Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

TEFL : Sertifikasi Pengajar Kursus Bahasa Inggris

TEFL

lister.co.id – Apakah anda ingin mengajar bahasa Inggris di sebuah lembaga kursus ternama seperti Lister.co.id atau ingin mengajar bahasa Inggris di Luar Negeri?. Apabila anda memnag berencana untuk menggeluti bidang tersebut maka memiliki sertifikat TEFL adalah hal yang tepat untuk menjadi langkah awal anda.

Mengenal TEFL: Sertifikasi Untuk Pengajar Kursus Bahasa Inggris

Hati hati loh ya, anda harus membaca TEFL dengan benar. TEFL bukan TOEFL. TEFL adalah singkatan dari Teaching English as a Foreign Language. TEFL adalah sertifikat resmi yang harus anda miliki untuk mengajar bahasa Inggris kepada non-native speaker. Umumnya tes ini diambil jika anda ingin mengajar bahasa Inggris dalam sebuah institusi resmi seperti Universitas atau Sekolah di Luar Negeri.

Namun sertifikat ini juga dapat menunjang kualifikasi anda  jika anda ingin melamar pekerjaan disebuah lembaga kursus bahasa Inggris di Indonesia ataupun anda ingin melamar pekerjaan dibidang lain. Sebab sertifikat pelatihan ini juga merupakan bukti bahwa anda adalah seorang WNI yang mampu membaca dan menulis bahasa Inggris dengan baik.

Dari artikel ini anda akan mengetahui kursus TEFL lebih lanjut mulai dari apa itu TEFL, apa saja materi kursus TEFL , lokasi dan biaya kursus TEFL di Indonesia serta hal hal yang harus anda perhatikan sebelum memutuskan untuk mengambil kursus ini.

Pengertian TEFL

Seperti yang tertulis di paragraf diatas, TEFL adalah singkatan dari Teaching English as a Foreign Language. Umumnya istilah ini digunakan sebagai istilah sertifikasi pengajar bahasa Inggris di Negara Negara non English-Speakers sedangkan di Negara Negara yang menjadikan bahasa Inggris sebagai resmi umumnya sertifikasi TEFL lebih dikenal dengan TESOL (Teachers of English to Speakers of Other Languages). Jadi sebenarnya kedua sertifikasi bahasa Inggris tersebut memiliki mekanisme yang sama hanya saja istilah yang digunakan berbeda.

Sertifikat TEFL dan TESOL adalah sertifikat yang diakui secara internasional. Untuk mendapatkan sertifikat ini, anda perlu mengikuti seperangkat pelatihan dan kursus. Pelatihan dan kursus ini bisa anda peroleh secara offline dengan menghadiri sebuah kelas atau secara online menggunakan laptop anda dimanapun dan kapanpun.

Sebenarnya tidak ada format pelatihan yang pasti untuk mendapatkan sertifikat ini. Namun berbagai lembaga internasional yang membuka lowongan pekerjaan pengajar bahasa Inggris untuk mahasiswa Internasional  mereka menentukan standar pelatihan TEFL mereka sebagai berikut:

  • Anda harus mengambil pelatihan TEFL dengan jumlah jam pelatihan minimal 100 jam dari jam pelatihan maksimal 200 jam;
  • Pelatihan yang anda ambil sudah menyediakan praktikum mengajar selam 6 sampai 20 jam. Praktikum yang dimaksud disini adalah anda benar benar mengajar murid dan bukan praktik mengajar didepan teman teman sekelah pelatihan anda;
  • Anda harus mngambil pelatihan TEFL dari lembaga yang terakreditasi baik dan diakui secara Internasional;
  • Anda diajar oleh pengajar dengan kualifikasi minimal S2 dibidang TESOL atau bidang bidang lain yang berkaitan dengan bahasa Inggris seperti sastra Inggris;
  • Penting juga bagi anda untuk mengikuti kursus TEFL di lembaga yang sudah menyediakan peluang mengajar bahasa Inggris di Luar Negeri khusus untuk alumni lembaga tersebut. Sehingga ketika anda sudah dinyatakan lulus, anda bisa langsung melamar pekerjaan mengajar bahasa Inggris di Negara impian anda.
TEFL

Materi Kursus TEFL

Menurut pengalaman yang didapat oleh Yustika Sari, seorang penerima beasiswa Full Bright dari Indonesia[i] yang juga mengajar bahasa Inggris di Amerika Serikat, terdapat 5 kursus yang harus ditempuh untuk mendapatkan sertifikasi ini. Lima kursus tersebut ialah “Introduction to Linguistics”, “Second Language Acquisition”, “Online Grammar” dan “Teaching Practicum”.

