Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Tahukah Kamu Kata Benda Bahasa Turki? Ini Penjelasannya

kata benda bahasa turki

Kata benda dalam bahasa Turki cukup rumit, karena berubah-ubah tergantung fungsinya dalam kalimat. Jika kamu ingin lebih dalam mempelajarinya, kamu bisa mengikuti kursus bahasa Turki.

Selain itu, kamu dapat memerhatikan penjelasan berikut lebih lanjut.

Jenis-Jenis Kata Benda Bahasa Turki

Terdapat beberapa jenis kata benda dalam bahasa Turki. Yang pertama adalah absolut yang berfungsi sebagai nominatif atau subjek. Bentuk pluralnya diakhiri dengan sufiks –er.

Kedua adalah akusatif, yakni berperan sebagai objek langsung. Bentuk tunggalnya diakhiri dengan sufiks –(y)i dan bentuk pluralnya diakhiri dengan sufiks –leri.

Selanjutnya adalah bentuk genitif yang menunjukkan kepemilikan. Bentuk tunggalnya ditandai dengan sufiks –(n)in dan bentuk pluralnya ditandai dengan sufiks –lerin.

Lalu bentuk dativ yang menunjukkan objek tidak langsung atau pergerakan. Bentuk tunggalnya ditandai dengan sufiks –(y)e dan bentuk pluralnya ditandai dengan –lere.

Berikutnya adalah lokasi yang menunjukkan tempat. Bentuk tunggalnya diakhiri dengan sufiks –de dan bentuk pluralnya diakhiri dengan sufiks –lerde.

Lalu bentuk ablatif yang menunjukkan pergerakan asal. Bentuk tunggalnya ditandai dengan akhiran –den dan bentuk pluralnya ditandai dengan akhiran –lerden.

Contoh Kalimat

Berikut ini beberapa contoh kalimat yang menunjukkan perbedaan pada penggunaan kata benda. Perbedaan itu menunjukkan penekanan yang berbeda.

Gazete çıkarmak zor bir iş. – Menerbitkan surat kabar adalah pekerjaan yang berat.

Bu gazeteyi çıkarmak zor bir iş. – Menerbitkan surat kabar ini adalah pekerjaan yang berat.