Tips Memilih Tempat Kursus Bahasa Asing Online

bagaimana kalau ingin mengikuti kursus atau pelatihan online ? Jika kalian sedang mengalami kegalauan seperti ini, tenang saja, karena masih ada alternatif lain. Ya, mengikuti kursus atau pelatihan secara online.

Dengan keadaan pandemi yang masih tidak menentu ini, dunia pun mulai beradaptasi dengan banyak memindahkan kegiatan offline menjadi online, termasuk juga kursus. Ada banyak sekali jenis kursus online dari berbagai penyelenggara yang bisa kalian pilih di internet untuk mengisi waktu luang, ada kursus bengkel las listrik , kursus pemrograman, kursus memasak, dan tentunya kursus Bahasa asing. Penguasaan Bahasa asing penting untuk bisa bersaing di dunia kerja jaman sekarang, sehingga kursus Bahasa asing online akan sangat membantu bagi yang ingin mencari kerja atau yang ingin mempersiapkan diri ke dunia kerja. Di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa kalian terapkan dalam memilih tempat kursus Bahasa asing online:

  1. Sesuaikan dengan gaya belajar

Semua orang memiliki gaya belajar andalannya masing-masing, dan salah satu keuntungan dari kursus online adalah kalian bisa memanfaatkannya sesuai dengan gaya belajar kalian. Buatlah sedemikian rupa sehingga diri kalian merasa nyaman dan bisa menyerap ilmu dengan maksimal. Misalkan, jika kalian lebih suka mendengarkan guru menjelaskan, kalian bisa mencari kursus dengan metode video call atau yang menyediakan video guru menjelaskan. Jika kalian lebih memilih video yang berwarna-warni dengan animasi, kalian juga bisa mencarinya di internet. Sesuaikan juga waktu pembelajaran dengan waktu belajar maksimal kalian, kalian bisa menonton video kursus di malam hari atau di pagi hari.

  • Lihat review tempat kursus

Di website tempat kursus Bahasa asing, kalian biasanya bisa melihat review dan testimoni dari murid-muridnya. Dari situ kalian bisa melihat image tempat kursus dari sudut pandang murid, kalian juga bisa melihat konsistensi dan komitmen tempat kursus tersebut. Jika masih kurang yakin kalian bisa bertanya pada teman kalian tempat kursus mana yang bagus.

  • Cari keuntungan yang akan didapatkan

Cari tahu apakah di akhir kursus nanti murid akan mendapatkan keuntungan tertentu atau tidak. Biasanya ada tempat kursus yang menawarkan sertifikat pelatihan. Sertifikat ini jika berasal dari lembaga yang bereputasi bisa berguna dan ditambahkan ke dalam CV. Ada juga beberapa tempat kursus yang menawarkan tes sertifikasi Bahasa di akhir kursus, seperti misalnya tes TOEFL atau IELTS. Kalian bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan kalian.

  • Pertimbangkan biaya

Biaya yang ditawarkan kursus online biasanya tidak semahal offline, tapi tetap saja berlaku “ada harga ada kualitas”. Mungkin ada beberapa tempat kursus yang mematok harga lebih mahal, tapi kalian juga harus melihat program yang ditawarkan. Karena biasanya yang lebih mahal itu menawarkan beberapa kelebihan, misalnya pada guru yang mengajar, materi yang diajarkan, atau sertifikat yang bisa didapat. Kalian harus pintar-pintar membandingkan harga dan program pembelajaran dari berbagai tempat kursus, cari yang memberikan keuntungan yang sepadan dengan harganya.

baca juga

Kursus online memiliki banyak keuntungan dibandingkan dengan offline, seperti waktu dan metode belajarnya yang lebih fleksibel, lalu juga medianya yang lebih praktis karena menggunakan handphone atau laptop. Jika kalian bisa memanfaatkan kursus online ini dengan baik, walaupun tidak bertemu secara tatap muka langsung di kelas, kalian tetap akan bisa menguasai Bahasa asing dengan baik.