Promo Reguler!

Dapatkan Disc. 15%

Jam
Menit
Detik
Hubungi Admin kami untuk tahu Promo Terbaru!

Simulation Test

TBS (Vol 2)

Hero Image Persiapan Tes GMAT

Welcome to Lister Simulation Test Online

The test will give you an indication of your score and provide feedback on areas to improve.

IMPORTANT : Please Make sure you have a stable internet connection before starting the test.

Good Luck!

0%

You only have 90 Minutes (5400 seconds) to complete the test and your answers will be submitted automatically.

The time is up. Thank you for taking Simulation Test with Lister


Simulasi TBS (Vol 2) - BC

Welcome to TBS Simulation Test

Test your TBS Skill

Information to Test takers

Each question carries 1 point.

No. of Questions : 60 items
Timing : 90 Minutes

Complete the form below correctly before starting the test.

At the end of the test, the score report will be sent to your email

1 / 60

1. PAGAR: pencuri= _______ : _______

2 / 60

2. KERIPUT: Kulit = _______ : _______

3 / 60

3. PELANGI : Warna = _______ : _______

4 / 60

4. OLAHRAGA : Bola = _______ : _______

5 / 60

5. TOPLES : Meja = _______ : _______

6 / 60

6. SILANG : Salah = ………….

7 / 60

7. JURI : Wasit = _______ : _______

8 / 60

8. _______ : Yakin = DISIDEN : Menurut

9 / 60

9. Dalam proses reboasisai sebuah hutan diperlukan waktu dan tenaga yang banyak sekali diamana tujuan akhirnya dalah Semua hutan akan ditanami pohon kembali. Sebagian pohon yang ditanam adalah pohon durian.

10 / 60

10. Bila naik kereta api semua penumpang harus membayar secara nontunai. Pada suatu waktu sebagian yang membayar nontunai diwajibkan untuk membawa KTP

11 / 60

11. Dalam suatu waktu kota a sedang melakukan pendataan penerimaan bansos. Semua Warga yang memiliki tabungan kurang dari tiga juta rupiah akan mendapat bantuan dan hadiah. Yusuf menerima bantuan, tetapi tidak menerima hadiah.

12 / 60

12. Di sebuah sekolah unggulan semua siswa pandai berbahasa Inggris. Semua siswa yang pandai berbahasa Inggris gemar berdiskusi. Semua siswa yang gemar berdiskusi tidak pandai berdebat.

13 / 60

13. Seorang apoter adalah orang yang meracik obat. Budi adalah seoarang apoteker yang bekerja di pabrik formasi A. Semua Obat yang di produksi pabrik A mengandung vitamin. Sebagian Obat yang mengandung vitamin rasanya pahit.

14 / 60

14. Semua siswa adalah anggota pramuka. Semua penghuni asrama adalah siswa

15 / 60

15. Jika rudi pergi kejogja maka ia membeli bakpia. Jika rudi membeli bakpia maka ia juga membeli gudek. Rudi tidak membeli gudek.
kesimpulan yang tepat adalah

16 / 60

16. Jika isma lulus beasiswa LPDP maka tidak ikut test CPNS. Jika lulus CPNS atau ia menikah.
kesimpulan yang tepat adalah

17 / 60

17. Dalam pertandingan bulu tangkis Arman selalu kalah melawan Bambang, tetapi dalam cabang olahraga yang lainnya ia selalu menang bila bertanding melawan Bambang. Candra selalu menang dalam pertandingan tenis meja melawan Bambang, tetapi dalam cabang bulu tangkis ia akan kalah bila bertanding melawan Arman. Dudi adalah pemain bulu tangkis terbaik, tetapi dalam cabang tenis meja dia tidak sebaik Bambang. Dalam cabang tenis meja, Edi lebih baik daripada Arman, sedangkan dalam cabang bulu tangkis ia menempati urutan tepat di bawah Dudi.

Siapakah pemain tenis meja terbaik di antara ke lima atlet tersebut?

18 / 60

18. Dalam suatu kompetisi sepak bola,kesebelasan Persija  atas Persebaya dengan skor 3-0. Kesebelasan Persib kalah atas Semen Padang dengan skor 1-2. Kesebelasan Semen Padang menang atas Persija dengan skor 2-0. Kesebelasan mana yang menjuarai kompetisi tersebut?

