Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Tips Memperluas Relasi di Luar Negeri

tips mendapatkan relasi

Mendapatkan kesempatan sebagai mahasiswa internasional di sebuah universitas adalah hal yang berharga dan tidak semua orang mendapatkannya. Kesempatan emas yang harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Namun, bagaimana jika tak semua orang pandai bersosialisasi apalagi dengan orang asing?

grup mahasiswa

Alternatif Kegiatan Menjalin Relasi Baru

Kegiatan standar untuk menjalin relasi adalah dengan memanfaatkan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan tempat kerja. Namun,

Mengikuti berbagai acara kumpul-kumpul komunitas ataupun organisasi sesuai hobi (Indonesia Meetup Groups, sebuah platfom untuk menjalin relasi dengan berbagai orang sesuai dengan ketetarikan kamu). Platform itu bisa membantu kamu mencari teman-teman

Mengikuti kegiatan volunteering. Tidak perlu muluk-muluk, kerja bakti di kampung saja dan siskamling saja sudah bisa lumayan mendapatkan koneksi mengenal siapa saja orang di lingkungan kamu yang mungkin bisa membantu mendapatkan pekerjaan misalnya.

Mengikuti kursus/kelas yang belajarnya dalam grup di luar lingkaran pertemanan kamu (kursus bahasa dan kelas-kelas seni/program sosial waktu kuliah).

Menjadi Volunteer Pembicara

Dengan menjadi pembicara di sebuah event maka kesempatan untuk mengakses informasi tentang industri, para peserta yang datang dan potensial yang bermanfaat untuk perkembangan karir atau bisnis nantinya.

relasi

Kegiatan sebagai volunteer dan pembicara menunjukkan sinyal bahwa kamu sangat passionate di bidang tersebut dan punya kompetensi dan ini membuat kamu lebih menarik untuk diajak bicara.

Memperlakukan relasi dengan baik sebagai bentuk investasi di masa depan. Jika kamu menginginkan relasi yang berkualitas, jadilah partner yang berbobot. Bicarakan hal-hal yang mendorong kemajuan satu sama lain.

Memiliki relasi yang luas namun tidak saling membantu mewujudkan tujuan dan cita-cita, apa gunanya? Relasi yang luas sekaligus bisa berkontribusi untuk tumbuh bersama adalah fokus yang harus dipertimbangkan. Hal ini agar relasi yang dijalin semakin berkualitas.

Selamat mencoba!