Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

TOEFL Simulation Test pt.1 – Contoh Soal TOEFL iBT

TOEFL

Lister.co.id – Di artikel yang sudah-sudah, beberapa pembahasan mengenai test preparation­-pun dirasa sudah sangat komprehensif.

Namun untuk menyelesaikan pembahasan mengenai artikel test preparation, akan ada satu pembahasan terakhir mengenai: ‘TOEFL Prediction Test’.

Namun dikarenakan materi ini terbilang cukup luas, maka pembahasan akan dibagi menjadi dua bagian (part). Maka artikel kali ini akan sangat pas jika memiliki judul: TOEFL Simulation Test pt.1.

Tepat di artikel test preparation yang lalu, telah dibahas mengenai IELTS dan simulasinya. Juga secara tersendiri telah dibahas pembahasan serta kiat-kiat menghadapi IELTS.

Nah, sekarang, akan didiskusikan mengenai simulasi dan contoh soal dari TOEFL. Meski begitu, bahasan TOEFL tidaklah akan cukup jika harus dihabiskan dalam satu artikel.

Tentu hal ini diperuntukkan bagi mereka yang berencana dan sedang mempersiapkan mengikuti ujian TOEFL. Maka dari itu, agar materi yang ada dapat disampaikan dengan lengkap, pastikan untuk membaca sambungan materi (part.2-nya) di artikel selanjutnya ya!

Sedikit mengenai TOEFL.

Tentu saja artikel ini (part.1) dan artikel depan (part.2) dimaksudkan untuk melengkapi beberapa artikel test preparation sebelumnya, yang mana sudah membahas mengenai jenis-jenis, karakteristik, dan spesifikasi dari beberapa bentuk serta varian TOEFL yang ada,

yaitu: IBT atau internet-based test dan ITP atau institutional testing program.

TOEFL sendiri, yang merupakan singkatan dari Test of English as Foreign Language, merupakan salah satu tes yang berguna untuk mengukur kompetensi dan pencapaian kemampuan kebahasaan, khususnya Bahasa Inggris sebagai bahasa asing.

Tes ini diisukan oleh lembaga swasta nirlaba yang bergerak pada bidang pengujian dan penilaian akademis terbesar didunia bernama Educational Testing System (ETS).

Jika dilihat pada laman web ETS, hingga saat ini ada dua jenis TOEFL yang tersedia. Jenis TOEFL ini sendiri sudah mengalami perubahan hingga akhirnya memiliki bentuk serta jenis seperti yang sekarang. Bentuk dan jenis tersebut dapat terlihat dengan bentuk sebagai berikut:

  • TOEFL Official

Adalah jenis tes TOEFL yang secara sistematika maupun pelaksanaannya di kelola oleh ETS secara langsung. Hingga saat ini, jenis media yang digunakan TOEFL-pun cukup beragam.

Ada yang menggunakan media komputer (computer-based test/CBT) – meski sekarang keberadaannya sudah ditiadakan dan dianggap tidak valid; maka tes itupun saat ini digantikan dengan keberadaan media internet (internet-based test/iBT); dan juga ada media kertas atau paper based-test (PBT) bagi tempat-tempat yang belum terjangkau teknologi.

TOEFL
  • TOEFL Institutional Testing Program (ITP)

TOEFL yang ini merupakan bentuk kerjasama ETS dengan berbagai lembaga serta institusi baik keilmuan ataupun kelembagaan diseluruh dunia.

Bentuk kerjasama ini dimaksudkan agar persebaran TOEFL sendiri dapat “merasuk” ketempat-tempat yang tidak atau belum dapat dijangkau oleh ETS. ETS akan memberikan izin pelaksanaan serta pengakuan naungan terhadap institusi atau lembaga yang bersangkutan sehingga mereka bisa melaksanakan tes TOEFL yang terstandar secara mandiri.

Khusus pada bagian part.1 ini, akan dibahas mengenai simulasi TOEFL iBT dan kelengkapannya.

Mengenai TOEFL iBT

Sama halnya dengan IELTS, TOEFL ini sendiri memiliki varian mata uji yang mengukur empat kemampuan seseorang dalam berbahasa, yaitu: membaca (reading), menyimak (listening), berbicara (speaking), dan menulis (writing).

