Tips memilih musik yang efektif sebagai materi belajar bahasa Inggris

Tips memilih musik yang efektif sebagai materi belajar bahasa Inggris

Lirik lagu bahasa Inggris yang anda pilih harus dapat diakses

Ada banyak lagu berbahasa Inggris terutama lagu lagu lawas dan indie yang anda tidak dapat mengakses lirik lagu tersebut. Tujuan dari mengakses lirik lagu ini agar anda dapat mencetak lirik tersebut untuk diri anda pribadi maupun untuk anda bagikan kepada murid murid anda. Sehingga baik anda ataupun murid murid anda dapat mendengarkan lagu yang anda putar sembari menyimak lirik lagu tersebut.

Dengan lirik yang tercetak, anda juga bisa meminta murid murid anda mencari arti lirik tersebut dikamus dan ketika mereka menemukan arti tersebut mereka dapat secara langsung menuliskannya di kertas lirik yang telah anda bagikan.

  • Pilihlah lagu bahasa Inggris dengan tempo yang tidak terlalu cepat

Jika anda memilih lagu dengan tempo dan pengucapan yang cepat bisa jadi anda dan murid murid anda akan susah menangkap apa yang dibicarakan oleh sang penyanyi. Sehingga pembelajaran menggunakan medium musik akan menjadi kurang efektif dan efisien, Contoh lagu yang menurut penulis terlalu cepat dan tidak cocok untuk belajar bahasa Inggris bagi pemula adalah lagu Shape of You dri Ed Sheeran atau lagu lagu rapp.

  • Hindari untuk memilih lagu lagu indie (kurang populer)

Karena umumnya lagu lagu yang popular menggunakan bahasa Inggris sehari hari dengan dialek yang standard/ umum. Sebenarnya tidak masalah jika anda memainkan lagu lagu berbahasa Inggris dari musisi indie. Namun pastikan aksen yang mereka gunakan adalah aksen yang umum anda dengarkan dan lirik lagu tersebut tidak terlalu sulit untuk dipahami.

  • Pilihlah lagu berbahasa Inggris yang sesuai dengan kemampuan

Jika anda atau murid anda adalah seorang pemula, mungkin anda bisa memainkan lagu lagu bertempo lambat dan lirik yang repetitif sehingga lebih mudah dicerna dan diingat. Lalu pilihlah lagu dengan tempo yang agak cepat dan modulasi nada yang agak rumit apabila level bahasa Inggris anda dilevel menengah dan seterusnya. Jangan lupa pastikan lagu lagu tersebut mengandung kosa kata yang anda pelajari sebelumnya dan kosa kata baru sehingga kemampuan anda lebih berkembang.

baca juga

https://lister.co.id/bahasa-slank-inggris-di-amerika/

Lagu lagu rekomendasi untuk belajar bahasa Inggris bagi pemula

Berikut ini daftar lagu berbahasa Inggris yang menurut penulis cocok untuk digunakan belajar bahasa Inggris oleh pemula:

  1. Weird Genius-Lathi

Meskipun lagu ini bukan berasal dari Negara penutur asli bahasa Inggris seperti UK, Amerika atau Australia lagu ini menggunakan bahasa Inggris. Bahasa Inggris yang ada dalam lagu ini juga merupakan bahasa Inggris percakapan sehari hari dan repetitif sehingga mudah dipelajari. Terlebih Sara Fajira menyanyikan lagu ini dengan artikulasi yang jelas dan aksen Indonesia yang kental sehingga lebih memudahkan anda dan para pemula lainnya untuk belajar bahasa Inggris.

  • Lenka- Trouble is a Friend

Apabila sekarang anda berusia lebih dari 18 tahun, mungkin anda masih mengingat lagu yang pernah popular di Indonesia pada tahun 2009-2010 ini. Selain enak didengar dan repetitif, salah satu alasan mengapa lagu ini cocok untuk dipakai sebagai bahan ajar bahasa Inggris untuk pemula adalah temponya yang lambat. Makna lagu ini juga cukup dalam dan bisa dikaji lebih lanjut.

  • Bruno Mars-Lazy Song

Dalam lagu ini terdapat berbagai idiom dan kata kata slang yang umum digunakan sebagai kosa kata dalam percakapan sehari hari. Tempo lagu ini juga tidak terlalu cepat dan Bruno Mars menyanyikannya dengan artikulasi yang jelas. Tetapi anda perlu hati hati karena lagu ini tidak cocok untuk orang orang dengan klasifikasi tertentu.

baca juga

  • Jason Mraz-I’m Yours

Sama seperti halnya lagu Lazy Song dari Bruno Mars, banyak idiom idiom didalam lirik lagu ini. Untung saja, Jason Mraz membuat lagu ini dengan tempo yang lambat dan artikulasi yang jelas sehingga anda sebagai orang yang belajar bahasa Inggris dapat berlatih menggunakan lagu ini.

Empat lagu diatas adalah lagu lagu yang penulis rekomendasikan secara pribadi. Apabila anda telah mendengarkan lagu lagu tersebut dan ingin rekomendasi lagu yang lain, anda bisa mencari referensi secara mandiri melalui yutube.Sebab kini banyak pengajar bahasa Inggris yang membagikan rekomendasinya di youtube dan bahkan membedah lagu lagu yang menuru mereka menarik untuk dipelajari. Selamat Mencoba!