“Tips Belajar Bahasa Asing Untuk Pemula”

“Tips Belajar Bahasa Asing Untuk Pemula”

lister.co.id – Semasa pandemi seperti ini banyak sekali hal-hal bermanfaat yang bisa kalian pelajari selama di rumah. Salah satunya adalah mempelajari Bahasa baru. Memang Bahasa internasional paling umum adalah Bahasa inggris, tapi tidak ada salahnya mempelajari Bahasa-bahasa asing lain. Seperti misalnya Bahasa perancis, jerman, arab, atau cina.

Awalnya mungkin sulit, karena kita akan banyak menemukan kosa kata baru yang tidak pernah kita gunakan sebelumnya. Selain itu kita juga belum tentu bisa mempraktikkan penggunaan Bahasa tersebut di kehidupan sehari-hari, jadi tidak ada kesempatan untuk praktik langsung. Jika hanya belajar secara teori, kita bisa jadi tidak tahu bagaimana pengucapannya yang benar, atau apakah ada intonasi tertentu yang diperlukan.

Berikut ada beberapa tips yang bisa diterapkan untuk mempelajari Bahasa asing bagi pemula:

  1. Mencari Guru

Jika ada guru memang proses belajar bisa jadi jauh lebih mudah. Dan akan lebih baik lagi jika gurunya adalah orang asli dari negara yang bahasanya ingin dikuasai. Sehingga jika ada pertanyaan bisa langsung dijawab dengan jawaban yang terpercaya. Selain itu bisa juga dijadikan sebagai teman untuk praktik mengobrol.

  • Mendengarkan Lagu dan Menonton Film

Ini adalah cara mudah dan umum untuk mempelajari Bahasa asing. Dari lagu, selain bisa menghibur diri kita juga bisa mempelajari Bahasa dari lagu tersebut dengan cara mencari arti terjemahannya. Film pun begitu, dengan menggunakan subtitle kita bisa mengetahui secara langsung beberapa kosakata dan kalimat yang diucapkan oleh para aktor dan aktris. Selain itu, kita juga jadi bisa mengetahui pengucapan atau pronunciation yang tepat

  • Membaca Artikel-artikel

Artikel biasanya menggunakan Bahasa-bahasa yang resmi dan formal sehingga cocok dijadikan bahan pembelajaran. Kalian bisa mulai mencari artikel-artikel dari web atau bahkan koran.

Ada berbagai macam artikel yang bisa kalian pelajari, artikel pengetahuan umum, artikel berita, hingga artikel berisi kabar-kabar dunia hiburan. Jika kalian berhasil membaca artikel-artikel tersebut dan memahami artinya tanpa memerlukan aplikasi penerjemah dan sejenisnya, berarti kalian bisa dikatakan sudah menguasai dasar dari Bahasa tersebut

  • Belajar Menerjemahkan dan Membuat Kalimat

Kalian bisa mulai dengan latihan menerjemahkan kosakata-kosakata yang kalian temukan, lalu lanjut ke kalimat-kalimat, dan akhirnya kalian bisa belajar menerjemahkan beberapa paragraf.

Selain menerjemahkan, membuat kalimat juga bisa dijadikan metode latihan. Apalagi jika kalian selama ini terbiasa hanya mempelajari kosakata-kosakata singkat yang terpisah-pisah. Dengan membuat kalimat kalian bisa berlatih untuk menyampaikan maksud kalian dengan terstruktur baik dalam bentuk tulisan maupun lisan

  • Jangan Terlalu Terfokus pada Grammar

Grammar memang penting, terutama dalam hal membentuk struktur kalimat. Tapi ada kalanya grammar tidak terlalu perlu untuk digunakan, terutama pada saat berbicara.

Jika tujuan kalian mempelajari atau kursus Bahasa asing adalah untuk keperluan sertifikasi memang kalian harus belajar grammar dengan baik. Tetapi jika keperluan kalian adalah untuk bisa berkomunikasi dengan lancar, mungkin kalian bisa mengesampingkan dulu untuk mempelajari grammar. Kalian cukup mempelajari grammar-grammar dan tata kalimat umum yang biasa digunakan sehari-hari.

  • Membuat Buku Catatan Khusus

Ini adalah tips yang sangat berguna. Buku catatan ini bisa kalian isi dengan berbagai terjemahan kosakata yang pernah kalian pelajari, contoh kalimat-kalimat singkat, hingga lirik lagu yang kalian gunakan untuk belajar, Dengan menulis dan menyimpan semuanya dalam satu tempat, akan mudah jika nantinya kalian lupa

  • Konsisten

Yang terakhir tapi tidak kalah penting adalah konsisten. Konsistensi adalah hal terpenting dalam setiap proses pembelajaran. Belajar sedikit demi sedikit tapi rutin telah terbukti efektif untuk memahami Bahasa baru. Kalian bisa mulai dengan menjadwalkan sedikit waktu luang kalian setiap hari untuk belajar. Jika sudah niat untuk belajar, pasti nanti hasilnya akan terlihat. Semoga berhasil!