Namun bedanya, keempat tes ini dilakukan didepan komputer yang disambungkan menggunakan akses internet. TOEFL percaya bahwa mereka tetap dapat melakukan tes secara kondusif menggunakan media ini. Untuk lebih rincinya dapat dilihat pada tabel berikut ini:

No.Mata UjiDeskripsiAlokasi waktuSkor
1.Reading3 sampai 4 paragraf, masing-masing terdiri dari 10 pertanyaan.54-72 menitMasing-masing mata uji akan memiliki jumlah skor 30, yang mana akan dijumlahkan menjadi 120.
2.Listening5 sampai 7 paragraf, masing-masing terdiri dari 5–6 pertanyaan.41-57 menit
3.BreakIstirahat.10 menit
4.Speaking4 kegiatan.17 menit
5.Writing2 kegiatan.50 menit

Contoh soal dan pembahasan TOEFL iBT.

Dan sekarang masuk kedalam pokok materi yaitu contoh soal dan pembahasan TOEFL iBT. Khusus pada kesempatan kali, soal yang akan dibahas hanya mengenai mata uji reading saja. Maka berikut ini contohnya:

Passage 1

Read about paragraph below and answer the questions.

The Guitar

If we talk about instruments, there are some musical instruments that most people in the world will recognize it. One of them is the guitar. Actually, what is it? A guitar is a kind of string instrument. This instrument utilizes six different strings. Each of them has various levels of thickness. They also represent a tune that will sound uniquely. They have a standard tuning pattern of E, A, D, G, B, E (lower).

To sounds it, there are various finger pressure combinations in some spot on its neck before it is picked or strummed. Here is the place where sound control occurred.

Nowadays, the guitar has many different types. Each type has its characteristic related to the sounds produced. They consist of acoustic, electric, semi-acoustic, and semi-electric guitar.

The acoustic and semi-acoustic guitars have eight-shaped bodies commonly made by wood. They are different from electric and semi-electric guitar, which has a smaller one and made of plastic also metal. For some people, the guitar can be the best choice. Then how about you?

  1. What is the main idea of the passage
  2. The guitar in general.
  3. The kinds of guitar.
  4. Guitar’s strings.
  5. A string instrument.
  • The phrase ‘it’ in “To sounds it,…” (line 9) refers to?
  • The strings.
  • The guitar.
  • The instrument.
  • The neck.
  • Which of the following is closest in meaning to the word “spot” in line 9?
  • Epicenter.
  • Wi-Fi.
  • Point.
  • Mark.
  • According to the passage, how many type of guitar do exist?
  • There are two classifications: acoustic and electric.
  • The guitar is divided based on their bodies, the bigger one and smaller one.
  • There are four guitar types, based on their shapes.
  • There are four types of guitar: acoustic and electric, and both of their semi.
  • Untuk soal nomor 1 membahas mengenai gitar, karena itu jawaban yang paling tepat adalah A.
  • Di soal nomor 2, kata “it” pada kalimat ke-9 mengacu pada cara membunyikan gitar. Hal ini dapat dilihat dari kata ganti (pronoun)-nya yang menggunakan kata ganti orang (benda) ketiga tunggal. Karena itu jawaban paling tepat adalah B.
  • Untuk soal nomor 3, merupakan soal yang menguji kemampuan kosakata (vocabulary) dan ketepatan konteks. Maka jawaban yang paling tepat adalah C, yang mana sinonim-nya merujuk pada konteks yang tepat. Jawaban D juga merupakan sinonim dari kata “spot” namun tidak memiliki konteks yang tepat. Karena itu, jangan sampai terkecoh.
  • Mengenai soal nomor 4, memerlukan kemampuan untuk menyerap informasi dari pargraf yang disediakan sekaligus menyimpulkannya. Jawaban yang paling tepat adalah D. Jawaban C hanya bersifat sebagai pengecoh, terlihat dari dasar pengklasifikasian gitar yang mana bukan berdasar pada bentuk tubuh gitarnya (melainkan dari suara yang dihasilkannya).

Dan itulah sedikit pembahasan mengenai TOEFL pt.1. Jenis soal yang diberikan pada TOEFL tidak terlalu memiliki varian yang beragam seperti halnya reading padaIELTS – dimana hanya menggunakan jenis pertanyaan pilihan ganda (multiple-choice) saja. Namun tingkat variasi-nya lebih ditekankan pada konteks dari pertanyaan tersebut.

Pastikan kita telah melakukan banyak latihan agar wawasan kita mengenai varian-varian soal yang ada menjadi lebih luas lagi, karena bukan tidak mungkin, varian diatas hanya sebagian contoh yang dapat muncul pada tes ini.

