Tips Presentasi Dalam Bahasa Inggris

Tips Presentasi Dalam Bahasa Inggris

https://lister.co.id/ Kalian pasti pernah melakukan presentasi di depan umum, entah itu memperesentasikan ide, hasil kerja, atau suatu materi. Presentasi dalam Bahasa Indonesia saja sudah cukup sulit apalagi jika harus melakukan presentasi dalam Bahasa Inggris. Kita pasti memiliki ketakutan sendiri, takut hasil presentasi tidak tersampaikan dengan baik atau takut tidak dapat berbicara dengan lancar.

Presentasi dalam Bahasa Inggris memang membutuhkan beberapa tips khusus yang membedakannya dengan presentasi biasa. Di bawah ini adalah beberapa tips mudah yang bisa kalian terapkan:

  1. Perkenalkan Diri

Hal pertama yang dilakukan sebelum melakukan presentasi adalah memperkenalkan diri dan memberitahukan tujuan presentasi. Ini adalah saat-saat penting di mana kita bisa menangkap fokus semua penonton. Manfaatkan momen ini dengan memperkenalkan diri kalian dengan baik. Gunakan pilihan kata yang singkat namun jelas, dan perhatikan pengucapan dan volume suara kalian. Jangan sampai dari awal para penonton sudah tidak mengerti apa yang kalian katakan.

Kalian juga bisa mengatur mood ruangan pada saat ini. Tergantung pada kalian, apakah mau presentasi dengan santai atau formal. Sesuaikan mood dengan isi presentasi, sehingga dapat saling mendukung.

  • Buat Presentasi yang Baik

Presentasi yang baik memiliki banyak arti, tapi yang paling penting adalah menarik dan isinya mudah dimengerti. Presentasi kita harus mengandung keduanya. Dari segi menarik, kita bisa membuat presentasi kita dengan tema yang indah atau memberikan efek-efek dan konten tambahan yang menarik, seperti video atau gif. Jaman sekarang sudah ada banyak tema-tema untuk power point yang bisa kita dapatkan di internet. Kita tinggal memilih yang sesuai dengan presentasi kita. Tapi ingat, jangan berlebihan karena bisa jadi penonton akan lebih terfokus pada konten tambahan kita dibanding inti presentasi.

Dari segi isi, kita harus bisa membuat isi presentasi yang singkat, padat, dan jelas. Tujuan presentasi adalah merangkum hasil kerja atau ide kita menjadi sesuatu yang mudah dimengerti oleh orang lain. Jangan berbelit-belit dan tulis poin-poin yang penting. Selain itu juga jangan terlalu banyak memenuhi slide dengan tulisan, buat juga beberapa porsi untuk kalian jelaskan secara langsung.

Penggunaaan Bahasa Inggris yang baik juga penting dalam penyusunan isi. Jangan masukkan paragraf atau teks-teks panjang dalam presentasi kalian. Karena selain sulit untuk dibaca, juga bisa membuat penonton bosan. Persingkat paragraf dan teks-teks tersebut menjadi beberapa poin dengan struktur kalimat yang mudah dimengerti.

  • Jawab Pertanyaan dengan Jelas

Di akhir presentasi biasanya ada sesi tanya jawab. Dan sesi ini adalah sesi yang lebih menegangkan daripada presentasinya sendiri. Karena salah-salah kita tidak memahami pertanyaan yang diberikan atau tidak bisa menjawab pertanyaan dalam Bahasa Inggris dengan baik.

Disinilah fungsi penguasaan materi. Jika kita sudah menguasai materi kita dengan baik, dijamin kita bisa menjawab setiap pertanyaan yang ada. Ulangi penjelasan jika penanya terlihat masih tidak mengerti, dan ubah gaya Bahasa untuk dapat menjelaskan dengan baik.

Kepercayaan diri juga penting untuk dimanfaatkan dalam sesi ini. Apabila kita tidak paham pertanyaannya, kita bisa bertanya atau meminta penanya mengulanginya. Selipkan sedikit candaan supaya tidak tegang. Gunakan juga Bahasa tubuh dan ekspresi untuk membantu penjelasan.

baca juga

    • Banyak Latihan

    Ini adalah tips untuk sebelum melakukan presentasi. Banyak latihan membuat kita lebih terbiasa dengan teknik penjelasan dan isi presentasi kita. Selain itu, coba buat beberapa daftar pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan dan siapkan jawabannya. Jadi kalau pertanyaan tersebut muncul, kita bisa lebih siap. Dan ini juga bisa membantu kita untuk lebih menguasai materi.

    Terakhir, jangan lupa untuk melatih ekspresi wajah dan Bahasa tubuh. Jangan terlalu tegang, tapi jangan juga terlalu santai. Ingat jika presentasi ini adalah hasil kerja kita, jadi hanya kita yang lebih mengerti isinya. Mood ruangan dan penonton tergantung pada kita. Jadi percaya dirilah dan selesaikan presentasimu dengan baik.