19 / 60

19. Mobil A, B, dan C memiliki tangki bensin berkapasitas sama dan terisi penuh. Ketiga mobil tersebut menempuh perjalanan dengan tujuan yang berbeda-beda. Jarak yang ditempuh mobil A lebih jauh dari mobil C, tetapi tidak melebihi jarak tempuh mobil B. Setelah ketiga mobil tersebut tiba di tujuan sisa bensin ditangki mobil C lebih banyak daripada mobil A tetapi tidak melebihi mobil B. Manakahpernyataan yang benar?

20 / 60

20. Lima orang pedagang asongan menghitung hasil penjualan dalam satu hari. Pedagang III lebih banyak menjual dari pedagang IV, tetapi tidak melebihi pedagangI. Penjualan pedagang II sama dengan pedagang IV dan melebihi pedagang V. Pedagang mana yang hasil penjualannya terbanyak?

21 / 60

21. Bioskop “A” memberi diskon pada setiap hari Senin dan Kamis. Tono tidak dapat menontonkarena pekerjaannya, kecuali pada hari Rabu dan Kamis. Suatu hari Tono menonton dengan mendapatkan diskon. Pernyataan yang benar adalah

22 / 60

22. Seorang presenter acara hiburan harus membaca surat yang dikirim kepada para pemirsa.  Surat A dibaca menjelang akhir acara. Surat B dibaca lebih dahulu dari  surat A tetapi bukan sebagai surat pembuka. Surat C dan D dibacakan berurutan diantara surat E dan B. Surat siapakah yang dibaca paling awal?

23 / 60

23. Farhan menyenangi buku-buku fiksi. Meta penggemar komik dan ensiklopedia. Mayang membeli segala macam novel dan beberapa komik. Irvan penggemar biografi. Sedang Sonya menyukai buku-buku non fiksi. Jika dibuat kelompok pembaca beranggotakan 3 orang, susunan anggota yang paling sesuai adalah

24 / 60

24) 3, 3. 4, 5, 7, 9, 12, 15, …

25 / 60

25) 1, 2, 3, 1, 4, 9, 1, 8, …

26 / 60

26) 1, 1, 4, 4, 9, 10, 18, 19, 31, …

27 / 60

27) 3, 5, 10, 20, 37,….

28 / 60

28) 1, 4, 8, 10, 13, 17, 19,….

29 / 60

29) 111, 112, 114, 118, 125, 136, …

30 / 60

30) 2, 5, 13, 28, 54, 93, …

31 / 60

31) 4, 8, 10, 13, 17, 19, 25, 29, 31, ….

32 / 60

32) Jika a+b = 29, a+c = 33, b+c = 38, maka nilai dari a+b+c =….

33 / 60

33.

33

34 / 60

34. Sederhanakan bentuk dibawah ini!

34

35 / 60

35. Sederhanakan bentuk dibawah ini!

35

36 / 60

36.

36

37 / 60

37. Harga 1 kg telur bebek adalah ½ kg daging ayam kurang 2500, harga 5 kg telur bebek dan 5 kg daging ayam = 100.000. Berapa harga 2  kg daging ayam?

38 / 60

38. Rania akan membeli sepeda motor dengan harga 5 kali harga sepeda budi. Uang tabungan Budi saat ini 350.000 dan menabung 50.000 setiap minggu. Rania memiliki tabungan 3.200.000 dan menabung 200.000 per minggu. Berapa harga motor yang dibeli Rania?

39 / 60

39. Tahun 2022 jumlah  pegawai 2 kali jumlah pegawai tahun lalu. Jika tahun 2021 lalau ada 25.000 pegawai tetap dan sebesar 3 kali lipat dari pegawai yang pensiun direkrut kembali. Jika tahun 2022 ada 74.000 pegawai tentukan banyaknya pegawai yang pensiun 2021.

40 / 60

40. Penghuni di sebuah rusun adalah pekerja dan non pekerja. Perbandingan  pekerja dan non pekerja adalah 5:3. Jika 3/8 pekerja adalah laki-laki tentukan perbandingan pekerja laki-laki dengan seluruh penghuni rusun adalah

41 / 60

41. Sebuah ponsel dikunci dengan kunci berupa 4 digit abcd dengan a, b, c, dan d adalah angka satuan. Angka berapa yang harus dimasukkan agar ponsel itu bisa dibuka?

