Review Startup Kursus Bahasa Inggris di Indonesia

Review Startup Kursus Bahasa Inggris di Indonesia

Lister.co.id – Negara Indonesia adalah negara berpenduduk nomor empat terbanyak di dunia. Mayoritas dari 260 juta penduduk Indonesia adalah penduduk yang memasuki usia kerja atau penduduk dengan rentang usia mulai dari 14 sampai 65 tahun. Oleh karena itu tidak mengherankan apabila Indonesia menjadi salah satu pangsa pasar terbesar kursus bahasa Inggris di dunia.

Hingga kini sudah tidak terhitung jumlah kursus bahasa Inggris yang tersedia di Indonesia. Baik kursus yang diselenggarakan oleh lembaga Internasional maupun kursus yang diselenggarakan secara rumahan di daerah daerah. Salah satu jenis kursus bahasa Inggris yang berkembang di Indonesia yaitu kursus bahasa Inggris berbasis startup technology.

Tentang Startup Kursus Bahasa

Sebelum memasuki startup yang berfokus pada pembelajaran bahasa terutama bahasa Inggris, kita perlu memahami mengenai definisi start up.  Laman it-jurnal.com mengartikan startup secara umum  sebagai bisnis yang baru berkembang . Namun istilah startup kini melekat pada perusahaan yang baru berkembang dari sektor teknologi baik itu e-commerce, teknologi pendidikan dan lain lain.

Meskipun berbasis teknologi, bisnis startup dapat bergerak dibidang apa saja termasuk pendidikan. Kini startup pendidikan adalah salah satu jenis startup yang banyak diminati oleh orang Indonesia. Mengingat startup jenis ini menyediakan layanan pendidikan yang tidak berbatas waktu dan jarak.

Memang startup jenis ini adalah startup yang banyak dibutuhkan masyarakat Indonesia. Menginngat Indonesia adalah negara kepulauan yang bisa jadi tidak semua daerah dapat mengakses pendidikan ekstra diluar sekolah secara offline. Dengan demikian startup jenis ini membantu pemerataan pendidikan untuk masyarakat Indonesia.

lister co id
lister.co.id

Startup Pendidikan Bahasa Asing di Indonesia

Saat ini banyak startup pendidikan bahasa asing terutama bahasa Inggris di Indonesia. Startup startup tersebut menawarkan ciri khasnya masing masing untuk menggaet customer dari Indonesia.

Lister.co.id contohnya. Startup pendidikan bahasa asing yang didirikan oleh PT. Aegis Digital Indonesia ini menawarkan pembelajaran bahasa asing dengan konsep ‘One Stop Learning Platform’. Disamping bahasa Inggris, laman ini juga menyediakan pembelajaran bahaasa asing lain termasuk bahasa bahasa yang digunakan secara resmi dalam forum PBB seperti bahasa Spanyol, bahasa Prancis, bahasa Arab dan bahasa Mandarin.

Khusus untuk kursus bahasa Inggris sendiri, laman ini tidak hanya berfokus pada pelajaran bahasa Inggris khusus pelajar melainkan juga bahasa Inggris untuk dewasa dan anak anak. Kursus bahasa Inggris khusus dewasa ini termasuk kursus bahasa Inggris untuk karyawan, korporat dan khusus bahasa Inggris khusus yang berfokus pada pengembangan skill tertentu.

Semua kursus ini diajarkan secara online menggunakan metode video conference baik secara privat maupun klasikal. Sehingga peserta kursus tetap merasa seperti belajar offline. Dengan demikian masing masing peserta kursus dapat mengajukan pertanyaan secara langsung kepada pengajar.

Pengajar dalam lembaga kursus ini merupakan pengajar kursus yang telah dikurasi secara langsung oleh pihak perusahaan. Dengan demikian anda akan diajar oleh pengajar yang benar benar ahli dalam bahasa Inggris baik oleh native speaker maupun oleh pengajar lokal yang telah memiliki kualifikasi khusus pengajar bahasa Inggris seperti memiliki skor IELTS tertentu atau  memiliki kualifikasi seperti TEFL atau TESOL.

