Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Tentang Kursus Bahasa Indonesia

kursus bahasa indonesia

https://lister.co.id/ – Apabila anda merupakan seorang penduduk Negara Indonesia, mungkin anda keheranan dan baru mengerti bahwa bahasa Indonesia juga memiliki kursus bahkan kursus tersebut terletak didalam negeri. Namun demikian tidakkah anda menyadari bahwa bahasa Indonesia kini banyak diminati oleh penutur asing?.

Di samping fakta bahwasanya Indonesia adalah salah satu Negara dengan basis konsumen terbesar di dunia, mempelajari bahasa Indonesia bagi pelaku bisnis dari luar negeri juga berarti menghemat biaya yang mungkin tidak perlu seperti biaya translasi atau biaya Interpreter. Selain itu menurut postingan di akun Youtube LangFocus, bahasa Indonesia juga dikenal sebagai bahasa yang cukup mudah di pelajari karena memiliki tenses yang relatif sederhana[i].

Menguasai bahasa Indonesia berarti anda dapat berkomunikasi dengan orang yang berasal atau tinggal di bagian Indonesia manapun. Hanya saja, menurut pengalaman penulis terdapat kemungkinan yang cukup besar anda akan menemukan orang Indonesia yang hanya menggunakan bahasa Indonesia secara pasif. Sehingga pertanyaan atau pembicaraan anda akan cuma dibalas dengan jawaban yang singkat singkat saja.

Mengikuti kursus bahasa Indonesia tidak hanya menguntungkan untuk WNA yang ingin tinggal di Indonesia. Melainkan juga menguntungkan untuk anda warga Negara Indonesia yang ingin menulis karya tulis ilmiah dalam bahasa Indonesia atau sekadar belajar bahasa Indonesia agar bisa lebih aktif dalam perkuliahan.

Sebelum kita membahas kursus bahasa Indonesia baik di dalam maupun di luar negeri, artikel ini akan membahas mengenai apa itu bahasa Indonesia dan tes kemahiran bahasa Indonesia.

Mengenal bahasa Indonesia

Pada tanggal 28 Oktober 1928 bertepatan dengan acara Sumpah Pemuda, bahasa Indonesia diresmikan sebagai lingua franca atau bahasa nasional Negara Indonesia. Bahasa nasional ini dibutuhkan mengingat bahwasanya kepualauan nusantara ini memiliki 700 bahasa daerah yang berbeda beda.

Bahasa Indonesia dipilih sebagai bahasa nasional karena bahasa ini  memiliki tata bahasa yang cukup simpel dan secara luas banyak dipakai oleh kalangan pejuang dan akademisi Indonesia dari berbagai daerah pada saat itu. Selain itu dipilihnya bahasa ini juga ditujukan untuk menghindari pergesekan antar kelompok etnis yang bisa jadi muncul jika bahasa Jawa ditetapkan sebagai bahasa nasional.

Sebab sebagaimana pada saat ini, bahasa Jawa adalah bahasa daerah yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia pada saat itu. Alasan lain yang melatar belakangi mengapa bahasa Jawa tidak dipilih menjadi bahasa nasional Indonesia juga karena bahasa jawa memiliki struktur bahasa dan penulisan (ha.na,ca,ra, ka,) yang jauh lebih rumit dibanding bahasa Indonesia.

Bahasa Indonesia merupakan  turunan dari bahasa Melayu. Oleh karena itu kita tidak perlu heran jika kita dapat dengan mudah memahami bahasa Melayu yang digunakan di Malaysia, Brunei Darussalam ataupun Singapura.

Sebagaimana yang tertulis diatas, bahkan hingga saat ini bahasa Indonesia masih menjadi bahasa kedua untuk sebagian besar masyarakat Indonesia. Meskipun demikian bahasa ini dipakai secara resmi sebagai bahasa pengantar sekolah, pemerintahan maupun hukum. Dengan demikian jika anda berbicara menggunakan bahasa Indonesia di pelosok Negara kepulauan ini kemungkinan besar warga di sekitar anda masih memahami apa yang anda katakan walaupun mereka hanya akan menjawab dengan semampunya mereka saja.

Tes kemahiran bahasa Indonesia

Seperti halnya bahasa lainnya di dunia, bahasa Indonesia juga memiliki tes kemahiran selayaknya TOEFL atau IELTS. Bahkan pada awal Oktober 2020 ini pemerintah Indonesia melalui KEMEDIKBUD merilis salah satu jenis uji kemahiran bahasa Indonesia.