I.   A = 6

II. A < B < C < D

42 / 60

42.

42 2

43 / 60

43. Jika a + b = 20 dan b + c = 16, berapakah (𝑎𝑏𝑐) ?

(1) a + b = 2c
(2) a + c = 24

44 / 60

44.

44

45 / 60

45. Ronal dan Veronica berangkat ke kantor menggunakan mobil dengan kecepatan 60 km/jam. Jarak rumah Ronal ke kantor dua kali lebih jauh daripada jarak rumah Veronica ke kantor. Siapakah yang sampai ke kantor lebih awal?

I.   Ronal berangkat ke kantor pukul 06.30 pagi.

II. Veronica berangkat ke kantor 30 menit setelah Ronal.

46 / 60

46. Sebuah peternakan memiliki 2 jenis sapi yaitu sapi berwarna coklat dan putih.  Perbandingan antara sapi coklat dan putih adalah 18 : 7. Berapakah total sapi coklat yang ada di peternakan tersebut?

  1. Terdapat 182 hingga 219 sapi di dalam peternakan tersebut
  2. Jika dikeluarkan 24 sapi coklat dan dimasukkan 24 sapi putih, maka perbandingan antara sapi coklat dengan sapi putih adalah 3 : 2

47 / 60

47. Ani membagikan beberapa kantong permen untuk teman-temannya. Berapa banyak permen yang dibagikan Ani?

(1) Jumlah kantong yang dibagikan sama dengan jumlah permen yang ada pada setiap kantong
(2) Jumlah Permen yang dibagi 20 lebih banyak dibandingkan jumlah kantongnya

48 / 60

48. Apakah pengunjung wisata kuliner pada hari ke tujuh dapat lebih tinggi dari pengunjung wisata alam?

(1) Pengunjung wisata alam pada hari ke tujuh mengalami penurunan seperti hari ke lima karena sudah memasuki musim hujan.
(2) Pengunjung wisata kuliner pada hari ke tujuh memiliki pengunjung yang stabil seperti hari ke enam

48

49 / 60

49. Lembaga peduli sehat merupakan organisasi sosial yang bergerak di bidang kesehatan. Pada buan Januari. Lembaga peduli sehat menemukan bahwa rata-rata masyarakat jarang menggunakan masker. Padahal penggunaan masker masih sangat penting untuk mengurangi resiko menyebarkan pandemi. Beberapa masyarakat sempat mengeluhkan beberapa hal seperti biaya masker yang dianggap terlalu mahal dan ketidaktahuan masyarakat tentang penggunaan masker. Oleh karena itu Lembaga Peduli Sehat mengadakan 3 program sekaligus yang dilakukan di 3 kotaberbeda. program ini Akan berlangsung selama bulan Februari dan Maret dan disesuaikan dengan keluhan masyarakat.

Agar lembaga peduli sehat mengetahui efektivitas program. maka setiap kota akan mendapatkan program yang berbeda. Setiap kota sendiri   memiliki karakteristik yang kurang lebih serupa. baik dari suku, budaya, dan Ietak demografis. Kota A mendapatkan program pembagian masker secara gratis. Kota B akan mendapatkan penjelasan akan keuntungan menggunakan masker Kota C akan mendapatkan resiko yang dapat muncul jika tidak menggunakan masker. Lembaga Peduli Sehat kemudian akan mengukur persentase penggunaan masker setiap bulanya. Dan hasil persentase tersebut, akan dipilih program yang dianggap paling erektif bagi masyarakat. Program akan dilihat dari skor tertinggi di bulan April.

Berdasarkan Gratik dan bacaan di atas. prediksi yang paling tepat untuk dilakukan selanjutnya adalah

