Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Tata Bahasa Spanyol: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Strukturnya

Bagi kebanyakan orang, tujuan mempelajari tata bahasa Spanyol nantinya bukanlah untuk menjadi seorang ahli tata bahasa Spanyol—namun bertujuan untuk dapat berbicara bahasa Spanyol dalam percakapan. Untuk melakukan itu, kamu memerlukan kursus percakapan yang lengkap dan terarah.

Mungkin kamu pernah menemukan beberapa kalangan yang mengklaim bahwa tidak perlu belajar tata bahasa.

Saya tidak belajar tata bahasa saat masih anak-anak, namun saya masih belajar berbicara. Oleh karena itu, saya tidak perlu belajar tata bahasa lagi saat menjadi orang dewasa.

Pemikiran semacam ini mengabaikan fakta bahwa sebagai orang dewasa kita memiliki kapasitas mental yang lebih tinggi, dan mempelajari beberapa tata bahasa itu mudah dan akan sangat membantu kita nantinya.

Grammar bahasa spanyol

Pengertian Grammar Bahasa Spanyol

Bahasa Spanyol adalah bahasa asing yang indah dan memiliki lebih dari 500 juta penutur di seluruh dunia. Fakta lain terkait bahasa Spanyol adalah bahasa ini sebagai salah satu bahasa yang lebih mudah dipelajari oleh penutur asli bahasa Inggris. Hal ini karena bahasa Spanyol dan bahasa Inggris berbagi akar bahasa latin yang sama.

Apa yang dimaksud dengan tata bahasa Spanyol?

Tata bahasa Spanyol adalah aturan dasar yang memberi acuan kepada para penutur dalam menyusun kalimat dan berkomunikasi sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku.

Sebagian besar fitur tata bahasa dan tipologi bahasa Spanyol memiliki banyak kesamaan dengan bahasa-bahasa Roman lainnya. Bahasa Spanyol merupakan bahasa inflektif. Sistem kata benda dan kata sifat dalam bahasa Spanyol menunjukkan dua bentuk gender dan dua bentuk jumlah, di samping itu, beberapa artikel dan kata ganti juga memiliki bentuk gender netral dalam bentuk tunggal.

Dalam bahasa Spanyol, terdapat 55 bentuk konjugasi kata kerja dengan 3 bentuk kala (linguistik): akhirnya, sekarang, dan yang akan datang; 2 bentuk aspek untuk kala terakhir: perfektif dan imperfektif 4 bentuk modus: indikatif, subjungtif, imperatif, bersyarat; 3 bentuk persona: pertama, kedua, dan ketiga; 3 bentuk verba: infinitif, gerund, past participle.

Langkah belajar tata bahasa Spanyol

  • Pelajari cara mengonjugasikan kata kerja beraturan.
  • Belajar cara mengonjugasikan kata kerja tidak beraturan yang lazim digunakan.
  • Pelajari aturan jenis kelamin bahasa Spanyol. 
  • Belajar cara menggunakan kata sandang pasti dan tidak pasti.

Struktur Grammar Bahasa Spanyol

Dalam bahasa Spanyol, seperti dalam bahasa Inggris, kamu dapat membentuk kalimat dasar dengan menggabungkan subjek, kata kerja, dan mungkin informasi deskriptif lebih lanjut.

SUBJEK + KATA KERJA (BASIC SPANISH SENTENCE)

Macam Grammar Bahasa Spanyol

Dalam mempelajari tata bahasa Spanyol, kamu memiliki banyak daftar informasi penting yang wajib dikuasai. Salah satu bagian grammar yang penting dikuasai nantinya adalah jenis kata dalam bahasa Spanyol seperti kata ganti, kata benda, kata sifat, kata keterangan, kata kerja teratur dan tidak teratur.

Contoh Kalimat Grammar Bahasa Spanyol

La casa es grande. (lah kah-sah ehs grahn-deh) (The house is big.) Rumah itu besar.

El hombre es buen mozo. (ehl ohm-bvreh ehs bvooehn moh-soh) (The man is handsome.) Pria itu tampan.

Las calles son largas. (lahs kah-yehs sohn lahr-gahs) (The streets are long.) Jalannya panjang

Ref:

Constructing Basic Spanish Sentences – https://www.dummies.com/languages/spanish/constructing-basic-spanish-sentences/