Alasan belajar bahasa asing menggunakan startup:

Belajar bahasa asing menggunakan startup pendidikan memiliki banyak manfaat, diantaranya:

  1. Belajar bahasa asing dan bahasa Inggris dimanapun dan kapanpun. Salah satu keunggulan menggunakan startup adalah anda dapat belajar kapanpun dan dimanapun yang anda mau asalkan lokasi anda belajar memiliki koneksi internet yang stabil . Dengan demikian jarak dan lokasi tidak menghalangi anda untuk belajar. Entah anda di kota atau di remote area di Indonesia, asalkan anda memiliki laptop dan koneksi internet yang stabil, anda tetap bisa belajar bahasa Inggris atau bahasa apapun yang anda mau;
  2. Belajar bahasa asing menggunakan  platform online umumnya memiliki biaya yang lebih terjangkau daripada kursus bahasa Inggris secara offline. Hal ini disebabkan penyelenggara kursus tidak perlu menyediakan lokasi tambahan untuk ekspansi;
  3. Anda tetab bisa face to face dengan guru anda dan bertanya langsung meskipun anda dan guru anda beradaa dilokasi yang terpisah;
  4. Belajar bahasa Inggris di Lister.co.id direkam secara otomatis oleh sistem. Jadi anda bisa memutar ulang pelajaran yang telah anda pelajari dimasa lalu. Anda juga bisa mengevaluasi cara guru anda mengajar. Begitupun pihak pengelola dapat memastikan kualitas pengajaran dalam kelas yang anda ambil untuk evaluasi dan perbaikan.
  5. baca juga

Baca juga

Bagaimana cara memilih startup kursus bahasa Inggris yang cocok untuk anda?

Dengan banyaknya startup pendidikan bahasa asing terutama bahasa Inggris di Indonesia saat ini, tentu anda akan dihadapkan dengan banyak pilihan yang bisa jadi membuat anda kebingungan memilih kursus. Berikut ini tips yang dapat anda aplikasikan sebagai cara memilih kursus:

  1. Pastikan startup tersebut adalah startup yang memilikirekam jejak yang baik serta guru yang berpengalaman. Jangan sampai anda salah memilih kursus dari lembaga yang kurang bertanggung jawab dan guru yang tidak berpengalaman. Sebab guru yang tidak berpengalaman tidak akan mampu menyesuaikan diri dengan siswa dan menyampaikan pelajaran dengan baik. Sedangkan lembaga yang tidak bertanggung jawab tidak akan melakukan evaluasi terhadap pembelajran tersebut.
  2. Sesuaikan dengan budget anda. Susun besaran anggaran yang anda perlukan untuk kursus bahasa Inggris terlebih dahulu. Lantas cobalah memilah milah mana program dan lembaga kursus yang sesuai dengan budget anda.

Sayangnya beberapa lembaga kursus tidak terbuka mengenai besaran biaya ini sehingga anda perlu menghubungi pihak lembaga melalui telepon atau whatsapp. Namun and atidak perlu khawatir, Lister.co.id menyediakan semua informasi yang anda butuhkan sebagai pertimbangan.

  • Selain dengan budget, anda juga harus memilih kursus dan program yang sesuai dengan skill yang ingin anda bangun. Hal ini bertujuan agar anda dapat fokus dan berkonsentrasi pada skill yang ingin anda bangun dan kembangkan.

Lister.co.id menawarkan hal ini. Anda bisa hanya memilih program yang berfokus pada satu skill seperti conversation skill, presentation skill, dan lain lain. Jadi anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk skill yang tidak ingin anda pelajari.

Belajar bahasa asing terutama bahasa Inggris kini menjadi kebutuhan sehari hari pendidikan di Indonesia. Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki kendala di keterjangkauan lokasi. Namun dengan perkembangan teknologi, kini banyak startup pendidikan yang menawarkan pendidikan bahasa asing yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun termasuk Lister.co.id.

baca juga

Untuk memilah milah mana kursus dan program yang cocok untuk anda memang membutuhkan proses dan waktu. Tetapi Lister.co.id menyediakan kursus bahasa asing terutama bahasa Inggris yang sesuai dengan kebutuhan anda. Selamat Mencoba!