49 1

50 / 60

50. Berdasarkan bacaan di atas kesimpulan apa yang bisa diperoleh.

51 / 60

51. Berdasarkan bacaan dan grafik diatas manakah pernyataan berikut yang salah

52 / 60

52. Berdasarkan wacana diatas, faktor utama penyebab penggunaan masker di awal bulan februari sangat sedikit adalah

53 / 60

53.  Kota x merupakan ibu kota provinsi yang memiliki 19 kecamatan. Namun ada lima wilayah merupakan daerah langganan banjir setiap tahunya. Permasalahan banjir ini menjadi pekerjaan rumah, yang belum bisa diselesaikan oleh pemerintah daerah. Pembangunan pemukiman penduduk hanya menyisakan daerah resapan air yang minim dan pembangunan area bisnis di atas lahan hijau terbuka diduga sebagai akar permasalahan. Hal ini di perparah perilaku  masyarakat membuang sampah di sungai yang menyebabkan pendangkalan sungai, sehingga turun hujan sedikit saja menybabkan sungai meluap. Minimnya daerah resapan air ditambah drainase yang buruk mengakibatkan luapan air sungai Menggenangi pemukiman warga.

Masyarakat benar-benar mengeluhkan banjir yang kerap terjadi setiap tahun. Dibutuhkan keseriusan dari pemerintah daerah untuk menyelesaikan masalah banjir karena kerugian yang ditimbulkan sangat besar. Tidak hanya kerugian materi yang harus ditanggung warga. Namun warga selalu was-was saat hujan turun. Apalagi sebagian dari mereka harus mengungsi Saat banjir datang. Pemerintah daerah dapat mengadopsi strategy yang diterapkan oleh daerah Y dalam menangani potensi banjir. Meskipun berada di dataran rendah namun masyarakatnya dihantui masalah banjir. Pemerintah daerah Y memberlakukan aturan sangat ketat unruk penggunaan wilayah hijau terbuka. Selain itu management pengelolaan sampah juga mendapat perhatian serius karena akan lebih mudah meminta masyarakat untuk menjaga kebersihan jika tersedia fasilitas dan aturan yang jelas.

Tabel diatas, menggambarkan jumlah kepala keluarga terdampak (KKT) dan jumlah titik banjir (TB) di daerah X setiap tahun sepanjang 2014 hingga 2019.

Berdasarkan wacana, faktor utama penyebab banjir di kota X adalah

53

54 / 60

54. Kota x merupakan ibu kota provinsi yang memiliki 19 kecamatan. Namun ada lima wilayah merupakan daerah langganan banjir setiap tahunya. Permasalahan banjir ini menjadi pekerjaan rumah, yang belum bisa diselesaikan oleh pemerintah daerah. Pembangunan pemukiman penduduk hanya menyisakan daerah resapan air yang minim dan pembangunan area bisnis di atas lahan hijau terbuka diduga sebagai akar permasalahan. Hal ini di perparah perilaku  masyarakat membuang sampah di sungai yang menyebabkan pendangkalan sungai, sehingga turun hujan sedikit saja menybabkan sungai meluap. Minimnya daerah resapan air ditambah drainase yang buruk mengakibatkan luapan air sungai Menggenangi pemukiman warga.

Masyarakat benar-benar mengeluhkan banjir yang kerap terjadi setiap tahun. Dibutuhkan keseriusan dari pemerintah daerah untuk menyelesaikan masalah banjir karena kerugian yang ditimbulkan sangat besar. Tidak hanya kerugian materi yang harus ditanggung warga. Namun warga selalu was-was saat hujan turun. Apalagi sebagian dari mereka harus mengungsi Saat banjir datang. Pemerintah daerah dapat mengadopsi strategy yang diterapkan oleh daerah Y dalam menangani potensi banjir. Meskipun berada di dataran rendah namun masyarakatnya dihantui masalah banjir. Pemerintah daerah Y memberlakukan aturan sangat ketat unruk penggunaan wilayah hijau terbuka. Selain itu management pengelolaan sampah juga mendapat perhatian serius karena akan lebih mudah meminta masyarakat untuk menjaga kebersihan jika tersedia fasilitas dan aturan yang jelas.

Tabel diatas, menggambarkan jumlah kepala keluarga terdampak (KKT) dan jumlah titik banjir (TB) di daerah X setiap tahun sepanjang 2014 hingga 2019

Berdasarkan wacana, strategi daerah Y yang dapat direrapkan pemimpin kota X untuk mengatasl banjir adalah

54

55 / 60

55. Kota x merupakan ibu kota provinsi yang memiliki 19 kecamatan. Namun ada lima wilayah merupakan daerah langganan banjir setiap tahunya. Permasalahan banjir ini menjadi pekerjaan rumah, yang belum bisa diselesaikan oleh pemerintah daerah. Pembangunan pemukiman penduduk hanya menyisakan daerah resapan air yang minim dan pembangunan area bisnis di atas lahan hijau terbuka diduga sebagai akar permasalahan. Hal ini di perparah perilaku  masyarakat membuang sampah di sungai yang menyebabkan pendangkalan sungai, sehingga turun hujan sedikit saja menybabkan sungai meluap. Minimnya daerah resapan air ditambah drainase yang buruk mengakibatkan luapan air sungai Menggenangi pemukiman warga.

