Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Tes IELTS Sebagai Tes Untuk Kuliah di Australia

Kuliah di Australia

Lister.co.id – Australia adalah salah satu alternatif destinasi studi bagi mahasiswa Indonesia yang ingin kuliah atau bekerja di luar negeri. Tidak hanya menyediakan universitas universitas terbaik di dunia, Australia juga memiliki kondisi lingkungan yang cukup berbeda dari Indonesia namun masih memiliki banyak warga Indonesia yang tinggal disana.

Lain daripada itu bagi mahasiswa yang ingin kuliah di negeri para kanguru tersebut, banyak beasiswa yang dapat dilamar. Beasiswa beasiswa tersebut tidak hanya menjadikan IPK sebagai prasyarat, tetapi juga tes kemampuan bahasa Inggris. Bahkan untuk beasiswa Australia Awards, penyelenggara beasiswa menjadikan skor IELTS 5.5 dan 5.0 (untuk daerah Indonesia Timur) sebagai prasyarat.

Namun demikian meskipun anda telah memenuhi prasyarat kemahiran berbahasa Inggris yang dimiliki oleh beasiswa tersebut, pastikan anda juga memiliki prasyarat kemampuan bahasa Inggris yng dipatok oleh kampus impian anda.

Nah, artikel kali ini akan merangkum skor IELTS yang menjadi persyaratan beberapa universitas terkemuka di Australia. Universitas universitas tersebut antara lain The University of Melbourne, Monash University, Australian National University, The University of New South Wales dan The University of Adelaide.

The University of Melbourne

Apabila anda adalah calon mahasiswa S1, maka secara umum skor IELTS yang anda butuhkan untuk mendaftar di universitas peringkat ke 41 dunia ini adalah 6.5 atau tidak dibawah 6. Akan tetapi jika anda mahasiswa pascasarjana baik itu mahasiswa magister atau mahasiswa doktoral, maka skor IELTS yang anda perlukan adalah rata rata 6.5 atau 7.

Jumlah skor ini berbeda beda antar jurusan jadi pastikan anda melihat dengan pasti berapa skor yang diminta oleh jurusan impian anda. Daftar skor prasyarat tersebut dapat anda lihat pada link yang penulis lampirkan dibagian note[1].

Monash University

Sama seperti halnya The University of Melbourne, Monash University juga mematok skor 6.5 sebagai skor IELTS minimum untuk masuk ke universitas tersebut untuk mahasiswa S1. Namun jika skor yang anda miliki masih dibawah jumlah tersebut, anda bisa mengambil studi diploma (D3 dan D4) di universitas ini. Apabila anda ingin melanjutkan sekolah pascasarjana disini anda bisa memilih pascasarjana research atau master degree dan professional degree.

Skor IELTS minimum yang harus anda penuhi berbeda di masing masing program dan jurusan. Akan tetapi rata rata untuk master degree skor minimum yang diminta adalah 6.5 dengan skor pada masing masing bagian tidak lebih rendah dari 6.0.

Jika anda mengambil S2 hukum misalnya, anda akan diminta untuk bisa mencapai skor 7.0 dengan rata rata perbagian 6.5.  Bilamana anda tertarik untuk memeriksa lebih lanjut, anda bisa mengopi link yang tertera dibagian note[2] untuk kemudian anda tempel di browser anda.

Kuliah di Australia

Australian National University

ANU memiliki empat kualifikasi skor IELTS yang dapat diterima sebagai prasyarat masuk ke universitas tersebut. Kualifikasi pertama adalah untuk skor rata rata IELTS sama dengan 6.0 dan skor perbagian minimal 5.5, anda bisa mengambil program diploma (D1, D3, D4). Kualifikasi kedua adalah untuk skor IELTS 6.5 dengan skor minimum 6.0 pada setiap bagian tes, anda bisa mengikuti program sarjana baik itu program reguler maupun pertukaran pelajar.

Kualifikasi selanjutnya adalah jika anda ingin mengambil program magang di ANU atau program master untuk dokter bedah, maka skor minimum yang harus anda miliki adalah 7.0 sebagai rata rata skor dan minimal 6.5 untuk  skor dimasing masing bagian tes IELTS.

Kualifikasi terakhir adalah jika anda ingin melanjutkan studi pascasarjana dibidang psikologi klinis dan profesi psikologi. Untuk kedua bidang studi tersebut, skor IELTS minimum yang harus anda miliki adalah 7.0 bahkan untuk masing masing bagian tes IELTS.

