Tips Menyusun Jadwal Belajar Bahasa Inggris

https://lister.co.id/ Salah satu teknik belajar yang paling efektif di segala bidang adalah belajar secara rutin. Dengan membuat rutinitas setiap hari, otak menjadi terbiasa dan bisa lebih fokus. Bahkan tidak perlu langsung mempelajari banyak materi sekaligus, hanya perlu sedikit bagian materi yang rutin dipelajari setiap hari. Dengan menyusun jadwal belajar rutin yang baik, kalian juga bisa menyusun skala prioritas materi sesuai kebutuhan belajar kalian. Selain itu, kalian juga akan lebih mudah mengukur kemajuan dan perkembangan kemampuan kalian.

Walaupun banyak orang kelihatannya sudah tahu fakta ini, tetap saja tidak mudah untuk mempraktekkannya karena butuh niat dan tekad yang kuat untuk tetap konsisten. Ada juga beberapa orang yang sudah berniat tapi tidak tahu bagaimana cara menyusun jadwal belajar yang benar. Di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa kalian terapkan untuk mulai menyusun jadwal belajar Bahasa Inggris:

  1. Tentukan tujuan

Sebelum mulai belajar, kalian harus tahu dengan pasti tujuan kalian belajar Bahasa Inggris, apakah untuk keperluan pekerjaan, ujian di sekolah, mendaftar beasiswa, atau untuk persiapan bepergian ke luar negeri. Dengan mengetahui tujuan awal kalian belajar, kalian bisa lebih mudah menyusun materi belajar ke depannya.

  • Cari tahu gaya belajar

Setiap orang punya gaya belajar yang berbeda-beda. Ada yang lebih suka belajar teori melalui buku dan ada yang suka belajar melalui video, atau ada juga yang lebih suka belajar di pagi hari atau di malam hari. Kalian harus memastikan gaya belajar terbaik kalian sebelum mulai menyusun jadwal belajar. Jika sudah tahu, kalian harus menyusun jadwal belajar kalian sesuai gaya belajar tersebut, supaya sistem belajar kalian lebih efektif dan efisien.

  • Hitung waktu luang

Beberapa orang sebenarnya tidak punya terlalu banyak waktu untuk belajar Bahasa Inggris, entah itu karena pekerjaan, sekolah, atau karena alasan lain. Karena itulah kalian harus membuat perkiraan kasar berapa waktu yang bisa kalian sisihkan setiap hari untuk belajar Bahasa Inggris. Tidak perlu banyak waktu, mungkin cukup beberapa jam sebelum sarapan pagi atau beberapa jam sebelum tidur malam. Ingat, jangan sampai jadwal belajar ini mengganggu waktu istirahat kalian ya.

  • Buat rancangan awal

Rancangan awal jadwal belajar kalian ini akan bercabang dari tujuan belajar kalian. Misalkan tujuan belajar kalian adalah untuk mendapatkan skor TOEFL yang bagus untuk mendaftar beasiswa, bagi tujuan tersebut menjadi beberapa langkah. Misalnya bagi menjadi 4 aspek tes TOEFL, Reading, Listening, Speaking, dan Writing. Setelah itu kalian bisa mulai mencari materi-materi apa saja yang diperlukan untuk mengisi 4 aspek tersebut.

  • Bagi per hari

Buatlah jadwal belajar dalam seminggu di catatan kalian.Bagi menjadi per hari dan tulis rincian jam kegiatan kalian. Lalu kalian bisa mulai menyelipkan materi yang sudah kalian bagi sebelumnya ke dalam kegiatan harian kalian. Misalnya, untuk hari Senin waktu luangnya jam 9 – 10 pagi, bisa diisi dengan belajar beberapa contoh soal Reading, lalu untuk hari Selasa waktu luangnya jam 7 – 8 malam, bisa diisi dengan berlatih Listening, dst.

baca juga

  • Buat check-point

Check point diperlukan untuk mengukur sejauh mana kemajuan kalian dan apakah jadwal belajar kalian efektif atau tidak. Kalian bisa membuat check point dengan melakukan simulai ujian TOEFL sesuai tujuan awal kalian. Check point bisa ditentukan minimal 2 minggu setelah mulai belajar. Dengan begini, kalian jadi bisa mengevaluasi sistem belajar kalian dan memperbaikinya.