Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Tips Mudah Belajar Bahasa Inggris Untuk Kaum Milenial

Program Lister – Wah acungkan tangan buat kalian yang termasuk generasi milenial! Generasi milenial bisa dibilang merupakan yang sedang berjuang keras pada tahun ini.

Karena di tengah pandemi dan berbagai tantangan zaman, mereka harus mulai menempuh pendidikan tinggi atau mencari pekerjaan. Salah satu kebutuhan mendesak yang dibutuhkan para kaum milenial adalah kemampuan berbahasa Inggris.

Sekarang ini banyak materi perkuliahan yang ditulis dalam Bahasa Inggris, dan hampir semua perusahaan mensyaratkan skor TOEFL atau IELTS tertentu sebagai bukti kemampuan Bahasa Inggris.

Lalu bagaimana cara mudah untuk bisa berbahasa Inggris dalam waktu singkat? Apakah harus duduk di kelas dan mengikuti kursus Bahasa Inggris formal?

Oh tentu saja tidak. Di zaman penuh teknologi seperti sekarang ada banyak sekali cara yang bisa kalian lakukan untuk belajar Bahasa Inggris secara asyik dan nyaman. Ini dia tips Bahasa Inggris yang bisa dicoba!

  • Daftar Kursus Bahasa Inggris Online

Jaman sekarang semuanya serba online. Bahkan sekolah dan kuliah saja online, kursus pun sekarang banyak yang beralih ke platform online. Keuntungannya adalah kalian bisa bebas memilih kursus yang sesuai dengan waktu dan kemampuan kalian.

Jangan malu untuk memulai dari tingkat dasar jika kalian belum paham. Saat berlangsungnya kursus juga jangan lupa untuk memperhatikan penjelasan guru dan mencatat informasi-informasi penting yang diberikan ya.

  • Gunakan Aplikasi Pada Smartphone

Smartphone adalah benda yang pasti dimiliki semua kaum milenial, dan selalu dibawa kemana-mana. Daripada hanya menggunakannya untuk hiburan, kalian juga bisa belajar melalui ponsel kalian, di mana saja dan kapan saja. Sekarang ini banyak sekali aplikasi untuk belajar Bahasa asing yang tersedia. Aplikasi-aplikasi tersebut juga memiliki metode belajar yang disesuaikan dengan pola hidup anak muda jaman sekarang, seperti menyediakan banyak gambar dan video yang menarik.

  • Belajar Melalui Games

Diharuskan untuk belajar, tapi ingin main games? Bagaimana kalau belajar sambil main games? Hal ini mudah untuk dilakukan lo. Jika kalian ingin belajar Bahasa Inggris, pilih game yang pengoperasiannya menggunakan Bahasa Inggris. Dengan main games setiap hari kalian tanpa sadar bisa menambah perbendaharaan kosa kata kalian. Supaya lebih mahir lagi, kalian bisa memilih games berbahasa Inggris yang mengandung jalur cerita. Dengan mencoba memahami jalur cerita dalam game tersebut kalian bisa belajar grammar dan menambah vocabulary sekaligus.

  • Baca Postingan Berbahasa Inggris di Sosmed

Tidak dipungkiri lagi,sosial media sudah menjadi bagian dari gaya hidup kaum milenial. Tapi sosial media juga bisa menjadi boomerang jika tidak digunakan dengan baik. Daripada mencari gosip, hoax, atau informasi tidak penting lainnya, kalian bisa memanfaatkan sosial media untuk belajar Bahasa Inggris. Cobalah berteman dengan akun-akun luar negeri atau akun-akun dalam negeri yang suka membuat postingan berbahasa Inggris. Sekarang ini banyak juga akun-akun yang memposting thread atau story berbahasa Inggris seputar informasi-informasi yang berguna. Kalian bisa mencari yang sesuai dengan kesukaan kalian dan mencoba membacanya. Selain mendapat ilmu baru kalian bisa juga menambah teman baru.

  • Menonton Video-Video di Youtube

Youtube merupakan salah platform media untuk berbagi video yang paling terkenal. Di sana kalian bisa menemukan berbagai jenis video, mulai dari video vlog sehari-hari, video belajar memasak, hingga video bersama binatang peliharaan. Nah, kalian bisa coba menonton video-video berbahasa Inggris untuk belajar. Selain dapat mengetahui penggunaan Bahasa Inggris untuk berkomunikasi secara langsung, kalian juga bisa belajar teknik pengucapannya. Atau kalian bisa menonton video berbahasa lain yang menggunakan subtitle Bahasa Inggris. Wah, bisa belajar dua bahasa sekaligus deh.

Intinya adalah, anggap saja belajar Bahasa Inggris ini sebagai rutinitas biasa. Tidak perlu butuh patokan atau deadline tertentu, kalian bisa melakukannya dengan santai dan nyaman. Sambil melakukan aktivitas-aktivitas favorit kalian, kalian tetap bisa menambah ilmu baru. Selamat belajar!