Masyarakat benar-benar mengeluhkan banjir yang kerap terjadi setiap tahun. Dibutuhkan keseriusan dari pemerintah daerah untuk menyelesaikan masalah banjir karena kerugian yang ditimbulkan sangat besar. Tidak hanya kerugian materi yang harus ditanggung warga. Namun warga selalu was-was saat hujan turun. Apalagi sebagian dari mereka harus mengungsi Saat banjir datang. Pemerintah daerah dapat mengadopsi strategy yang diterapkan oleh daerah Y dalam menangani potensi banjir. Meskipun berada di dataran rendah namun masyarakatnya dihantui masalah banjir. Pemerintah daerah Y memberlakukan aturan sangat ketat unruk penggunaan wilayah hijau terbuka. Selain itu management pengelolaan sampah juga mendapat perhatian serius karena akan lebih mudah meminta masyarakat untuk menjaga kebersihan jika tersedia fasilitas dan aturan yang jelas.

Tabel diatas, menggambarkan jumlah kepala keluarga terdampak (KKT) dan jumlah titik banjir (TB) di daerah X setiap tahun sepanjang 2014 hingga 2019.

Kesimpulan paling tepat berdasarkan tabel di atas adalah

55

56 / 60

56. Kota x merupakan ibu kota provinsi yang memiliki 19 kecamatan. Namun ada lima wilayah merupakan daerah langganan banjir setiap tahunya. Permasalahan banjir ini menjadi pekerjaan rumah, yang belum bisa diselesaikan oleh pemerintah daerah. Pembangunan pemukiman penduduk hanya menyisakan daerah resapan air yang minim dan pembangunan area bisnis di atas lahan hijau terbuka diduga sebagai akar permasalahan. Hal ini di perparah perilaku  masyarakat membuang sampah di sungai yang menyebabkan pendangkalan sungai, sehingga turun hujan sedikit saja menybabkan sungai meluap. Minimnya daerah resapan air ditambah drainase yang buruk mengakibatkan luapan air sungai Menggenangi pemukiman warga.

Masyarakat benar-benar mengeluhkan banjir yang kerap terjadi setiap tahun. Dibutuhkan keseriusan dari pemerintah daerah untuk menyelesaikan masalah banjir karena kerugian yang ditimbulkan sangat besar. Tidak hanya kerugian materi yang harus ditanggung warga. Namun warga selalu was-was saat hujan turun. Apalagi sebagian dari mereka harus mengungsi Saat banjir datang. Pemerintah daerah dapat mengadopsi strategy yang diterapkan oleh daerah Y dalam menangani potensi banjir. Meskipun berada di dataran rendah namun masyarakatnya dihantui masalah banjir. Pemerintah daerah Y memberlakukan aturan sangat ketat unruk penggunaan wilayah hijau terbuka. Selain itu management pengelolaan sampah juga mendapat perhatian serius karena akan lebih mudah meminta masyarakat untuk menjaga kebersihan jika tersedia fasilitas dan aturan yang jelas.

Tabel diatas, menggambarkan jumlah kepala keluarga terdampak (KKT) dan jumlah titik banjir (TB) di daerah X setiap tahun sepanjang 2014 hingga 2019.

Tabel diatas juga menjadi prediksi paling mungkin terjadi pada tahun 2020 di daerah X jika pemerintah daerah tidak segera mengambil tindakan

56

57 / 60

57. Sampah makan menjadi penyumbang signifikan sampah domestik di kabupaten BI. Data dari dinas lingkungan hidup kabupaten BI pada 2020 menyebutkna bahwa sampah makanan merupakan jenis sampah terbanyak yang timbul yatu 39.8 persen dari seluruh jenis sampah yang dihasilkan oleh masyarakat. Kondisi ini mendororong pihak yang peduli lingkungan menciptakan solusi agar mengurangi sampah makanan. Saputra, peneliti di bidang teknologi, mengembangkan aplikasi digital "surplus" yang membantu pengelolaan sampah makanan di toko usaha kuliner.