Yustika Sari juga mengatakan bahwa umumnya diperlukan waktu sekitar 14 minggu untuk mengikuti kursus TEFL di kampusnya yaitu  Ohio University. Dalam setiap minggu akan ada 2 kali pertemuan. Pada saat Teaching Practicum, menurut pengalaman Yustika,  peserta kursus tidak hanya diminta untuk mengajar siswa dari berbagai negara tetapi juga diminta untuk menyusun silabus pembelajaran yang kemudian akan dikaji oleh pembina dan asisten pembina kursus.

Kurikulum ini berbeda dengan kurikulum yang disediakan oleh worldtesolacademy.com, salah satu lembaga kursus TESOL/TEFL. Lembaga ini membagi kursus tersebut menjadi 7 pelajaran yaitu pengenalan, “English Words and Punctuation”,  “Sentence and Tenses”, “Language Skill”, “Lesson Preparation”, “Class Management” “Teaching English Online” dan “Final Assessment”.

Lokasi kursus TEFL dan biaya kursus TEFL di Indonesia

Saat ini banyak lembaga yang menyediakan kursus TEFL baik online maupun offline. Namun menurut laman eslbase.com kini terdapat 5 lembaga penyedia kursus TEFL di Indonesia. Lima lembaga tersebut adalah IALF Bali, Jakarta Language Academy, Global Teachers and Trainers Academy, TEFL Indonesia dan TEFL Internasional di Surabaya.

Adapun biaya yang harus anda keluarkan untuk mengikuti sertifikasi ini bervariasi mulai dari Rp. 480.000.,00 hingga lebih dari dua juta rupiah. Umumnya kelas offline lebih mahal daripada kelas online.

Akan tetapi sebaiknya anda melakukan perbandingan sederhana antar lembaga terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengambil kursus ini di sebuah lembaga tertentu. Hal ini ditujukan untuk menghindarkan anda dari kursus TEFL yang hanya mengambil uang anda dan tanpa memperhatikan kualitas kursus itu sendiri.

Menurut laman volunteerforever.com[ii], anda harus memperhatikan akreditasi kursus TEFL yang ditawarkan oleh sebuah lembaga. Biasanya, lembaga yang memiliki akreditasi kursus TEFL yang buruk tidak memenuhi standar kursus TEFL diatas. Hal ini dapat mengakibatkan ditolaknya sertifikat anda oleh lembaga lembaga atau perusahaan perusahaan Internasional.

Masih menurut laman tersebut, ketika anda sudah menemukan lembaga kursus yang cocok untuk anda seringkali anda tidak hanya akan diminta untuk mengisi form pendaftaran melainkan juga diminta untuk melakukan wawancara. Hal ini ditujukan agar lembaga kursus tersebut dapat menempatkan anda di program yang cocok dengan usia, tingkat pendidikan dan pengalaman anda.

baca juga

Memiliki sertifikat TEFL disamping sertifikat TOEFL atau IELTS dapat membuktikan  kapabilitas anda sebagai orang Indonesia yang memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik. Walaupun begitu alangkah baiknya jika anda berpikir terlebih dahulu untuk mengambil tes ini. Mengingat biaya tes ini cukup mahal dan akan menyita waktu dan pikiran anda.

Apabila anda adalah orang yang ingin mengambil kursus bahasa Inggris, maka ada baiknya jika anda memilih lembaga kursus yang memiliki guru yang mempunyai sertifikat pelatihan TEFL atau TESOL sepert di Lister.co.id. Karena hal ini berarti anda akan diajar oleh orang orang yang memiliki kompetensi tinggi dibidangny. Selamat Mencoba!


[i] https://www.aminef.or.id/tefl-certificate-dan-pengalaman-mengajar-di-amerika-serikat/. Diakses pada tanggal 5 Oktober 2020.

[ii] https://www.volunteerforever.com/article_post/how-to-get-tefl-certified-what-you-need-to-know. Diakses pada tanggal 5 Oktober 2020.