Untuk jurusan lain nampaknya ANU belum menyediakan informasi yang lebih jelas sehingga apabila anda berkenan untuk melanjutkan sekolah pascasarjana anda di universitas ini alangkah lebih baiknya jika anda menemukan mentor terlebih dahulu.

The University of New South Wales

The University of New South Wales adallah salah satu universitas bergengsi di Australia yang terletak di kota Sydney. Untuk mendaftar studi di universitas peringkat ke 44 dunia ini anda harus memenuhi standar kemampuan bahasa Inggris yang ditetapkan oleh pihak universitas sesuai dengan fakultas dan degree yang anda pilih.

Apabila fakultas yang anda pilih adalah fakultas seni dan desain (Arts and Design),  maka skor IELTS yang harus anda capai adalah 6.5 secara rata rata dan minimal 6.0 pada setiap bagian tes tersebut.

Namun jika fakultas yang anda inginkan adalah fakultas seni dan Ilmu sosial (Arts and Social Sciences) anda harus melihat ke masing masing jurusan dan degree yang terdapat di fakultas tersebut. Untuk info lebih lengkapnya anda bisa mengakses link dibawah[3].

The University of Adelaide

Mungkin bagi sebagian orang nama The University of Adelaide tidak seterkenal The Melbourne University, Monash University atau Australian National University. Namun The University of Adelaide adalah salah satu dari 10 besar universitas di Australia dan merupakan universitas peringkat ke 106 di dunia menurut Qs world ranking.  Selain itu salah satu influencer besar Indonesia yaitu Raditya Dika juga merupakan alumni kampus ini.

Sama seperti halnya universitas universitas lain diatas, The University of Adelaide juga mematok skor minimum IELTS rata rata 6.5 hingga 7.0 tergantung pada setiap jurusan dan degree yang diambil.Baik itu untuk degree S1, D3 (undergraduate, diploma) atau pascasarjana (Master Degree, Research Degree).

 Khusus untuk S1 Ilmu hukum, rata rata skor yang diminta adalah 7.0. Nilai tersebut juga berlaku untuk subtest Speaking dan Listening. Namun unuk subtest Reading dan Writing tidak masalah jika skor anda 6.5.  Anda dapat mengakses informasi mengenai English Proficiency Requirements universitas ini untuk tingkat sarjana[4] dan pascasarjana[5] pada link yang terdapat pada footnote dibawah.

Secara umum inormasi mengenai standar kemampuan berbahasa Inggris untuk universitas universitas di Australia relatif lebih mudah diakses.  Selain itu dibanding universitas universitas bergengsi di Amerika Serikat standar yang ditetapkan oleh universitas ini juga lebih longgar (tergantung jurusan dan fakultas).

Beberapa dari universitas tersebut sepeerti The University of New South Wales dan The University of Adelaide juga menerima IELTS indicator sebagai tes bahasa Inggris alternatif selama pandemi Covid19 sehingga anda tidak perlu khawatir jika anda ingin mendaftar sebagai mahasiswa baru di universitas tersebut untuk tahun ajaran 2021 namun sertifikat IELTS anda hampir habis atau telah habis masa berlakunya.

Untuk melihat informasi lebih lanjut anda bisa mengunjungi website dari masing masing universitas atau meng-klik link yang tersedia dibagian bawah masing masing halaman. Selamat mencoba!


[1] https://study.unimelb.edu.au/how-to-apply/english-language-requirements/graduate-english-language-requirements/course-specific-requirements

[2] https://www.monash.edu/study/courses/find-a-course?f.InterestAreas%7CcourseInterestAreas=&f.Course%20Level%20Grad%7CcourseGradLevel=Research%20degrees&f.Tabs%7CcourseTab=Graduate&f.Course+Level+Grad%7CcourseGradLevel=Graduate+coursework

[3] https://www.international.unsw.edu.au/english-language-requirements?field_english_language_tid=4018

[4] https://international.adelaide.edu.au/system/files/media/documents/2020-07/2020JULYupdatemin-english-lang-requirements-ug-pg.pdf

[5] https://www.adelaide.edu.au/graduatecentre/system/files/media/documents/2020-05/minimum-english-language-proficiency-entry-criteria-for-postgraduate-research-students_0.pdf