Aplikasi yang di luncurkan pada maret 2020 ini mengajak masyarakat untuk mengubah kebiasaan buruk membuang makanan dan menjadi seorang food waste hero. Tidak hanya menawarkan makanan yang hemat dan nikmat, surplus juga hadir dengan konsep mengurangi sampah makanan demi lingkungan yang berkelanjutan. Walaupun makanan yang di jual mendapatkan potongan harga, para pelaku usaha kuliner yang bekerjasama dengan surplus tidak mengalami kerugian, Hal ini karena surplus mempermudah para pelaku usaha kuliner yang belum terjual di penghujung hari sehingga tidak terbuang secara sia-sia. Hal tersebut dapat menjadi peluang bagi pemilik bisnis untuk mendapatkan keuntungan lebih, menarik pelanggan baru, mengurangi biaya pembuangan sampah dan sekaligus menjadi green restaurant. Aplikasi surplus sendiri dapat di unduh secara gratis dan telah tersedia di google play stor dan app store. Namun untuk saat ini, Surplus hanya dapat di akses di kota besar di kabupaten BI saja. Aplikasi sangat familiar pada pelaku usaha kuliner kekinian, namun sebaliknya , kurang di sambut baik oleh pelaku usaha kuliner di daerah swasta. Selain karena masih banyak yang tidak menggunakan samrtphone, juga dikarenakan area wisata yang jauh dari pemukiman penduduk sehingga tidak banyak pelanggan yang mengakses.

Kesimpulan yang tepat berdasarkan grafik di atas adalah .

57

58 / 60

58. Sampah makan menjadi penyumbang signifikan sampah domestik di kabupaten BI. Data dari dinas lingkungan hidup kabupaten BI pada 2020 menyebutkna bahwa sampah makanan merupakan jenis sampah terbanyak yang timbul yatu 39.8 persen dari seluruh jenis sampah yang dihasilkan oleh masyarakat. Kondisi ini mendororong pihak yang peduli lingkungan menciptakan solusi agar mengurangi sampah makanan. Saputra, peneliti di bidang teknologi, mengembangkan aplikasi digital "surplus" yang membantu pengelolaan sampah makanan di toko usaha kuliner.

Aplikasi yang di luncurkan pada maret 2020 ini mengajak masyarakat untuk mengubah kebiasaan buruk membuang makanan dan menjadi seorang food waste hero. Tidak hanya menawarkan makanan yang hemat dan nikmat, surplus juga hadir dengan konsep mengurangi sampah makanan demi lingkungan yang berkelanjutan. Walaupun makanan yang di jual mendapatkan potongan harga, para pelaku usaha kuliner yang bekerjasama dengan surplus tidak mengalami kerugian, Hal ini karena surplus mempermudah para pelaku usaha kuliner yang belum terjual di penghujung hari sehingga tidak terbuang secara sia-sia. Hal tersebut dapat menjadi peluang bagi pemilik bisnis untuk mendapatkan keuntungan lebih, menarik pelanggan baru, mengurangi biaya pembuangan sampah dan sekaligus menjadi green restaurant. Aplikasi surplus sendiri dapat di unduh secara gratis dan telah tersedia di google play stor dan app store. Namun untuk saat ini, Surplus hanya dapat di akses di kota besar di kabupaten BI saja. Aplikasi sangat familiar pada pelaku usaha kuliner kekinian, namun sebaliknya , kurang di sambut baik oleh pelaku usaha kuliner di daerah swasta. Selain karena masih banyak yang tidak menggunakan samrtphone, juga dikarenakan area wisata yang jauh dari pemukiman penduduk sehingga tidak banyak pelanggan yang mengakses.

Berdasarkan bacaan di atas, masalah utama pada bacaan tersebut adalah

58

59 / 60

59. Sampah makan menjadi penyumbang signifikan sampah domestik di kabupaten BI. Data dari dinas lingkungan hidup kabupaten BI pada 2020 menyebutkna bahwa sampah makanan merupakan jenis sampah terbanyak yang timbul yatu 39.8 persen dari seluruh jenis sampah yang dihasilkan oleh masyarakat. Kondisi ini mendororong pihak yang peduli lingkungan menciptakan solusi agar mengurangi sampah makanan. Saputra, peneliti di bidang teknologi, mengembangkan aplikasi digital "surplus" yang membantu pengelolaan sampah makanan di toko usaha kuliner.

