The Recap #5: Step by Step Belajar Bahasa Asing Secara Otodidak

The Recap #5: Step by Step Belajar Bahasa Asing Secara Otodidak

lister.co.id – Pada hari Minggu lalu, Lister mengadakan event webinar Lister Talk bertema step by step belajar bahasa asing secara otodidak bersama kak Galang Widiono (Polyglot Indonesia dan tutor bahasa asing di Lister). Simak rangkuman penjelasannya berikut ini!

Baca juga: Belajar 10 Bahasa Asing Ini, Bikin Kamu Jadi Pribadi Menarik Lho..

Manfaat Belajar Bahasa Asing

Dalam dunia modern seperti sekarang, dunia global menjadikan bahasa asing sebagai salah satu hal yang penting dalam hal berkomunikasi. Dengan menguasai bahasa asing, maka kamu juga dapat dikatakan menguasai dunia. Seperti yang sudah dijelaskan pada webinar lalu. Ada beberapa manfaat belajar bahasa asing.

“If you to talk to a man in a language he understands, that goes to his head. If you talk to him in his language, that goes to his heart.”

Nelson Mandela

Meningkatkan pengetahuan akan ruang lingkup global

Dengan menguasai bahasa asing, ini akan membantu kamu untuk mengetahui apa yang terjadi di dunia global. Di luar sana, jutaan hal terjadi tanpa kita sadari atau ketahui. Menguasai bahasa asing membuat kamu mampu berkomunikasi dan mengerti berita yang datang dari setiap penjuru dunia.

Belajar Bahasa Asing
Source: giphy

Step by Step Belajar Bahasa Asing

  • Learn by heart: knowing yourself
  • Attend a beginner’s course, if you have not done so
  • Set your own target
  • Approach learning with effective and creative ways
  • Create your own language – learning journal
  • Find your partner
  • Practice makes perfect & improvements
  • Just speak up

Problem yang Dihadapi oleh Pemula

Setiap orang bisa belajar bahasa dan ketika kamu memiliki niat untuk mencoba, ini sudah menjadi langkah awal yang baik. Jika kamu merasa kesulitan belajar bahasa asing, kemungkinan besar kamu hanya sedang menghadapi suatu kendala. Dengan metode yang tepat, kamu bisa menghadapi kendala tersebut.

Baca juga: 8 Manfaat Belajar Bahasa Asing

Beberapa problem yang dihadapi oleh pemula pada saat mempelajari bahasa asing adalah seperti:

  • Takut Gagal

Ketakutan belajar bahasa bisa menjadi salah satu hambatan yang menghalangimu. Jika kamu merasa takut menerapkan kemampuan bahasamu, bisa-bisa kamu kehilangan kesempatan latihan yang berharga.

  • Metode yang salah

Jadi jika kamu tiba-tiba mulai belajar bahasa tanpa mempertimbangkan strategi, kamu bisa jadi memilih metode yang kurang tepat yang akhirnya malah menghambat proses belajar. Untuk mengetahui metode mana yang tepat untukmu, kamu bisa mencoba berbagai metode dan menilai mana yang paling cocok untukmu.

  • Tidak Terarah dan Tanpa Target

Tanpa target, kamu tidak memiliki arah. Tanpa arah, akan sulit untuk mengalami kemajuan. Tanpa target, kamu mungkin bisa menambah sejumlah kosakata tapi akan sulit untuk benar-benar menguasainya.

Misalnya, mempelajari dan berlatih 15 kosakata baru setiap harinya menggunakan metode yang tepat. Kemudian mempelajari tata bahasanya selama 20 menit setiap harinya. Apapun langkah dan targetmu, coba untuk sespesifik mungkin agar kamu bisa menilai kemajuanmu sendiri.

Itulah The Recap dari Lister Talk yang telah diadakan pada akhir Mei lalu. Untuk kamu yang berminat belajar bahasa asing bersama tutor expert, langsung saja daftar di sini.

Baca juga: