Tes Sertifikasi Bahasa Mandarin

Tes Sertifikasi Bahasa Mandarin

Liser.co.id – Setiap Bahasa asing, terutama yang memiliki banyak pengguna asing di dunia, pasti memiliki ujian sertifikasi tersendiri untuk membuktikan kemampuan berbahasa para non-penutur asli. Termasuk juga dalam Bahasa Mandarin yang memiliki YCT, HSK, dan BCT.

Mengenal Jenis-jenis Tes Sertifikasi Kemampuan Bahasa Mandarin

Ketiga ujian sertifikasi ini sama-sama memiliki tujuan untuk mengukur kemampuan berbahasa Mandarin, yang membedakan adalah kegunaan dari tiap sertifikatnya dan tingkat kesulitas tesnya. Berikut adalah penjelasan lebih lengkap perbedaan antara YCT, HSK, dan BCT:

YCT (Youth Chinese Test)

YCT merupakan ujian sertifikasi Bahasa Mandarin dengan tingkatan termudah. Tes ini ditujukkan untuk para pelajar asing, khususnya siswa SD dan SMP, tapi bisa juga diambil untuk yang usianya lebih tua.

Ujian YCT terbagi menjadi 4 level yang terbagi berdasarkan jumlah kosakata Bahasa Mandarin yang wajib dikuasai.

  • YCT Level 1

Jumlah kosakata yang harus dikuasai = 80

  • YCT Level 2

Jumlah kosakata yang harus dikuasai = 150

  • YCT Level 3

Jumlah kosakata yang harus dikuasai = 300

  • YCT Level 4

Jumlah kosakata yang harus dikuasai = 600

Youth Chinese Test ini sangat cocok dicoba bagi para pemula dalam belajar Bahasa Mandarin yang ingin mengetes kemampuan. Bisa juga dijadikan pemanasan sebelum mengambil tes ujian dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi seperti HSK dan BCT.

HSK (Hànyǔ Shuǐpíng Kǎoshì)

Tes HSK (Hànyǔ Shuǐpíng Kǎoshì) atau dalam Bahasa Inggris disebut Chinese Proficiency Test adalaah bentuk tes standard yang digunakan untuk menguji kemampuan berbahasa Mandarin bagi warga non-Cina yang Bahasa utamanya bukan Bahasa Mandarin. Penyelenggara tes adalah sebuah lembaga milik Kementrian Pendidikan Cina bernama Hanban.

Tes Sertifikasi Bahasa Mandarin
Tes Sertifikasi Bahasa Mandarin

Ada 6 level untuk memetakan kemampuan peserta. Berikut rinciannya:

  • HSK Level 1

Pada level ini peserta diharuskan dapat memahami dan menggunakan beberapa hanzi sederhana Peserta juga diharapkan untuk dapat berkomunikasi menggunakan Bahasa Mandarin dalam kehidupan sehari-hari. Jumlah karakter yang dibutuhkan untuk level ini sekitar 200 karakter

  • HSK Level 2

Pada level ini peserta diharuskan dapat memahami dan menggunakan Bahasa Mandarin dasar untuk melakukan pekerjaan dan rutinitas sehari-hari. Sedikit lebih advance dibanding level 1. Jumlah karakter yang dibutuhkan untuk level ini adalah sekitar 350 karakter.

  • HSK Level 3

Pada level ini peserta diharuskan dapat menggunakan Bahasa Mandarin untuk keperluan studi dan pekerjaan mereka. Jumlah karakter yang dibutuhkan untuk level ini adalah sekitar 650 karakter.

  • HSK Level 4

Pada level ini peserta diharuskan dapat berkomunikasi secara lancar dengan penutur asli Bahasa Mandarin mengenai berbagai topik. Jumlah karakter yang dibutuhkan untuk level ini adalah sekitar 1100 karakter.

  • HSK Level 5

Pada level ini peserta diharuskan dapat membaca artikel panjang seperti koran atau majalah dan juga berpidato dalam bahasa Mandarin. Peserta juga diharapkan mampu memahami film atau drama berbahasa Mandarin. Jumlah karakter yang dibutuhkan untuk level ini adalah sekitar 1750 karakter.

  • HSK Level 6

Pada level ini peserta diharuskan dapat memahami Bahasa Mandarin dalam bentuk apapun dan dapat mengekspresikan dirinya sendiri dengan fasih. Jumlah karakter yang dibutuhkan untuk level ini adalah sekitar 2650 karakter.

Format tes HSK untuk level 1 sampai dengan 4 dibagi dalam empat bagian, yaitu Listening (mendengarkan), Reading, Writing, dan pemahaman struktur Bahasa. Sedangkan untuk level 5 dan 6, ada bagian yang ditambahkan, yaitu Speaking (berbicara).