TOEFL Simulation Test pt.2 – Contoh Soal TOEFL ITP

Tentu saja seperti apa yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya, bahwa artikel kali ini akan menyambung artikel bagian (part) 1. Di artikel yang lalu, sudah di bahas mengenai varian soal TOEFL iBT khususnya mata uji membaca (reading).

Dan untuk melengkapi artikel tersebut, kali ini akan dibahas mengenai: Contoh Soal TOEFL ITP. Terkhusus bagi yang belum membaca artikel sebelumnya, jangan khawatir, karena artikel ini juga akan dirasa cukup tuntas untuk membahas varian TOEFL ITP.

Tentu saja pembahasan mengenai varian TOEFL ITP ini, harapannya akan sangat menginspirasi dan membantu para pembelajar Bahasa Inggris yang penasaran mengenai jenis-jenis soal TOEFL yang ada. Tentu akan sangat umum sekali di Indonesia untuk mengambil tes kompetensi bahasa yang satu ini, khususnya untuk berbagai kepentingan akademis.

Karena itulah akan dibahas nantinya beberapa jenis soal yang sering muncul pada TOEFL ITP serta pembahasannya guna memudahkan para pembelajar Bahasa Inggris tersebut.

Sedikit mengenai TOEFL ITP.

Di artikel kemarin kita juga sudah sedikit membahas mengenai TOEFL dan varian iBT-nya secara umum, karena itu pada artikel kali ini dirasa tidak perlu untuk membahas mengenai hal itu kembali – akan langsung difokuskan pada pembahasan mengenai TOEFL ITP saja. Lantas, apa itu TOEFL ITP?

Bagaimana spesifikasi pelaksanaan tes yang dimilikinya? Perbedaan apa yang dimiliki jenis soal TOEFL ITP dengan “saudaranya” TOEFL iBT? Bagaimana tips teknis yang diperlukan untuk menghadapi TOEFL ITP? Beberapa pertanyaan berikut akan terjawab pada artikel ini, so, stay tune terus ya!

Banyak yang mengatakan bahwa TOEFL ITP adalah sebuah legacy atau warisan dari era TOEFL yang masih mengedepankan media kertas atau paper-based test.

Sistem penilaian serta pengujian pada era ini-pun hanya menekankan pada aspek-aspek yang ‘bisa diujikan’ melalui kertas saja alih-alih guna menguji pencapaian serta kompetensi berbahasa, khususnya Bahasa Inggris sebagai bahasa asing, secara keseluruhan.

Sistem penskoran pada TOEFL-pun akan dikonversi kedalam skala ratusan, yaitu 310 hingga 677 poin. Dan untuk memudahkan dalam melihat spesifikasinya, dapat dilihat pada tabel berikut, yang mana juga pernah ditampilkan pada artikel mengenai TOEFL ITP sebelumnya:

No.Mata UjiDeskripsiAlokasi waktu
1.ListeningTerdiri dari 50 soal yang terbagi dalam 3 sesi berbeda.30-40 menit
2.Structure and
Written Expression
Terdiri dari 40 soal yang terbagi dalam 2 sesi berbeda.25 menit
3.Reading ComprehensionTerdiri dari 50 soal.55 menit

Contoh soal dan pembahasan TOEFL ITP.

Maka kita akan langsung saja memasuki pokok materi, yaitu contoh dan soal pembahasan mengenai TOEFL ITP, agar ruang yang tersedia cukup longgar. Contoh soal kali ini akan mencakup dua topik yaitu Reading Comprehension serta Structure and Written Expression. Dan berikut ini contoh soal beserta pembahasannya:

  1. Reading Comprehension

Passage 1

Read about paragraph below and answer the questions.

There are many musicians in the world. Some of them are guitar players. But there are just a few guitar players that can tune their instrument. Actually, how hard is the process of tuning instruments? Well, there are two ways to do it. The easiest way is by using a tuner. It is a device to determine the base tone – it is so simple.

The second one is much harder. It is relying on ear sensitivity, and this is the core of the discussion. Starting from the first string of the guitar, put your finger in the 5th fret of the B string.

Then, compare it with the open high E string and find harmony – and that is the duty of the ear. Next, for the second strings, press the 4th fret of the G string and find out the harmony again.

Finally, for the rest of them, such as G, D, A, and low E, you can use the method of the first one. So, that is all! Maybe you will confuse to do it at first, but if you still practice it continuously, it will as easy as pie. Try on!

