Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Reported Speech

Reported Speech

lister.co.id – Kasus Khusus pada Reported Speech , Melihat dari general rule penulisan reported speech, jika reporting verb dalam bentuk past (said, told, wanted (to know)), maka verb pada direct speech diubah menjadi bentuk past pada reported speech.

Namun demikian, ada beberapa kasus dimana verb tense pada reported speech bisa saja tidak mengalami perubahan bentuk. Berikut diantaranya.

  1. Apabila yang disampaikan merupakan fact (fakta) atau general truth (kebenaran umum).
  2. Apabila penyampai berita percaya bahwa apa yang disampaikannya masih benar/berlaku, atau belum terjadi dan penyampai berita percaya pada apa yang dikatakan oleh pembicara.
Contoh Direct SpeechContoh Reported Speech
Kondisi 1
“Water boils at 100 degrees Celcius.”
(Air mendidih pada 100 derajaT Celcius.)
He said that water boils at 100 degrees Celcius.
(Dia mengatakan bahwa air mendidih pada 100 derajat Celcius.) Keterangan: Verb (present) tidak berubah (menjadi past) karena pernyataan tersebut merupakan general truth.
Kondisi 2
“I feel so lonely.”
(Saya merasa sangat kesepian.)
He said that he feels so lonely.
(Dia mengatakan bahwa dia merasa sangat kesepian.) Keterangan: Penyampai berita percaya bahwa apa yang disampaikannya masih
benar/berlaku karena setelah mendengar langsung dilaporkan.

Bila penyampai berita tidak percaya kepada speaker (pembicara), tidak yakin bahwa berita masih valid, atau ingin bersikap netral, verb tense umumnya diubah menjadi bentuk past. Hal yang sama berlaku ketika penyampai berita yakin bahwa berita masih valid/belum terjadi, namun dia tidak fokus pada validitas berita tersebut, melainkan pada fakta bahwa pembicaraan tersebut merupakan past conversation (terjadi dimasa lampau).

Contoh Kalimat

Kalimat Direct Speech

“I‘m going to visit Lombok on December 30, 2021.”

(Saya akan mengunjungi Bali pada tanggal 30 Desember 2021)

Kalimat Reported Speech

She told that she was going to visit Lombok on December 30, 2021.

(Dia mengatakan bahwa dia akan mengunjungi Bali pada tanggal 30 Desember 2021.)

Keterangan:

Penyampai berita tidak percaya kepada speaker, misalnya walaupun belum tanggal 30 Desember, namun speaker telah berkali-kali mengatakan akan ke Bali tetapi tidak pernah jadi.

Kombinasi Perubahan Direct Speech Menjadi Indirect Speech

Penjelasan sebelumnya sudah membahas berbagai contoh direct dan indirect speech dengan berbagai macam perubahannya (time reference, verb/modal, whether/if, dll) secara terpisah. Nah, berikut adalah beberapa contoh perubahan direct menjadi indirect speech dengan berbagai kombinasi perubahannya.

1I’m so grateful.”
(Saya sangat bersyukur.) Contoh kalimat reported speech: She told me that she was so grateful.
(Dia mengatakan padaku bahwa dia sangat bersyukur.) Keterangan: Pronoun: subjek “I” menjadi “she” (orang ketiga);Verb: am (present tense) menjadi was (past tense) (misalnya) karena diasumsikan dia sudah tidak terlihat sangat bersyukur lagi (biasa saja).
2imperative “Please reconsider my advise.”
(Tolong pertimbangkan kembali saran saya.) Contoh kalimat reported speech: He requested that I reconsider his advise.
(Dia meminta saya mempertimbangkan kembali saran darinya.) Keterangan: Pronoun: my menjadi his (orang ketiga);Verb: tidak berubah (misalnya) karena diasumsikan penyampai berita langsung menyampaikan perkataan tersebut atau dengan kata lain permohonan masih berlaku.
3imperative “Don’t be sad.”
(Jangan sedih.) Contoh kalimat reported speech: She told me not to be sad.
(Dia mengatakan pada saya untuk tidak sedih.) Keterangan: Verb: menjadi infinitive pada reporting command.
4yes-no question “Can I put my bag here?”
(Dapatkan saya meletakkan tas saya disini?) Contoh kalimat reported speech: He asked if he could put his bag there.
(Dia bertanya apakah ia bisa meletakkan tasnya disana.) Keterangan: Verb: can menjadi could (misalnya) karena penyampai berita fokus pada fakta bahwa pembicaraan itu merupakan past conversation;Time reference: here berubah menjadi there;if: ditambahkan pada yes-no question.
5yes-no question “Will you help me?”
(Maukah kamu menolong saya?) Contoh kalimat reported speech: He asked if I would help him.
(Dia bertanya apakah saya akan menolong dirinya.) Keterangan: Verb: will menjadi would (misalnya) karena penyampai berita telah menolong speaker.
6information question “What‘s your answer?”
(Apa jawaban kamu?) Contoh kalimat reported speech: She wanted to know what my answer is.
(Dia ingin tau apa jawaban saya.) Keterangan: Verb: tetap is misalnya karena penyampai berita masih belum memutuskan apa jawabannya.

Baca juga

Demikian tadi pembahasan mengenai Reported Speech berikut dengan cara penggunaan dan contoh kalimatnya. Semoga membantu kamu dalam belajar, ya. Semangat selalu!