Aplikasi yang di luncurkan pada maret 2020 ini mengajak masyarakat untuk mengubah kebiasaan buruk membuang makanan dan menjadi seorang food waste hero. Tidak hanya menawarkan makanan yang hemat dan nikmat, surplus juga hadir dengan konsep mengurangi sampah makanan demi lingkungan yang berkelanjutan. Walaupun makanan yang di jual mendapatkan potongan harga, para pelaku usaha kuliner yang bekerjasama dengan surplus tidak mengalami kerugian, Hal ini karena surplus mempermudah para pelaku usaha kuliner yang belum terjual di penghujung hari sehingga tidak terbuang secara sia-sia. Hal tersebut dapat menjadi peluang bagi pemilik bisnis untuk mendapatkan keuntungan lebih, menarik pelanggan baru, mengurangi biaya pembuangan sampah dan sekaligus menjadi green restaurant. Aplikasi surplus sendiri dapat di unduh secara gratis dan telah tersedia di google play stor dan app store. Namun untuk saat ini, Surplus hanya dapat di akses di kota besar di kabupaten BI saja. Aplikasi sangat familiar pada pelaku usaha kuliner kekinian, namun sebaliknya , kurang di sambut baik oleh pelaku usaha kuliner di daerah swasta. Selain karena masih banyak yang tidak menggunakan samrtphone, juga dikarenakan area wisata yang jauh dari pemukiman penduduk sehingga tidak banyak pelanggan yang mengakses.

Upaya yang dilakukan supaya penjual yang memakai layanan aplikasi Surplus tidak mengalami kerugian adalah

59

60 / 60

60. Sampah makan menjadi penyumbang signifikan sampah domestik di kabupaten BI. Data dari dinas lingkungan hidup kabupaten BI pada 2020 menyebutkna bahwa sampah makanan merupakan jenis sampah terbanyak yang timbul yatu 39.8 persen dari seluruh jenis sampah yang dihasilkan oleh masyarakat. Kondisi ini mendororong pihak yang peduli lingkungan menciptakan solusi agar mengurangi sampah makanan. Saputra, peneliti di bidang teknologi, mengembangkan aplikasi digital "surplus" yang membantu pengelolaan sampah makanan di toko usaha kuliner.

Aplikasi yang di luncurkan pada maret 2020 ini mengajak masyarakat untuk mengubah kebiasaan buruk membuang makanan dan menjadi seorang food waste hero. Tidak hanya menawarkan makanan yang hemat dan nikmat, surplus juga hadir dengan konsep mengurangi sampah makanan demi lingkungan yang berkelanjutan. Walaupun makanan yang di jual mendapatkan potongan harga, para pelaku usaha kuliner yang bekerjasama dengan surplus tidak mengalami kerugian, Hal ini karena surplus mempermudah para pelaku usaha kuliner yang belum terjual di penghujung hari sehingga tidak terbuang secara sia-sia. Hal tersebut dapat menjadi peluang bagi pemilik bisnis untuk mendapatkan keuntungan lebih, menarik pelanggan baru, mengurangi biaya pembuangan sampah dan sekaligus menjadi green restaurant. Aplikasi surplus sendiri dapat di unduh secara gratis dan telah tersedia di google play stor dan app store. Namun untuk saat ini, Surplus hanya dapat di akses di kota besar di kabupaten BI saja. Aplikasi sangat familiar pada pelaku usaha kuliner kekinian, namun sebaliknya , kurang di sambut baik oleh pelaku usaha kuliner di daerah swasta. Selain karena masih banyak yang tidak menggunakan samrtphone, juga dikarenakan area wisata yang jauh dari pemukiman penduduk sehingga tidak banyak pelanggan yang mengakses.

Berdasarkan grafik diatas, prediksi yang mungkin dilakukan oleh pengembang Surplus dalam pengelolaan sampah makanan di tahun selanjutnya adalah

60

Your score is

0%

Exit

Consult to our Student Success Team for more program information and recommendation