Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Pin Yin Mandarin: Definisi, Macam, Contohnya

bahasa mandarin

Belajar bahasa Mandarin adalah hal yang menarik dilakukan bagi sebagian orang. Saat ingin belajar menulis dengan bahasa Mandarin, ada tiga jenis aksara Mandarin yang perlu dipelajari. Nah, di artikel ini kita akan membahas Pin Yin Mandarin dari definisi, macam, dan contohnya.

Asian pupils sitting in classroom and girl putting up hand to answer Free Photo

Definisi Pin Yin Hanzi Shengdiao

Hànyǔ Pīnyīn (汉语拼音, arti harfiah: “ejaan fonetik Han”) atau Pīnyīn (拼音, arti harafiah: “ejaan fonetik”) dalam bahasa Mandarin adalah sistem transkripsi (notasi fonetik dan transliterasi ke karakter Latin) untuk bahasa Mandarin, yang dalam bahasa .

Hanyu Pinyin telah dikembangkan berdasarkan bentuk romanisasi awal sejak tahun 1950. Hanyu Pinyin telah disetujui untuk digunakan oleh pemerintah Republik Rakyat Cina pada tahun 1958 dan telah direvisi beberapa kali. Sistem ini menggantikan sistem transliterasi lama seperti WadeGiles (1859; dimodifikasi 1912) dan Bopomofo.

Macam Nada Pin Yin Mandarin

Dalam bahasa Mandarin selain  dikenal adanya pinyin ,yang tak kalah pentingnya adalah belajar  nada.Pinyin dan nada merupakan satu paket yang tak bisa di pisahkan.

Nada dalam bahasa Mandarin:

1. Nada pertama tinggi, datar dan panjang. Catatan pertama ini memiliki tanda ( ―). Contoh: mā yang artinya ibu.

2. Kelas dua dari kelas menengah ke atas. Catatan kedua ini ditandai (‘). Contoh: má yang artinya katak.

3. Nada ketiga adalah nada, mulai dari nada rendah ke nada rendah, lalu ke nada tengah tinggi. Catatan ketiga ini ditandai( ˇ ) · Contoh: mǎ yang artinya kuda.

4. Nada keempat adalah nada yang dimulai dengan nada tinggi dan kemudian langsung ke nada rendah. Nada keempat ini memiliki tanda ( ˋ). Contoh: mà yang artinya marah, memarahi.

5. Dan yang terakhir adalah nada netral atau ringan. Nada suaranya lembut dan tenang. Nada ini tidak ada tandai dalam volume. Contoh: ma = bentuk kalimat pertanyaan.

Urutan Goresan Hanzi Mandarin

Urutan goresan adalah salah satu dasar belajar menulis Hanzi dalam bahasa Mandarin. Pada awalnya, banyak murid merasa sangat kesulitan saat mempelajari urutan goresan, karena mereka menyamakan menulis hanzi dengan menggambar bebas. Akhirnya yang terjadi adalah Hanzi yang tidak karu-karuan bentuknya serta urutan yang diacak.

HANZIPINYIN + SHENGDIAOArtinya
白色bái sèPutih
黑色hēi sèHitam
粉红色fěn hóng sèPink
橙色chéng sèOrange
紫色zǐ sèUngu
蓝色lán sèBiru
绿色lǜ sèHijau
黄色huáng sèKuning
红色 和hóngsèMerah

Contoh Pin Yin, Hanzi, dan Shengdiao

Hal yang perlu dipelajari dalam menulis Bahasa Mandarin:

  • han zi ( 汉字 )  
  • pin yin( 拼音 )  
  • sheng diao ( 声调 ) 

Hanzi  atau aksara mandarin ialah aksara gambar yang menyatakan arti (ideogram),  tidak menyatakan bunyi , jadi di awal akan terbentuk aksara mandarin.
      Contoh: 我 、爱、你 、等

Pinyin ialah huruf fonetik yang menggunakan huruf latin untuk membantu dalam membaca aksara mandarin. Pinyin terdiri dari Inisial dan final. Contoh:

Inisial  : 声  母    shēnɡ mǔ 

Final     :   韵 母     yùn mǔ    

Sheng diao adalah bagian yang sangat penting dalam pelafalan Bahasa Mandarin, karena nada yang berbeda akan memiliki arti yang berbeda. Contoh dalam kata 作业 , jika kita membaca dengan nada yang  lain, maka artinya akan beda. Contoh:
 作 业 zuò yè  : homework  
 昨 夜  zuó yè : last night