Tes kemahiran bahasa Indonesia untuk penutur asing disebut BIPA (Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing) sedangkan versi terbaru dari BIPA yang baru rilis awal Oktober ini disebut UKBI (Uji Kemahiran Bahasa Indonesia). Tes BIPA saat ini sudah bisa di akses di 30 negara di seluruh dunia termasuk Amerika Serikat dan Australia dan dapat di akses secara daring (online).

Untuk UKBI, terdapat 5 materi yang diujikan yaitu Mendengarkan, Merespon Kaidah, Membaca, Menulis dan Berbicara dalam bahasa Indonesia. Skor tes UKBI dibagi menjadi 7 peringkat dengan rentang skor mulai dari 251 hingga 800.

Sama halnya dengan tes BIPA, UKBI juga dapat di akses oleh WNA. Hanya saja saat ini tes UKBI, pendaftaran dan penyelenggaraan tes hanya dapat dilakukan di Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa di 30 Provinsi di seluruh Indonesia dan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di seluruh dunia.

Biaya tes ini bervariasi. Untuk pelajar dan mahasiswa biaya tes yang harus dikeluarkan sebesar Rp. 135.000.,00 sedangkan untuk masyarakat umum, biaya tes UKBI sebesar Rp. 300.000.,00. Namun jika anda memiliki kolega WNA yang ingin mengambil tes ini, maka dia harus mengeluarkan biaya sebesar Rp. 1.000.000.,00.

Untuk info lebih lengkapnya, anda bisa menilik laman yang telah penulis sematkan pada bagian akhir [ii]artikel[iii].

Kursus bahasa Indonesia

Saat ini kursus bahasa Indonesia memang sudah banyak tersedia baik di dalam maupun di luar negeri terutama Australia. Akan tetapi kursus kursus tersebut masih berfokus pada pangsa pasar WNA yang ingin tinggal di Indonesia baik untuk kehidupan pribadi maupun pekerjaan.

Oleh karena itu, kursus kursus tersebut juga masih terpusat di kota kota besar seperti Jakarta, Yogyakarta, Surabaya dan Bali. Jadi, jika anda belajar bahasa Indonesia namun anda sendiri adalah orang Indonesia yang berasal dari daerah, alangkah lebih mudah jika anda belajar bahasa Indonesia secara privat melalui platform belajar daring.

Salah satu platform belajar online yang dapat anda gunakan untuk mengingkatkan kemampuan bahasa Indonesia yang anda miliki adalah Lister.co.id. Anda dapat mendaftar sebagai siswa di kelas privat bahasa Indonesia di lembaga ini.

Anda akan diajar oleh penutur asli bahasa Indonesia yang mungkin lebih mahir berbahasa Indonesia daripada anda. Selain diajar oleh penutur asli, anda juga akan diajari bagaimana cara menulis karya tulis ilmiah dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar.

baca juga

Tutor tutor di Lister.co.id selain merupakan penutur asli bahasa Indonesia, juga merupakan orang yang memiliki kapabilitas yang mumpuni untuk berbicara dan menulis dalam bahasa Inggris. Jadi, jika kolega anda yang merupakan WNA ingin belajar bahasa Indonesia yang baik dan benar, anda dapat merekomendasikan lembaga ini.

Kelas privat Lister.co.id dapat di akses di mana saja dan kapan saja serta dapat diulang kapanpun yang anda mau. Karena pembelajaran di Lister.co.id dilakukan secara online melalui aplikasi video conference yang direkam. Sehingga anda ataupun kolega anda tidak perlu risau apabila masih ada materi yang belum dipahami.

Selain belajr melalui sekolah yang biasa anda lakukan hingga sekarang ini, anda juga bisa mengikuti kursus bahasa Indonesia daring. Terlebih lagi jika anda merupakan putera dan puteri Indonesia yang lahir dan tumbuh di luar negeri.

Lister.co.id adalah salah satu platform pendidikan bahasa yang menyediakan kursus bahasa Indonesia. Anda dapat mengakses laman ini kapanpun dan di mana pun yang anda mau. Jadi, tunggu apalagi? Yuk belajar di Lister.co.id.


[ii] https://bipa.kemdikbud.go.id/ssd. Di akses pada tanggal 19 Oktober 2020.

[iii] https://ukbi.kemdikbud.go.id/web/informasi. https://ukbi.kemdikbud.go.id/web/informasi