  1. What is the most suitable title for the passage?
  2. Tuning a Guitar.
  3. The String Instrument.
  4. The Guitar and Its Strings.
  5. The Kind of Guitar Strings.
  • The word ‘it’ in “Then, compare it…” (line 11) refers to?
  • The 5th fret.
  • The B string.
  • The finger.
  • The guitar.
  • Which of the following is the opposite in meaning to the word “core” in line 9?
  • Skin
  • Layer
  • Surface
  • Outer
  • According to the passage, how can you tune the first string?
  • By using a tuner as the easiest way.
  • By comparing the B string with the certain fret-pressed G string
  • By using the manual way.
  • By comparing the high E string with the certain fret-pressed B string.
  • Structure and Written Expression
  1. I am so looking forward to his arrival because he promised me already since the first
      A                                           B                                  C
     day of his departure.

      D

  • Joko: “What is wrong, pal?”

Anto: “My phone, man; I forget where I … it.”

  1. had put
  2. have been putting
  3. have put
  4. am putting
  • “The mustang struck by thunder two days ago would have survived if the farmers had not forgotten herding it back to the barn.”

From the above sentence, we may conclude that …

  1. the mustang is dead.
    1. the mustang survived.
    1. it was not late to save the mustang.
    1. the mustang will be herd back to the barn.
  • “If she hadn’t told me first, I would have had a hard time in taking the best decision for the problem.”

This sentence means …

  1. I had not got any difficulties in taking the best decision.
    1. It was difficult to take decision although she had told me.
    1. I was fortunate to get no difficulties in taking decision.
    1. I took a decision before, but it was not the best.
  • Pembahasan
  • Reading Comprehension.
  • Untuk pertanyaan pertama, paragraf yang ada membahas mengenai cara menyetel gitar. Karena itu jawaban yang paling tepat adalah A.
  • Kata tersebut merujuk pada sesuatu yang ada di kalimat sebelumnya, yaitu senar B, karena itu jawaban yang paling tepat adalah B. Meski ketiga pilihan yang lain juga ikut disebutkan pada kalimat sebelumnya, mereka hanya bersifat sebagai pengecoh. Karena itu pastikan untuk memilih konteks yang tepat.
  • Disini kemampuan kosakata turut diuji dengan cara menentukan bentukan antonim yang paling sesuai konteks. Jawaban yang paling tepat adalah C karena kata “core” disini merujuk pada inti dari bahasan. Pilihan yang lain juga merujuk pada antonim dari kata inti, tetapi tidak sesuai dengan konteks yang dimaksud.
  • Pertanyaan ini menguji kemampuan dalam mencari dan menyimpulkan informasi yang berada pada paragraf. Jawaban yang pas adalah D, dimana cara untuk menyetel senar satu adalah dengan membandingkan senar tersebut dengan senar B yang ditekan pada fret ke-5.
  • Structure and Written Expression
  • Untuk jenis pertanyaan ini kita perlu memilih bentuk tatabahasa (grammar) yang salah, karena itu jawaban C adalah yang paling tepat, yang mana seharusnya jawaban yg benar adalah “has been promised”.
  • Pertanyaan kedua juga membicarakan mengenai struktur suatu percakapan. Jawaban yang benar adalah C.
  • Pertanyaan ini bermaksud untuk menguji pemahaman mengenai ekpresi-ekspresi tertulis. Kesimpulan dari kalimat itu adalah bahwa: anak kuda itu mati tersambar petir. Maka jawaban yang paling tepat adalah A.
  • Pertanyaan terakhir ini juga memiliki jenis yang sama dengan pertanyaan diatas. Jawaban yang disediakan dimaksudkan untuk menyiratkan ekspresi yg ada pada pertanyaan, karena itu pilihan yang paling tepat adalah C. Hal ini dikarenakan sang penutur, yang dilambangkan dengan subyek aku, merasa tidak menemui kesulitan dalam mengambil keputusan.

baca juga

Maka itulah pembahasan mengenai materi TOEFL ITP kali ini, sekaligus artikel terakhir pada kategori bahasan test preparation. Jangan lupa untuk baca juga artikel-artikel selanjutnya dan materi-materi test preparation yang sudah-sudah ya!

Jika kamu membutuhkan bimbingan TOEFL IBT Preparation, saat ini Lister sedang membuka kelas TOEFL IBT Preparation, loh. Yuk! Segera daftarkan dirimu dan miliki pengalaman belajar bersama pengajar profesional Lister! Daftar kelas di sini.