslim UAE saat Idul Fitri di antaranya adalah Harees (bubur gandum dan daging) dan Balaleet (mie bihun manis dengan telur dadar atau telur goreng).

Itulah beberapa tradisi unik saat hari raya idul fitri di beberapa negara yang bisa menambah wawasan kamu. Semoga bermanfaat ya!

Jangan lupa ikutan Berkah Ramadhan Lister! Daftar kelas sekarang, sudah hemat 15%! (Diperpanjang hingga 24 Mei 2021). Ups! Banyak Promonya, Yakin Mau Dianggurin? Ada promo Buy 1 Get 1 juga, fellas. Dapatkan FREE Class English for Job Interview, Bimbingan Beasiswa, IELTS Simulation Test, TOEFL IBT/ITP Simulation Test dengan mendaftar kelas Ultimate! Daftar: https://wa.me/+6285311708900 

Baca juga: