Tips dan Trik Mengerjakan Soal Ujian TOPIK Supaya Mendapat Nilai Tinggi

Tips dan Trik Mengerjakan Soal Ujian TOPIK Supaya Mendapat Nilai Tinggi

lister.co.id – TOPIK atau Test of Proficiency in Korean adalah sebuah tes yang dijadikan standar untuk mengukur kemampuan Bahasa Korea bagi warga non-Korea. Setifikat hasil tes TOPIK ini nantinya dapat digunakan untuk pendaftaran Universitas, pengurusan visa kerja di perusahaan lokal, pembuatan lisensi untuk doktor berkualifikasi, pendaftaran aplikasi tes kualifikasi untuk mengajar Bahasa Korea, pengajuan ijin tinggal tetap, dll. Bagi yang akan menempuh pendidikan atau melamar pekerjaan di Korea Selatan, nilai skor TOPIK ini tentunya menjadi sangat penting.

Ada dua level tes yang bisa diambil, TOPIK I yang ditujukkan untuk pemula dan TOPIK II yang ditujukkan untuk tingkat menengah dan tinggi. TOPIK I terdiri dari level 1 & 2, dan memiliki dua aspek yang diujikan yaitu Reading (membaca) dan Listening (mendengarkan). Sedangkan TOPIK II terdiri dari level 3 sampai dengan 6 dengan aspek yang diujikan meliputi Reading (membaca), Listening (mendengarkan), dan Writing (menulis).

Berikut ini adalah beberapa tips dan trik yang bisa kalian terapkan untuk memudahkan kalian mengerjakan soal-soal ujian TOPIK:

  1. Jawab semua pertanyaan

Sistem penilaian akhir ujian TOPIK menerapkan aturan tidak akan mengurangi nilai jawaban yang salah, Jadi untuk tipe ujian seperti ini, sebaiknya kalian menjawab semua pertanyaan yang diberikan. Jikalau memang tidak tahu jawabannya, jawab saja yang menurut kalian paling benar atau jawab secara acak. Siapa tahu jawaban kalian itu adalah benar.

Selain itu juga jangan membuang-buang waktu kalian pada pertanyaan-pertanyaan sulit. Jika kalian menemukan pertanyaan yang tidak bisa kalian pahami dalam sekali baca, lebih baik lewati saja dan lanjut ke soal lain. Tapi jangan lupa untuk menandai soal sulit tersebut, jadi kalian bisa memikirkannya kembali setelah selesai.

  • Hati-hati membaca pilihan jawaban

Soal ujian TOPIK terkenal dengan pilihan jawabannya yang menjebak. Dalam satu soal, pilihan jawaban yang disediakan biasanya mirip-mirip, atau bahkan semuanya mungkin saja benar. Oleh karena itu, kalian harus ekstra hati-hati saat membaca pilihan jawaban, Perhatikan setiap hurufnya dengan seksama dan pilih jawaban yang paling benar.

  • Perhatikan setiap instruksi soal yang diberikan

Instruksi yang diberikan untuk setiap soal bisa saja berbeda. Sehingga jangan lupa untuk membaca dan memahami dengan benar instruksi yang diberikan sebelum mulai mengerjakan soal. Terutama untuk soal memilih jawaban atau pernyataan yang benar atau salah. Perhatikan baik-baik apakah instruksi soalnya adalah untuk menandai jawaban yang salah atau yang benar.

  • Fokus pada siapa yang berbicara

Pada sesi Listening, biasanya akan diberikan contoh rekaman orang yang sedang bercakap-cakap. Untuk membedakan biasanya yang berbicara adalah laki-laki dan perempuan. Sebelum rekaman diputar, perhatikan soal yang diberikan. Jika soal seputar pembicaraan si laki-laki, kalian harus lebih memperhatikan apa yang pihak laki-laki katakan, begitupun sebaliknya. Hal ini untuk menghindari kalian fokus kepada keseluruhan pembicaraan tapi malah lupa apa yang mereka katakan saat akan menjawab soal. 

  • Gunakan kalimat formal dan perhatikan struktur esai

Bagi yang mengambil ujian TOPIK II, akan dihadapkan dengan sesi Writing (menulis). Biasanya peserta akan diharuskan membuat esai berbahasa Korea. Pastikan untuk menulis esai kalian dalam Bahasa Korea formal, perhatikan juga akhiran setiap kalimatnya. Jangan sampai kalian melakukan kesalahan dengan menggunakan Bahasa non-formal atau bahkan mencampurkan kedua jenis Bahasa tersebut dalam satu esai.

Selain itu perhatikan juga struktur karangan esai kalian. Usahakan esai kalian terdiri dari bagian pembuka, isi, dan penutup atau kesimpulan. Apabila waktu sudah habis padahal kalian belum selesai, pastikan untuk memberikan kesimpulan di akhir. Dengan begitu esai kalian bisa terlihat utuh dan baik.

baca juga

  • Jangan hilang fokus pada bagian Reading

Tetap menjaga fokus dan konsentrasi pada bagian Reading adalah hal yang sulit bagi setiap peserta. Dihadapkan dengan teks panjang dalam tulisan Hangeul pasti bisa membuat mengantuk atau hilang fokus. Bahkan terkadang pikiran sudah tidak mau diajak fokus karena sudah tidak memahami maksud teks-nya.

Untuk mengatasinya, kalian bisa menggunakan teknik membaca cepat. Tidak perlu mengartikan setiap kalimatnya, kalian hanya perlu mengingat-ingat kata-kata penting dan memahami isi teks secara keseluruhan. Nanti jika bertemu soal sulit, kalian bisa mencari lagi kata kunci soal di dalam teks. Atau bisa juga kalian menggunakan teknik membaca soal dulu baru membaca teks-nya.