Sertifikat HSK level 3 – 8 biasanya digunakan untuk melamar beasiswa atau mendaftar kuliah di universitas yang membutuhkan. Sedangkan untuk melamar pekerjaan dibutuhkan minimal sertifikat HSK level 5.

BCT (Business Chinese Test)

Seperti namanya, tes sertifikasi BCT ini diperuntukkan untuk para pelaku bisnis atau orang-orang yang ingin menggunakan kemampuan berbahasa Mandarin untuk keperluan bisnis atau pekerjaan. Ujian BCT terdiri dari 5 level.

Karena menitikberatkan pada kemampuan di dunia kerja, soal-soal ujian BCT ini kebanyakan tentang komunikasi dan interaksi sosial dalam Bahasa Mandarin. Selain itu, tidak ada batasan usia dan tingkat pendidikan dalam mengambil tes BCT ini, sebelumnya juga tidak diharuskan untuk belajar Bahasa Mandarin di lembaga tertentu.

Level kesulitan jika diurutkan jadi yang termudah adalah YCT, HSK, dan BCT. Jadi sebelum memutuskan akan mengikuti ujian level tertentu, sebaiknya sesuaikan dengan kemampuan diri dan juga kebutuhan penggunaan sertifikat.

Pilihan cara belajar Bahasa Mandarin

Belajar sendiri secara otodidak

Semua Bahasa asing sebenarnya bisa dipelajari secara mandiri jika memiliki niat dan kesungguhan, termasuk juga Bahasa Mandarin. Cara belajar ini juga sangat cocok bagi yang merasa lebih mudah fokus jika belajar sendiri dengan suasanya yang tenang tanpa gangguang dari orang lain.

Kesulitan utama dalam belajar sendiri adalah tidak memiliki banyak kesempatan untuk praktek. Bahasa Mandarin merupakan salah satu Bahasa yang butuh banyak waktu praktek, terutama dari segi speaking atau teknik pengucapannya.

Bahasa Mandarin memiliki empat jenis nada atau intonasi yang bisa memberikan arti yang berbeda pada setiap kalimat yang diucapkan. Inilah sebabnya teknik speaking sangatlah penting dalam Bahasa Mandarin.

DI era modern sekarang, teknologi bisa mengatasi kendala ini, walaupun tidak secara sempurna. Bisa dicoba dengan mendownload aplikasi di handphone atau juga praktek sendiri dari hasil menonton video atau film.

Beberapa aplikasi sudah memiliki fitur audio atau juga fitur yang memungkinkan untuk chat atau berkomunikasi dengan penutur asli Bahasa Mandarin.

Selain dari segi speaking, belajar sendiri juga berarti harus bertanggung jawab sendiri mengatur jadwal belajar rutin setiap hari. Belajar Bahasa Mandarin butuh ketekunan dan konsistensi supaya progress bisa terlihat dan tidak berhenti atau menyerah di tengah jalan.

Mengikuti kursus Bahasa Mandarin

Cara lain yang bisa dicoba adalah dengan mengikuti kursus Bahasa Mandarin. Jika dibandingkan dengan belajar sendiri, di lembaga kursus peserta akan dijamin dengan kurikulum pembelajaran yang sudah terbukti efektif dan juga diajar oleh para pengajar profesional yang sudah berpengalaman.

Bagi yang butuh belajar Bahasa Mandarin secara cepat, kursus bahasa mandarin mungkin bisa jadi pilihan terbaik. Setiap lembaga kursus biasanya menyediakan berbagai pilihan metode dan materi pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa, salah satu yang terbaik adalah Lister.co.id.

Lister.co.id memiliki platform belajar yang mudah dan menyenangkan, sangat fleksibel, sehingga bisa disesuaikan dengan waktu dan kemampuan peserta. Lister.co.id juga menggunakan teknologi meeting tatap muka yang bisa menghadirkan kualitas pembelajaran layaknya kelas offline.

baca juga

Selain itu, setiap kelas akan dibimbing oleh pengajar profesional yang berpengalaman, sehingga setiap materi yang diajarkan dijamin akan menarik dan mudah dipahami. Siswa akan diajarkan materi percakapan, pengenalan kosa kata dan tata Bahasa, dan juga latihan speaking dan listening dalam Bahasa Mandarin.

Di Lister.co.id tersedia berbagai kelas yang disesuaikan dengan kebutuhan anda, baik untuk bisnis maupun studi. Ada berbagai pilihan kelas dengan kurikulum pembelajaran yang beragam dan harga yang terjangkau.