Podcast Untuk Memotivasi Diri Sekaligus Belajar Bahasa Inggris

Podcast Untuk Memotivasi Diri Sekaligus Belajar Bahasa Inggris

lister.co.id – Sekali dayung, dua tiga pulau terlewati. Kira-kira seperti kalimat tadi tema artikel hari ini. Buat yang sedang belajar bahasa Inggris, pasti seringkan mendengar saran untuk belajar bahasa inggris lewat film, lagu, dan novel? Nah, kalian bisa menambahkan satu sumber belajar lagi nih di daftar kalian, yaitu podcast.

Baca juga: Mahasiswa seni, saatnya kuliah di Korea Selatan dengan K’ARTS Korea 2021

Medium yang lebih mengandalkan suara ini sudah mulai diterapkan sejak tahun 2000 lho! Tapi, baru kemudian tenar di tahun 2005 setelah Apple merilis iTunes 4.9 yang mengintegrasikan podcast ke dalam jasa yang ditawarkan sehingga pengguna tidak perlu mengunduh aplikasi terpisah lain. Podcast juga baru beberapa tahun belakangan tenar di Indonesia.

Tema dari podcast bisa bermacam-macam, mulai dari perbincangan santai penuh makna sampai pembahasan serius seperti politik dan budaya yang butuh konsentrasi penuh pendengar. Kalau kalian sendiri, senangnya dengan podcast yang seperti apa?

Baca juga: Tertarik Kuliah ke New Zealand? Simak Dulu Cerita Agung Harahap Kuliah di The University of Auckland

Nah, kenapa belajar bahasa Inggris lewat podcast? Alasan pertama, seringnya ketika belajar lewat film atau lagu, kita sering kelupaan dan malah asik menikmati keseruan film tersebut, tapi dengan podcast, kalian bisa menyerap langsung English for conversation. Yang kedua, dengan beragamnya tema pembicaraan podcast, kalian jadi bisa mendapatkan insight yang nantinya pasti akan membantu kalian membentuk opini dan pola pikir saat menjawab tes speaking IELTS atau TOEFL.

Daripada lama-lama lagi, ini dia beberapa podcast seru yang bisa jadi sarana belajar bahasa Inggris kalian!

How to Fail bersama Elizabeth Day

Jika kamu sudah sering mendengar cerita sukses tokoh-tokoh dunia, sekarang saatnya kamu mendengar cerita-cerita kegagalan yang  mendampingi kesuksesan mereka. Dengan durasi kurang lebih 40 menit – 1 jam, kamu bisa memberikan waktu untuk mendengarkan podcast ini sambil membersihkan rumah di Minggu pagi atau di saat senggang.

The WIRED UK Podcast

Seperti video-video dan artikel-artikel blog WIRED yang menarik dan kontroversial, podcast mereka tentunya tidak kalah. Dengan durasi 30-40 menit, podcast-podcast The WIRED membahas beragam topik mulai dari teknologi, budaya, ilmu pengetahuan, sampai politik. Ini dia salah satu podcast terbaik jika kalian ingin memiliki wawasan yang luas.

The 80,000 Hours Podcast

Podcast yang berdurasi 2 sampai 3 jam ini sangat pantas untuk kalian investasikan waktu kalian. Dengan topik yang seringnya membahas bagaimana karirmu bisa membuat perubahan pada dunia, podcast ini cocok untuk kalian-kalian yang mencari cara untuk mengubah dunia.

How I Built This

Founder dan entrepreneur dunia berbincang bersama host Guy Raz tentang bagaimana perusahaan dan usaha mereka bisa menjadi sukses. Mulai dari pendiri Instagram, Airbnb, bahkan sampai pendiri Starbucks dan Ben & Jerry’s, sudah jelas seberapa banyak ilmu yang akan kalian dapat dari mendengaran podcast ini. Buat kalian yang tertarik untuk terjun ke dunia entrepreneurial, sempatkan waktu kalian untuk mendengarkan podcast yang hanya berdurasinya cukup pendek yaitu 45-60 menit.

The School of Greatness

Jika kamu sedang merasa down, ini adalah podcast yang tepat buat kamu. Podcast yang dibawa oleh Lewis Howes ini memilik beragam topik yang bisa kamu pilih, mulai dari hubungan, bisnis, kesehatan, kebiasaan orang sukses, dan masih banyak lagi. Kamu pasti akan terpengaruh oleh sikap positif Lewis dan akan menjadi lebih bersemangat. Selain itu, dengan durasi yang sangat pendek, hanya 5 menit-an, kamu tentunya bisa mendengarkan ini dimana saja, saat di toilet, makan, atau malah saat di angkutan umum.

Baca juga: Cerita Tutor Inspiratif Ala Lister: Erina Prastyani, Meraih Beasiswa Studi ke Swedia

Itu dia beberapa podcast rekomendasi yang pasti akan membuat wawasan kamu menjadi lebih luas dan memotivasi dirimu. Karena semua podcast ini dalam bahasa Inggris, pastikan kamu mencatat setiap kata-kata yang tidak kamu ketahui atau setiap frasa menarik yang kamu temukan. Misalnya satu frasa dari Lewis Howes ini “Your job is to create a vision that makes you want to jump out of bed in the morning. If it doesn’t, go back to bed until you have a bigger dream.” Semoga bermanfaat!

Baca artikel lainnya: