Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Sertifikasi Bahasa Belanda Untuk Kuliah (Ujian Inburgering/het inburgeringsexamen)

Kamu berencana untuk melanjutkan studi di Belanda tahun depan? Sudahkah menyiapkan ujian bahasa-nya?

Jika belum, sebaiknya kamu mulai mempersiapkan untuk mengambil ujian bahasa Belanda atau Inburgering ya. Pasalnya, ujian Inburgering ini sangat penting sebagai salah satu syarat melanjutkan studi di negara Belanda. Oleh karena itu, jangan lewatkan info ini sebelum mengikuti tes bahasa Belanda atau inburgering.

Baca juga: Cara Belajar Bahasa Belanda dengan Cepat untuk Pemula

Laptop Studying GIF by Michigan Tech

Inburging Test

Melansir dari laman anakrantau.id, sejak tahun 2006, sebagian dari pendatang baru yang ingin datang ke Belanda untuk jangka panjang (lebih dari 90 hari) memerlukan surat MVV (Machtiging tot Voorlopig Verbliff: Izin Tinggal Sementara). 

Untuk mendapatkan izin tersebut, para pendatang harus mengikuti ujian Inburgering atau ujian dasar kemasyarakatan yang menguji pengetahuan bahasa Belanda dan kehidupan kemasyarakatan Belanda.

Untuk mendapatkan visa tinggal sementara di Belanda, salah satu syaratnya adalah lulus ujian ini pada tingkat A1. Sesampainya di Belanda, kamu harus mengikuti ujian A2 dalam waktu 3 tahun untuk mendapatkan izin tinggal tetap.

Jadi apa isi ujian ini?

DUO menguji kemampuan bahasa Belanda yang kamu miliki pada empat kemampuan: menulis, berbicara, mendengarkan, dan membaca. Jika kamu mengambil Inburgeringsexamen, kamu akan diuji pada semua bagian di tingkat A2, kecuali kamu adalah seorang migran yang telah berada di sini lebih lama. Dalam hal ini kamu sudah diizinkan untuk mengambil bagian kompetensi menulis dan membaca di level A1.

Selain tes kemampuan bahasa ini, ada juga ujian Pengetahuan Masyarakat Belanda (“Kennis Nederlandse Maatschappij”, KNM) dan ujian Orientasi Pasar Tenaga Kerja Belanda (“Oriëntatie op de Nederlandse Arbeidsmarkt”, ONA).

Tapi pertama-tama mari kita lihat level bahasa yang diperlukan. Apa yang dimaksud dengan empat kompetensi pada level A2?

A2 adalah klasifikasi dalam CEFR – Kerangka Acuan Umum Eropa untuk Bahasa. Kerangka kerja ini digunakan untuk menunjukkan sejauh mana kamu telah menguasai bahasa tersebut. Level A2 juga disebut “tahap jalan” atau “dasar”.

Menulis

Jika kamu dapat menulis pada level A2, kamu dapat menulis catatan dan pesan singkat dan sederhana yang berkaitan dengan hal-hal di bidang yang sangat membutuhkan.

Mendengarkan

Mendengarkan pada level A2 berarti kamu dapat memahami poin utama dalam pesan dan pernyataan yang singkat, jelas, dan sederhana.

Berbicara

Kamu dapat mengucapkan serangkaian frasa dan kalimat untuk menggambarkan secara sederhana keluarga kamu dan orang lain, kondisi kehidupan, latar belakang pendidikan kamu, dan pekerjaan kamu saat ini atau terakhir.

Membaca

Dan akhirnya membaca di A2 berarti kamu dapat membaca teks yang sangat pendek dan sederhana. kamu dapat menemukan informasi spesifik yang dapat diprediksi dalam materi sehari-hari yang sederhana seperti iklan, prospektus, menu, dan jadwal.

Baca juga: Beasiswa S2 ke Belanda Menggunakan Eric Bleumink Fund 2021

Untuk akses informasi lengkap tentang penyediaan tes bahasa Belanda ini, kamu bisa kunjungi: https://www.inburgeren.nl/

Sayangnya, kita tidak bisa membantu kamu mengurusi tes itu. Tapi, urusan penyiapan bahasa Belanda-nya, Tutor Lister siap bantu kamu sampai mahir! Siap belajar sekarang?

Blog Design 14 05 3 12

Referensi:

Pau, Bart De. What is the ‘Inburgering’ exam? (het inburgeringsexamen). https://www.learndutch.org/migration/inburgering-exam/

Rusady, David. 2020. Mengenal Ujian Inburgering untuk Melanjutkan Kuliah di Belanda. anakrantau.id. https://anakrantau.id/education/mengenal-ujian-inburgering-untuk-melanjutkan-kuliah-di-belanda/

Sumber gambar: freepik.com, giphy.com