Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Tips Lolos JLPT (Japanese Language Proficiency Test)

bahasa asing di Lister

 Untuk mewujudkan mimpi kuliah ke Jepang, beberapa syarat harus kamu penuhi salah satunya JLPT atau Japanese Language Proficiency Test. Tes ini digunakan untuk mengukur kelancaran seseorang dalam bahasa Jepang. Jadi, tes ini sangat penting bahkan jika kamu ingin mendaftar beasiswa kuliah di Jepang. dibutuhkan sertifikasi JLPT level tertentu.

JLPT sendiri memiliki 5 tingkat ujian dan cara belajar untuk tiap tingkat bisa berbeda satu sama lain karena tingkat kesulitan yang berbeda. Kali ini kita akan membahas cara menghadapi tes JLPT N4 dari nol sampai lolos!

archie's weird mysteries test GIF by Archie Comics

Tips yang Bisa Kamu Lakukan

  • Hafal Hiragana, Katakana, dan beberapa kanji yang biasa muncul di tes JLPT N4 dan lebih bagus lagi N3. Walaupun JLPT tidak mengharuskan kamu untuk menulis hiragana/katakana/kanji, sebaiknya kamu berlatih dengan mencoba menulis kata-kata dalam hiragana/katakana/kanji karena menulis 2 kali menghafal.
  • Belajar 文法 (grammar) yang muncul di tes JLPT N4. Alangkah lebih baik lagi jika belajar juga dari N3 karena kadang-kadang ada soal kejutan yang memakai grammar N3.
  • Belajar menggunakan aplikasi flash card untuk menghafal kata atau kalimat dan usahakan belajar setiap hari .
  • Mengerjakan latihan-latihan soal JLPT.
  • Jika kamu suka menyanyi lagu-lagu jepang, cobalah mendengar lagu sambil membaca lirik lagu tersebut.
  • Nonton video youtube jepang yang biasanya menyertakan subtitle baik bahasa Indonesia atau Inggris ataupun Jepang.
  • Jangan meremehkan salah satu bagian tes baik dari 文字(vocabulary), 文法( grammar), 読解(reading), ataupun 聴解(listening). karena apabila nilai kamu dibawah standar kelulusan di salah satu bagian walaupun bagian lain sempurna kamu tetap tidak lulus.

Tes JLPT N1 terbagi atas:

  1. Moji+Goi (kosakata + huruf kanji)
  2. Bunpou (tata bahasa)
  3. Dokkai (membaca)
  4. Choukai (mendengar)

Choukai

Untuk choukai, kamu bisa menonton film atau anime Jepang, sambil memahami artinya (cobalah hindari memakai subtitle)Biasakan telinga untuk menangkap kata lebih cepat karena choukai N1 termasuk cepat, meski tidak secepat dialog di film/anime.

Moji + Goi (Kosakata + Huruf Kanji)

Hafalkan dan terus hafalkan. Buat catatan kecil. Bagian depan untuk kanji dan bagian belakangnya cara membaca dan artinya. Diulang terus sampai melekat di otak. Kosakata yang dikeluarkan di N1 biasanya ada banyak kanji yang keluar beruntun, bergandeng 4. Hafalkan kanji dan pasangannya lebih banyak lagi.

Bunpou (Tata Bahasa)

Yang satu ini cukup melelahkan. Tata bahasa N1 itu kebanyakan bahasa koran dan jarang sekali dipakai di kehidupan sehari-hari (percakapan). Jangan lupa terus menghafalkan pola perubahan bentuk kata kerjanya.

Dokkai (Membaca)

Untuk dokkai, harus dibiasakan membaca panjang. Membaca dan mencari intinya. Membaca apapun dalam bahasa Jepang, menjelajah Quora Jepang mungkin bisa menjadi alternatif. Tak apa jika tidak bisa membaca kanjinya, setidaknya pahami artinya.

Demikian informasi strategi lolos JLPT yang bisa kamu coba terapkan, semoga bermanfaat!